BlogLifestyleGadgetTips dan Cara Membersihkan dan Mengatasi Icloud yang Penuh
0
0

Tips dan Cara Membersihkan dan Mengatasi Icloud yang Penuh

Dipublikasikan oleh Aodhira Fawwaz Syah dan Diperbarui oleh Aodhira Fawwaz Syah

Agu 15, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Sering kali pengguna Apple, salah satunya seri iPhone mendapat peringatan bahwa penyimpanan iPhone miliknya sudah penuh. Padahal penggunaannya baru hanya sebentar dari baru. Tenang saja Pins, kita akan bahas bagaimana cara mengatasi dan membersihkan icloud yang penuh.

Selain melengkapi gaya hidup, Kamu juga memerlukan rumah sebagai kebutuhan primer yang dapat kamu temukan di rumah second di Kec Bandung Wetan dan di jual rumah baru di Kabupaten Bogor Pins juga dapat memenuhi kebutuhan primer tersebut di iklan jual rumah.

Cara Membersihkan dan Mengatasi Icloud yang Penuh

Apple memiliki server penyimpanan data yang dapat disambungkan pada setiap penggunanya dengan nama iCloud. Sedangkan pada Android, tempat penyimpanannya dinamakan Google Drive. Keduanya sama-sama bekerja untuk menyimpan data pengguna secara online.

Perbedaannya berada di jumlah kapasitas penyimpanan yang diberikan, Apple memberikan penyimpanan gratis pada iCloud sebesar 5 GB. Lalu, Android memberikan penyimpanan gratis pada Google Drive sebesar 15 GB. 

Jika ingin menambah kapasitas tersebut, Pins harus membayar biaya penambahan tiap bulannya. Begitulah gambarannya, ponsel-ponsel menawarkan berbagai macam fitur dan memiliki kelebihan serta kekurangannya masing-masing.

Ketika kita mengaktifkan layanan back up data secara otomatis pada iCloud, maka data-data yang akan tersimpan berupa foto, file, kata sandi, catatan, dan data aplikasi. Server penyimpanan ini juga dapat berfungsi sebagai wadah berbagi kepada perangkat Apple yang lainnya dengan sangat mudah.

Dibalik kemudahan dan manfaat penyimpanan yang diberikan dari iCloud, penyimpanan ini juga dapat mengalami kepenuhan, karena kapasitasnya kecil ataupun filefile Pins yang terlalu banyak. 

Kamu harus sering-sering melakukan pengecekan terhadap jumlah kapasitas yang sudah digunakan di iCloud. Hal ini bertujuan agar apabila sewaktu-waktu Pins ingin menyimpan data-data berharga di dalam iCloud, penyimpanan di dalam tersebut masih tersedia dan tidak penuh.

Berikut ini akan disajikan tips dan cara membersihkan dan mengatasi iCloud yang penuh:

1. Memindahkan Foto dan Video ke Media Lain

cara membersihkan icloud
Source : iStock

Cara pertama yang dapat Pins lakukan untuk mengatasi iCloud yang kepenuhan adalah dengan memindahkan dan menghapus foto dan video yang sudah lama berada di gallery. Kamu dapat memindahkan foto dan video tersebut ke komputer, laptop, hard disk, atau penyimpanan USB. 

Setelah usai memindahkan foto dan videonya, Kamu dapat menghapus foto dan video tersebut gallery Kamu. Saat Kamu menghapus foto dan video yang berada di gallery, maka akan otomatis menghapus juga foto dan video yang berada di iCloud.

Baca juga: Cara Mencari File Hasil Download di iPhone atau iPad

2. Menghilangkan Foto dan Video yang Tidak Perlu

Jika Pins merasa tidak ingin memindahkan foto dan video, karena suka melihat-lihat foto dan video yang telah lalu, maka Kamu dapat menghilangkan atau menghapus foto dan video yang menurut Kamu tidak diperlukan. 

Dengan begini foto dan video yang tidak diperlukan sudah tidak ada lagi di gallery, tentunya akan melegakan ruang penyimpanan. Kamu juga dapat mengetahui cara menggabungkan foto di Iphone.

3. Menonaktifkan Sinkronisasi Otomatis Pada Suatu Aplikasi

cara membersihkan icloud
Source : iStock

Saat mengunduh dan menggunakan aplikasi tentu akan menghasilkan data-data yang kemudian disimpan ke dalam iCloud. Bila terdapat aplikasi yang sudah jarang Pins gunakan atau digunakan hanya seperlunya saja, Pins dapat menonaktifkan sinkronisasi otomatis ini. Hal ini bertujuan agar mengurangi jumlah kapasitas penyimpanan di iCloud.

Caranya dapat dilakukan dengan mengakses Setting terlebih dahulu, lalu pilih iCloud Drive, setelah itu Pins dapat memilih cadangan. Di bagian cadangan ini lah Kamu bisa mengatur aplikasi apa saja yang tersinkronisasi otomatis ke iCloud. 

Jika pada suatu saat Kamu merasa ada file atau data penting di aplikasi tersebut, maka Pins dapat melakukan back up data secara manual.

4. Menghapus Aplikasi yang Sudah Tidak Digunakan

Untuk apa membiarkan aplikasi yang sudah tidak pernah digunakan lagi berada pada ponsel Kamu. Hal ini hanya berakibat mengisi ruang penyimpanan Kamu saja. 

Yang seharusnya penyimpanan Kamu dapat tidak penuh, karena adanya data-data yang tersimpan dari aplikasi tak terpakai ini menyebabkan iCloud menjadi cepat penuh. Oleh karena itu, salah satu cara menghapus aplikasi yang tidak terpakai ini dapat membuat ruang penyimpanan kembali luas.

Baca juga: Cara Hapus Aplikasi di iPhone Untuk Hemat Storage

5. Membersihkan Cache atau Sampah Aplikasi

cara membersihkan icloud
Source : iStock

Cara selanjutnya adalah membersihkan cache atau sampah milik aplikasi. Ketika memiliki suatu aplikasi dan menggunakannya secara terus-menerus maka akan menciptakan cache atau sampah pada aplikasi tersebut. Cache atau sampah ini akan membuat ukuran aplikasi menjadi semakin besar sepanjang waktu.

Pins dapat menghapusnya dengan membuka Settings, lalu menuju ke iCloud Drive, setelah itu Manage Storage. Jika sudah berada di Manage Storage, maka Pins dapat menemukan aplikasi-aplikasi yang memiliki ukuran besar. 

Silakan Kamu pilih aplikasinya dan delete data sampah atau cache-nya. Cukup mudah kan Pins caranya!

6. Menyeleksi Dokumen-Dokumen yang Tidak Terpakai

Dokumen-dokumen dapat dengan mudah memasuki penyimpanan iCloud Kamu. Dokumen-dokumen ini berasal dari aplikasi seperti WhatsApp, Telegram, Line, dan aplikasi lainnya yang dapat dijadikan sebagai tempat bertukar dokumen. 

Dokumen yang dikirimkan, saat kita terima akan otomatis tersimpan di tempat penyimpanan iCloud. Oleh karena itu, jika terdapat dokumen-dokumen yang sudah tidak terpakai atau tidak penting, Pins dapat membuka File iPhone untuk menyortirnya. 

Cara seperti ini tentunya akan membuka kapasitas menjadi luas kembali.

7. Menghilangkan Lampiran Email yang Tidak Penting

cara membersihkan icloud
Source : iStock

Selanjutnya cara yang Pins dapat lakukan untuk membuat ruang kapasitas iCloud semakin melebar adalah dengan menghilangkan lampiran email yang tergolong tidak penting dan ukurannya sangat besar. 

Caranya, Kamu dapat mengakses aplikasi email di iPhone, lalu melakukan seleksi terhadap email lampiran yang tidak penting atau ukurannya terlalu besar. 

8. Menghapus Cadangan yang Telah Berlalu

Cara mengatasi penuhnya kapasitas iCloud dapat ditempuh dengan menghapus file cadangan atau file back up yang prosesnya sudah cukup lama. Hal ini bertujuan agar cadangan mencadangkan file yang saat ini saja dan berarti lebih up to date

Pins dapat menghapus file cadangan yang telah berlalu tersebut dengan cara, membuka setting, lalu memilih banner Apple yang berada di posisi paling atas. Ketika sudah dipencet, maka akan menampilkan halaman berbeda, selanjutnya Pins dapat memilih iCloud dan Kelola Penyimpanan Akun. Langkah terakhir, Kamu tinggal memilih file cadangan mana yang sudah tidak digunakan lagi.

Itulah Pins bagaimana tips dan cara membersihkan dan mengatasi iCloud yang penuh. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk membantu Kamu mengatasi kepenuhan iCloud ya Pins!

Baca juga: Cara Backup Data iPhone

Source Feature Image: iStock


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Villa Jatiluhur dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download