BlogHome ServiceResep Masakan5 Cara Membersihkan Jamur Kancing dengan Benar
0
0

5 Cara Membersihkan Jamur Kancing dengan Benar

Dipublikasikan oleh Ramanda Salsa

Des 4, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Siapa yang tidak suka jamur? Teksturnya yang kenyal dan lembut menjadikan jamur sebagai salah satu sayuran favorit banyak orang. Para vegetarian menjadikan jamur sebagai primadona untuk diolah sebagai pengganti daging. Salah satu jenisnya adalah jamur kancing. Namun, bagaimana cara membersihkan jamur kancing sebelum diolah?

Lezat untuk diolah menjadi berbagai menu masakan, permukaan jamur champignon sering kali banyak ditempeli oleh tanah. Bentuknya yang hampir bulat menyerupai kancing membuat di Indonesia jamur champignon lebih dikenal sebagai jamur kancing. Biasanya jamur kancing berwarna putih, krem, atau cokelat muda.

Baca Juga: 3 Cara Membersihkan Bulu Kulit Sapi Dengan Mudah

Ciri-Ciri Jamur Kancing

Jamur ini umumnya dipanen saat ukuran diameternya dua hingga empat sentimeter. Jamur champignon memiliki banyak penggemar di seluruh dunia, tak heran begitu banyak menu kreasi dari jamur ini di setiap negara. Menjadi salah satu topping pada pizza, pelengkap omelet, sup, steak maupun diolah sebagai saus karena rasanya yang menyerupai daging dengan sedikit sensasi manis.

Jamur kancing juga mudah ditemukan bahkan di tukang sayur tradisional sekalipun. Harganya juga cukup terjangkau, sementara kandungan gizinya baik untuk tubuh. Jamur kancing mengandung kalsium, vitamin D, magnesium, zat besi, fosfor, antioksidan, beta-glucan dan lain sebagainya. Jamur kancing juga kaya akan protein, tapi rendah lemak dan kalori. 

Ini salah satu alasan mengapa jamur kancing sangat disukai oleh mereka yang sedang berdiet ataupun kaum vegetarian. Teksturnya yang kenyal menjadikan jamur layaknya pengganti daging yang tinggi protein, tapi tetap rendah dalam asupan lemak. Jamur kancing mengandung 31 kilo kalori dengan kandungan lemak sebesar 0,37 gram dan protein sebesar 2,89 gram.

Baca Juga: 3 Cara Membersihkan Bulu Kulit Sapi dengan Mudah

Cara Membersihkan Jamur Kancing

cara membersihkan jamur kancing
(Freepik)

Sayangnya, tekstur jamur ini lumayan rapuh, sehingga perlu metode yang benar untuk membersihkannya agar tidak hancur. Kamu bisa memilih membeli jamur kancing dalam kemasan kaleng untuk alasan kepraktisan, tapi tentu rasanya tidak akan selezat jika menggunakan jamur segar. Perhatikan yuk beberapa metode berikut mengenai cara membersihkan jamur kancing yang sederhana.

Baca Juga: 12 Cara Memasak Jamur Enoki yang Enak dan Benar

Metode Pertama

Lepaskan batang jamur kancing menggunakan tangan. Kemudian kupas lapisan kulit jamur, lapisan ini akan dengan mudah terlepas jadi kamu hanya perlu menggunakan tangan. Lakukan hal yang sama pada bagian batang dan jamur kancing kamu akan bersih. Metode cara membersihkan jamur kancing ini cocok jika kamu ingin menggunakan jamur kancing dalam jumlah sedikit.

Metode Kedua

Ambil jamur kancing sesuai dengan kebutuhan. Taburkan tepung secara merata pada bagian jamur. Gosok jamur kancing yang sudah ditaburi tepung dengan tangan secara lembut. Proses ini bertujuan agar kotoran, bakteri, atau debu yang menempel pada jamur bisa lepas. Tidak dapat dipungkiri, jamur merupakan tanaman yang tumbuh di luar ruangan walaupun pembudidayaannya terbilang sangat tertutup.  Setelah itu bilas jamur dengan air secara perlahan, lalu keringkan di suhu ruang, jangan di bawah sinar matahari langsung. Setelah itu jamur kancing pun siap diolah.

Metode Ketiga

Siapkan sikat gigi kecil yang lembut atau sikat khusus sayuran kemudian gosok permukaan jamur dengan sikat secara lembut sehingga bersih. Bilas sebentar dengan air dan jamur pun siap digunakan.

Metode Keempat

Jika kamu akan mengkonsumsi jamur kancing tanpa diolah alias mentah misalnya sebagai campuran dalam salad, cara terbaik untuk membersihkannya adalah dengan menggunakan handuk kertas sehingga jamur tidak menjadi lembab seperti jika dibilas dengan air. Ambil handuk kertas kering kemudian gosok kotoran pada bulatan jamur, lakukan hingga semua kotoran hilang. Kamu juga bisa menggunakan kuas kue atau ujung jari untuk membersihkan kotoran jamur. Pisahkan jamur yang sudah dibersihkan dalam wadah bersih sehingga tidak kembali kotor jika dicampur dengan jamur yang belum dibersihkan.

Metode Kelima

Jika kamu ingin langsung memasak jamur kancing, metode membilas dengan air dingin bisa digunakan. Bersihkan jamur dalam gerakan pendek dan merata pada seluruh bagian badan jamur untuk menghilangkan kotorannya. Sisihkan dan tiriskan jamur menggunakan saringan sayur dan jamur kancing pun siap untuk diolah.

Jika metode-metode di atas cocok digunakan sebagai cara membersihkan jamur kancing untuk langsung diolah, metode berbeda harus digunakan untuk kamu yang ingin menyimpan dulu jamur kancingnya alias tidak langsung digunakan atau dimasak. Karena jamur memiliki tingkat kelembaban yang tinggi, kamu harus menyimpannya dengan baik dan benar agar jamur kancing tidak cepat membusuk.

Baca Juga: 6 Cara Menyimpan Jamur Tiram Agar Tidak Cepat Busuk

Tips Penyimpanan Jamur Kancing

cara membersihkan jamur kancing
(Freepik)

Baca Juga: 11 Cara Masak Jamur Kuping yang Benar dan Enak

Hindari Mencuci Jamur

Jangan mencuci jamur kancing karena jamur memiliki kandungan air yang tinggi dan cepat menyerap air laksana sponge. Mencuci jamur akan membuatnya menjadi lembek dan cepat membusuk. Bila masih ingin disimpan, hindari dicuci terlebih dahulu ya, kecuali jamur tersebut akan langsung diolah.

Simpanlah di Kantong Kertas

Kantong kertas otomatis dapat menyerap kelembaban, jadi jamur kancing kamu aman. Tutup rapat kantong kertas agar jamur tidak menyerap bau di sekitarnya. Jadi jika ingin menyimpan jamur dalam kulkas, sebaiknya jauhkan atau pisahkan jamur dari makanan atau bahan makanan yang baunya menyengat. Jika kamu tidak memiliki kantong kertas, jamur kancing dapat disimpan dalam wadah yang telah dialasi tisu dapur. Berilah sumpit kayu di atas jamur untuk menyerap kelembaban lalu tutup wadah dengan rapat. Penyimpanan jamur dengan metode ini akan membuat jamur kancing tetap segar selama lima hari.

Jadi kamu yang sudah membeli jamur kancing, mau segera mengolahnya langsung atau pilih menyimpannya dulu? Bila langsung mengolah, jangan lupa untuk membersihkan dapur setelahnya, ya! Dengan bantuan layanan Home Cleaning dari Pinhome Home Service, kamu tidak perlu lagi membuang tenaga yang sudah terkuras saat memasak untuk membersihkan dapur. Klik disini untuk coba ya!

Baca Juga: 6 Cara Membuat Jamur Crispy Sederhana

Featured Image Source: Freepik/asphotofamily


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome.

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download