BlogHome ServiceKebersihan Rumah7 Cara Membersihkan Keramik Kamar Mandi dengan Sitrun
0
0

7 Cara Membersihkan Keramik Kamar Mandi dengan Sitrun

Dipublikasikan oleh Nabila Zahra Hafizhah

Des 5, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Pins tahu tidak sih kalau kandungan asam alias sitrun pada lemon bisa dipakai sebagai pembersih keramik, terutama di kamar mandi? Namun, tentu ada cara dan langkah yang benar ketika membersihkan keramik kamar mandi dengan sitrun. 

Dengan begitu, Pins bisa mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Keramik kamar mandi terasa bersih dan kamu tak perlu khawatir adanya jamur atau bakteri yang menempel di sana. Alhasil, Pins dan keluarga terbebas dari risiko penyakit, deh!

Baca Juga:

Cara Membersihkan Keramik Kamar Mandi dengan Sitrun

Sitrun adalah asam sitrat yang kerap Pins jumpai dalam bahan kue. Selain kue, kamu bisa memanfaatkan asam alami pada lemon ini untuk membersihkan keramik kamar mandi, lho

Penggunaan sitrun bertujuan mendukung sabun pembersih khusus keramik untuk mengangkat kerak pada keramik. Tidak hanya itu, sitrun lebih alami sehingga minim risiko menimbulkan masalah pada kulit. 

Guna memudahkan kamu, berikut cara membersihkan keramik kamar mandi dengan sitrun yang patut diikuti. 

Siapkan Alat dan Bahan

cara membersihkan keramik kamar mandi dengan sitrun
Source : Unsplash

Salah satu cara membersihkan keramik kamar mandi dengan sitrun yang tidak boleh terlewatkan adalah menyiapkan alat dan bahan. Berikut yang perlu Pins siapkan ya!

  • Sitrun
  • Deterjen pakaian
  • Sabun keramik kamar mandi
  • Air
  • Spons
  • Sikat

Gosok Dinding dan Lantai Keramik Kamar Mandi

Setelah itu, Pins bisa menggosok dinding dan lantai keramik kamar mandi dengan sabun khusus dan sikat. Bila kamu ingin hasil yang maksimal, cobalah pakai batu apung. 

Selanjutnya, olesi bagian keramik kamar mandi secara keseluruhan dan sikat sampai bersih. 

Basuh dengan Air

Jika sudah disikat sampai bersih, basuh dinding dan lantai kamar mandi dengan air. Dengan begitu, sisa-sisa sabun yang menempel bisa hilang. 

Selalu perhatikan apakah masih ada sabun yang menempel. Pasalnya, sisa sabun yang tidak terbilas dengan baik bisa mengurangi efektivitas sitrun dan menyebabkan dinding keramik berkerak lebih banyak. 

Baca Juga:

Semprotkan Keramik dengan Sitrun

Source : Unsplash

Sebelum menaburkan sitrun, kamu perlu melarutkannya dengan air hangat dan deterjen pakaian. Lalu, aduk sampai tercampur rata. Jika memungkinkan, taruh larutan sitrun ke dalam botol semprotan, ya. 

Bila sudah, semprotkan dinding dan lantai keramik kamar mandi dengan sitrun. Pins bisa melakukan hal ini untuk sekeliling kamar mandi, tetapi ada baiknya fokus ke keramik yang berkerak. 

Selain itu, perlu diingat pula keramik mesti dalam kondisi basah. Pasalnya, sitrun akan bekerja lebih baik pada kondisi tersebut. Jika sudah kering, sitrun tidak bisa larut dengan baik dan menyia-nyiakan cara membersihkan keramik kamar mandi dengan ini. 

Diamkan Beberapa Saat

Setelah Pins sudah memastikan keramik yang berkerak terolesi dengan sitrun, diamkan selama satu jam. Ini memungkinkan asam pada sitrun mengikis kerak yang menempel. 

Bila perlu, pasang alarm demi mendapatkan hasil yang lebih bersih dan maksimal. 

Gosok Keramik Kembali

Cara membersihkan keramik kamar mandi dengan sitrun tidak sampai di situ saja. Pins perlu menyikat seluruh kamar mandi kembali sampai bersih. Berkat sifat korosif pada sitrun, noda dan kerak yang membandel menjadi mudah dihilangkan, nih

Bilas dengan Air Bersih

cara membersihkan keramik kamar mandi dengan sitrun
Source : Unsplash

Setelah menyikatnya, bilas dinding dan lantai keramik kamar mandi sampai benar-benar bersih. Coba lihat lagi apakah noda dan kerak yang menempel sudah hilang atau belum. 

Jika belum, taburkan bubuk sitrun pada bagian yang masih tampak kotor dan ulangi prosesnya tadi. 

Tips Merawat Kebersihan di Kamar Mandi

Cara membersihkan keramik kamar mandi memang penting diterapkan. Namun, hal tersebut tidak akan maksimal ketika kamu tidak merawat kamar mandi dengan baik. 

Oleh sebab itu, Pins perlu menjaga kebersihan daerah yang rentan terhadap jamur, noda, dan bakteri ini. Berikut beberapa tips yang bisa kamu coba di rumah!

Baca Juga:

Bersihkan Wastafel Setiap Pagi dan Malam

Source : Unsplash

Kebiasaan mengelap wastafel setiap pagi dan malam, tepatnya ketika menggosok gigi, memang terdengar merepotkan. Namun, kebiasaan ini bisa menghasilkan kamar mandi yang jauh lebih bersih dan minim terkena jamur dan noda membandel di sekitarnya. 

Rutin Mencuci Keset Kamar Mandi

Keset kamar mandi memang penting agar sisa-sisa air yang menempel pada kaki tidak terbawa ke ruangan lain. Walau penting, keset kamar mandi perlu dicuci sekali dalam beberapa minggu agar terjaga dari bakteri dan kuman yang menempel di sana. 

Sikat Kamar Mandi Setiap Habis Dipakai

Jika kamu ingin memiliki kamar mandi yang bersih maksimal, cobalah menyikat kamar mandi setiap habis dipakai. Pins mungkin tidak perlu menyikatnya terlalu dalam seperti saat membersihkan keramik kamar mandi dengan sitrun. 

Kamu hanya perlu menyikat sisa-sisa sabun pada lantai dan membilasnya dengan air bersih. Dengan begitu, lantai kamar mandi tidak akan terasa licin dan membuat kamu rentan terpeleset. 

Baca Juga:

Manfaat Sitrun untuk Kebersihan

cara membersihkan keramik kamar mandi dengan sitrun
Source : Unsplash

Bila kamu sulit menjumpai sitrun di toko terdekat, cobalah lemon yang ada di kulkas. Kandungan sitrun di dalam lemon bisa Pins manfaatkan untuk membersihkan keramik kamar mandi dan lainnya. Berikut manfaatnya!

  • Mencerahkan alat dapur berbahan aluminium yang kusam. 
  • Mengangkat noda dari meja marmer. 
  • Menghilangkan kerak pada coffee maker dan ceret teh. 
  • Menghapus noda dari piring dan wadah penyimpanan. 
  • Membunuh bakteri di talenan dan alat berbahan kayu. 
  • Membersihkan dan menghilangkan bau dari microwave. 
  • Menetralkan bau pembuangan sampah. 
  • Menghilangkan noda kuning pada ketiak. 
  • Mengangkat noda karat dan jamur. 
  • Menyegarkan udara secara alami. 
  • Membantu mengusir serangga. 
  • Membuat kaca lebih berkilau. 
  • Menghapus noda membandel pada kloset. 

Nah, itu tadi cara membersihkan keramik kamar mandi dengan sitrun hingga cara menjaga kebersihan di sana. Bila noda tak kunjung hilang, sebaiknya gunakan pembersih keramik khusus yang dijual di toko bangunan, ya!

Baca Juga:

Featured Image Source: Goodhomes.co.in

Editor: Voni Sri Wijayanti


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah. 

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download