BlogLifestyleGadget7 Cara Membersihkan Lubang Charger Beragam Handphone
0
0

7 Cara Membersihkan Lubang Charger Beragam Handphone

Dipublikasikan oleh Aodhira Fawwaz Syah dan Diperbarui oleh Aodhira Fawwaz Syah

Agu 15, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Kebersihan lubang charger menjadi pendukung utama fungsi pengisian baterai handphone. Sering sekali pengisian baterai menjadi tidak maksimal dan bahkan tidak bisa menyuplai arus listrik, karena beragam kotoran yang singgah di lubang charger. Oleh karena itu, dibutuhkan pemahaman untuk mengetahui cara membersihkan lubang charger yang benar.

Kebutuhan instalasi listrik dapat ditanamkan dengan baik untuk kebutuhan mengisi baterai di rumah bekas di Kec Bandung Wetan dan rumah baru di Kabupaten Bogor. Pins juga dapat mengecek estimasi pembangunan rumah tersebut di PinValue.

7 Cara Membersihkan Port Charger

Pengisian baterai menjadi hal yang penting untuk seseorang dalam mempergunakan handphone-nya di berbagai aktivitas. Pengisian baterai juga diperlukan untuk menjaga kapasitas baterai agar tetap berada di masa sehatnya atau bekerja secara stabil.

Saat handphone muncul masalah tidak bisa di-charge atau diisi baterainya, kebanyakan orang langsung menganggap bahwa lubang charger-nya rusak dan harus diganti, bahkan ada juga yang menganggap bahwa kinerja baterainya telah menurun sehingga harus cepat-cepat diganti. 

Padahal kita bisa melakukan pengecekan yang mudah dengan sendiri loh Pins! Tentunya tanpa mengeluarkan biaya sepeserpun, karena masih ada kemungkinan penyebab terjadinya sulit mengisi daya handphone, adalah keberadaan kotoran di port charger.

Berikut ini akan dijabarkan beberapa cara membersihkan lubang charger dari kotoran-kotoran mini:

1. Tusuk Gigi Berbalut Kapas

cara membersihkan lubang charger
Source : iStock

Cara pertama yang dapat kalian lakukan untuk membersihkan lubang charger adalah dengan menggunakan tusuk gigi yang dibaluti kapas. Tujuan membaluti tusuk gigi dengan kapas agar menghindari bentuk tajam dari tusuk gigi yang dapat merusak komponen pada lubang port.

Membalut tusuk giginya dengan kapas jangan terlalu banyak ya Pins, agar tidak terlalu tebal, jika terlalu tebal akan sulit untuk masuk ke lubang charger. Jadi Pins baluti tusuk gigi tersebut hanya dibagian ujungnya saja. 

Setelah sudah terbalut, langkah selanjutnya tinggal memasukan ke dalam lubang charger dan memulai proses pembersihan. Jika kapasnya sudah mulai menghitam, Kamu bisa mengganti dengan yang baru.

Baca juga: 5 Cara Membersihkan Speaker iPhone Dengan Mudah!

2. Gunakan Jarum

Untuk pembersihan lubang charger kali ini dapat memanfaatkan jarum dan selotip dengan perekat double. Selotip perekat double akan ditempelkan pada bagian ujung jarum, sehingga selotip ini yang akan berfungsi sebagai tempat menempelnya kotoran-kotoran di lubang charger.

Ingat ya Pins, jangan terlalu kasar saat membersihkannya. Ujung jarum yang tajam, dapat merusak permukaan pengisi daya. Kamu dapat memeriksa kondisi baterai AirPods loh!

Menggunakan jarum merupakan salah satu yang berisiko, namun bisa diandalkan. Setelah kotoran sudah menempel semuanya di selotip, Kamu bisa meniup bagian dalamnya untuk memastikan debu yang tersisa ikut menghilang.

3. Cotton Buds

cara membersihkan lubang charger
Source : iStock

Alternatif lain untuk membersihkan port charger Kamu, yaitu dengan menggunakan cotton buds. Ukuran cotton buds yang kecil dapat membantu Pins untuk mengeluarkan kotoran-kotoran yang berada di dalam port charger.

Tangkai cotton buds yang panjang dapat memudahkan Kamu untuk menjangkau kedalaman lubang charger Pins. Kamu juga bisa mengetahui cara mengganti baterai tanam jika mengalami kerusakan.

Sebelum memasukkan cotton buds ke lubang charger, sebaiknya Pins tambahkan sedikit air atau alkohol, agar kotoran-kotoran yang berada di lubang charger dapat terangkat dengan baik.

4. Air Booster

Pendorong udara ini dapat membantu Pins membersihkan lubang charger yang tertimbun kotoran. Mudahnya, Pins tidak perlu merogoh lubang charger sampai dalam. Cukup mengarahkan pendorong udara ke lubang charger akan membuat debu dan kotoran di dalam keluar dengan sendirinya.

Jangan lupa untuk mengatur kecepatan pendorong udara serendah mungkin ya Pins, agar tidak mengganggu komponen bagian dalamnya. Jika handphone Pins baterai hpnya cepat habis, kamu perlu mengetahui penyebab dan cara mengatasi baterai hp cepat habis.

5. Menggunakan Kompresor Udara Kalengan

Masih berhubungan dengan pemanfaatan udara, kali ini membersihkan port charger dapat dilakukan dengan menggunakan kompresor udara yang berada di dalam kaleng. Pins dapat menemukan kompresor udara ini di pusat belanja terdekat mana saja. 

Cukup dengan beberapa kali semprot saja, kotoran bisa langsung menghilang. Bagi kaum mageran pasti ini sangat disukai sekali. Perlu diingat, carilah kompresor udara yang memiliki sedotan kecil untuk mengarahkan udaranya. 

Dengan begitu, semprotan yang Pins lakukan bisa terarah dengan baik, langsung ke bagian dalam port charger.

6. Vacuum Cleaner Mini

cara membersihkan lubang charger
Source : iStock

Cara praktis tanpa menyentuh selanjutnya adalah dengan memanfaatkan penyedot debu mini untuk menyedot seluruh kotoran yang terdapat di lubang charger. Kamu dapat menemukan penyedot debu mini ini di toko elektronik. Lalu, untuk menyalakan penyedot mini ini bisa melalui USB loh, mudah kan!

Namun, jika kotoran yang berada di lubang charger terlalu banyak dan menempel, maka tetap membutuhkan bantuan benda tumpul untuk menggerakkan kotoran yang menempel, baru setelah itu dapat disedot.

Baca juga: 7 Cara Mudah Kalibrasi Baterai Android, Balikin Performa HP!

7. Kuas Mini

cara membersihkan lubang charger
Source : iStock

Cara terakhir yang dapat diikuti oleh Pins dalam membersihkan lubang charger, dengan menggunakan kuas mini. Dengan bulu-bulu kuas, Pins dapat membersihkan lubang charger dengan sebersih mungkin. Bulu-bulu ini dapat menjangkau kotoran yang menempel di bagian dalam lubang charger.

Itulah Pins beberapa cara membersihkan lubang charger beragam handphone, Pins dapat memilih sesuka Kamu mana cara yang paling efektif. Semoga artikel ini dapat membantu Pins dalam membersihkan port charger!

Baca juga: 11 Cara Membersihkan Layar HP Sebelum Digunakan

Source Feature Image: Unsplash


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Dewe Residence dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download