BlogHome ServiceElektronik7 Cara Membersihkan Oven Listrik agar Tetap Awet
0
0

7 Cara Membersihkan Oven Listrik agar Tetap Awet

Dipublikasikan oleh  

Des 4, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Oven listrik yang sering digunakan lebih mudah kotor seperti berkerak karena sisa adonan atau bahkan berkarat. Jika oven listrik tidak dibersihkan secara rutin, peralatan elektronik ini mungkin akan lebih cepat rusak. Oleh sebab itu, untuk Pins yang memilikinya di rumah wajib untuk mengetahui cara membersihkan oven listrik yang benar.

Membersihkan noda pada oven listrik bisa menggunakan bahan-bahan alami atau cairan pembersih khusus. Hal yang penting adalah Pins harus membersihkannya secara menyeluruh dan rutin sebelum noda dan kerak tersebut menyebabkan karat. Berikut tips membersihkan oven dari noda dan kerak.

1. Bersihkan oven listrik dengan bahan-bahan alami

cara membersihkan oven listrik
Source : Pixabay

Tidak harus dengan sabun, Pins juga bisa membersihkan noda pada oven listrik menggunakan bahan-bahan alami seperti pasta gigi, baking soda, kulit jeruk nipis, cuka, dan lain sebagainya.

Jika di dapur ada baking soda, Pins bisa menggunakannya untuk membersihkan oven dengan menyemprotkan baking soda yang sudah dicampur air. Biarkan baking soda semalaman dan kemudian bersihkan dengan lap bersih yang sudah dibasahi air hangat.

Tidak punya baking soda? Coba bersihkan dengan cara lain yaitu pembersih alami dari campuran cuka dan garam. Pins bisa mencampur cuka dan garam untuk disemprotkan ke seluruh bagian oven. Kemudian nyalakan oven sekitar 5 menit dengan suhu rendah dan setelah oven mulai dingin, Pins bisa membersihkannya dengan lap.

Baca juga:

2. Bersihkan oven listrik dengan cairan pembersih khusus

cara membersihkan oven listrik
Source : Pixabay

Cara praktis untuk membersihkan oven listrik adalah menggunakan cairan pembersih. Ya, Pins cukup membeli cairan pembersih di supermarket atau di toko. Pins bisa langsung menggunakannya untuk membersihkan oven dari noda bekas adonan, sisa makanan, dan kotoran lain di dalam oven.

Selain praktis, cairan pembersih ini juga tergolong lebih efektif untuk mengangkat kotoran yang sudah membandel. Jika Pins menemukan banyak kerak yang susah dibersihkan, mungkin perlu cairan pembersih yang bagus.

Dibandingkan dengan membersihkan oven hanya dengan air, membersihkan dengan cairan khusus ini hasilnya lebih bersih. Pastikan tidak ada noda atau kerak yang terlewat.

3. Bersihkan oven listrik dari bau tidak sedap dengan perasan lemon

cara membersihkan oven listrik
Source : Pixabay

Selain kotoran dan noda kerak, Pins juga perlu membersihkan oven jika tercium bau yang kurang sedap. Biasanya bau yang muncul dari oven akan tercium setelah oven digunakan untuk memanggang makanan dengan bahan-bahan tertentu.

Apabila tidak dibersihkan, bau di oven dapat mengganggu dan mungkin mempengaruhi hasil panggangan berikutnya. Lalu, bagaimana cara menghilangkan bau tidak sedap dari oven? Pins bisa menggunakan perasan lemon.

Cara simple ini cukup efektif untuk membersihkan oven dari berbagai bau yang tidak sedap. Caranya cukup dengan memasukkan perasan lemon ke dalam wadah yang tahan panas. Masukan perasan lemon tersebut ke dalam oven hingga mendidih.

Uap dari perasan lemon yang dimasak di dalam oven akan menyebar ke seluruh bagian dalam oven. Selain untuk mengatasi bau, lemon juga efektif untuk menghilangkan bakteri yang mungkin ada di oven listrik Pins.

Selain menggunakan perasan lemon, Pins juga bisa memanfaatkan minyak esensial beraroma vanili untuk mengatasinya. Caranya hampir sama, yaitu dengan memasak minyak esensial yang dicampur air sekitar 1 jam dengan suhu rendah.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Microwave Oven Low Watt Terbaik

4. Bersihkan oven listrik secara rutin

cara membersihkan oven listrik
Source : Pixabay

Lebih baik lagi jika Pins bisa segera membersihkan oven setiap setelah digunakan. Terlebih untuk penggunaan oven yang menyisakan noda yang berpotensi menjadi kerak. Bersihkan dengan bahan pembersih yang Pins miliki.

Selain untuk menjaga oven tetap bersih, perawatan rutin ini juga diperlukan agar oven menjadi lebih awet. Kotoran dan noda yang dibiarkan mungkin akan membuat hasil panggangan tidak maksimal. Oleh sebab itu, jangan tunggu lama-lama untuk membersihkan oven listrik yang tampak kotor.

5. Bersihkan secara menyeluruh

cara membersihkan oven listrik
Source : Pixabay

Bersihkan mulai dari bagian dalam termasuk rak oven listrik agar tidak menyebabkan karat. Rak besinya ini mudah sekali kotor karena terkena makanan yang dipanggang didalam oven. Pins bisa membersihkan rak oven menggunakan sabun pencuci piring.

Gunakan sikat halus untuk membersihkan kerak pada rak oven. Apabila ada kerak yang sulit dibersihkan, coba gunakan kulit jeruk atau pasta gigi. Jika sudah bersih dari noda dan kerak, silahkan Pins letakkan kembali rak ke dalam oven.

Bersihkan juga bagian luar oven listrik yang mungkin kotor karena debu atau noda makanan. Pins bisa menggunakan pembersih biasa untuk menghilangkan kotoran yang ada di bagian luar oven listrik.

Manfaat membersihkan bagian luar ini adalah mencegah adanya debu yang mungkin bisa masuk ke dalam oven. Sebelum kotoran di luar oven ini masuk, bersihkan dengan cairan pembersih dan lap secara menyeluruh.

Selain untuk mencegah debu masuk, Pins juga perlu membersihkan permukaan luar oven agar tampilannya bersih dan tidak mengganggu mata. Pins pasti merasa risih kan kalau harus melihat oven yang penuh bercak kotoran ada di dapur kesayangan Pins?

Itulah beberapa cara membersihkan oven listrik yang perlu diperhatikan. Oven listrik menjadi lebih bersih dan lebih awet sehingga Pins tidak perlu terlalu sering membeli oven karena oven yang rusak. 

Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download