BlogHome ServiceElektronikCara Membuang Air di Belakang Kulkas dengan Benar
0
0

Cara Membuang Air di Belakang Kulkas dengan Benar

Dipublikasikan oleh  

Des 4, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Hampir di setiap rumah memiliki kulkas. Ya, bendal ini menjadi salah satu barang elektronik yang wajib ada. Kulkas bisa mempermudah kamu dalam menyimpan bahan makanan dan minuman. Kamu bisa meletakkan stok makanan di dalam kulkas untuk membuatnya menjadi lebih awet dan tetap segar. Sudah tahu cara membuang air di belakang kulkas?

Semakin ke sini, kulkas telah dikembangkan dengan berbagai fitur yang semakin canggih. Namun perlu diingat, sebagus dan secanggih apapun kulkas harus tetap dirawat. Jika kamu tidak menggunakan dan merawat kulkas dengan benar, bisa-bisa kulkas jadi cepat sekali rusak. Salah satu cara merawat kulkas agar tetap benar adalah dengan membuat air di belakang kulkas. Namun kebanyakan dari kita masih sering salah dalam membuangnya. Bagi kamu yang belum tahu, ini dia cara membuang air di belakang kulkas.

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Dalam Menggunakan Kulkas

(Canva)

Sebelum beralih ke cara membuang air di belakang kulkas, ada baiknya kita memperhatikan terlebih dulu hal-hal yang harus diperhatikan saat menggunakan kulkas, ini dia daftarnya.

Pertama, pintu kulkas harus selalu tertutup rapat. Selain menghindari adanya udara yang masuk ke dalam kulkas yang bisa membawa bakteri, hal ini dilakukan supaya menghemat listrik agar kulkas tidak bekerja terlalu keras dalam mendinginkan kembali ruangannya.

Kedua, mengisi kulkas dengan makanan secukupnya. Hindari mengisi kulkas dengan jumlah makanan secara berlebihan. Makanan dalam kulkas yang menumpuk dalam kulkas akan menyebabkan adanya kontaminasi. Selain itu, hindari penyimpanan botol terlalu banyak karena bisa menyebabkan kulkas rusak akibat beban terlalu berat.

Selanjutnya, hindari memasukkan makanan dan minuman dalam keadaan panas ke kulkas. Ini bisa menyebabkan kulkas bekerja lebih ekstra dalam mendinginkan ruangannya. Guna menghindari itu, sebelum makanan dan minuman masuk kulkas alangkah baiknya didinginkan terlebih dahulu dengan suhu ruang. Setelah makanan sudah tidak panas, baru masukkan ke dalam kulkas.

Lalu bersihkan paling tidak 2 minggu sekali agar meminimalisir berkembang biaknya bakteri dan bau yang tidak sedap. Membersihkan kulkas bisa menggunakan sabun mengandung antiseptik atau sabun penghilang bau untuk menetralisir bau di dalam kulkas. Tidak hanya membersihkan bagian dalam kulkas, bersihkan juga bagian belakang kulkas secara teratur agar debu dan kotoran tidak menghambat kerja kondensor pada kulkas.

Baca juga:

Memperbaiki Kebocoran pada Bagian Depan Bawah Kulkas

(Canva)

Saluran pembuangan yang tersumbat alias buntu pada lemari es defrost otomatis seringkali menjadi masalah akibat kebocoran pada bagian bawah lemari es. Hal ini biasanya membuat area di sekitar kulkas jadi banjir. Jika tak hati-hati, keluarga di rumah bisa terpeleset akibat air bocoran ini. 

Pins harus menghilangkan sumbatannya dengan cara cabut kabel kulkas dari stop kontak dan periksa tempat pembuangan air pada kulkas. Biasanya ada saluran pembuangan air dari pencairan bunga es. Apabila kamu sudah menemukannya, lepaskan bagian bawah saluran pembuangan kulkas dan taruh ember untuk menampung air yang keluar dari kulkas. 

Setelah kamu yakin saluran pembuangan telah bersih, pasang kembali saluran pembuangan pada tempatnya. Jika kulkas kamu menggunakan mode hemat energi, kemungkinan pemanas rangka pintu akan menguap kondensasi pada kulkas dalam keadaan mati. Kebocoran dapat terjadi pada bagian langit-langit lemari es harus ditangani oleh teknisi yang sudah ahli.

Baca juga:

Cara Membuang Air di Belakang Kulkas

(Canva)

Mungkin sebagian besar dari Pins sudah mengetahui bagaimana cara membuang air di belakang kulkas. Tapi, apakah cara yang digunakan Pins sudah benar? Meski mudah dilakukan, nyatanya banyak yang masih salah mempraktikan cara membuang air di belakang kulkas lho! Ini dia cara yang benar yang perlu kamu perhatikan.

  • Pertama, kamu harus mematikan kulkas terlebih dahulu dan cabut kabel kulkas dari stop kontak.
  • Kedua, diamkan kulkas beberapa saat dan posisikan kulkas hingga bagian kulkas belakang dapat dijangkau dengan mudah.
  • Selanjutnya, perhatikan tempat penampungan air yang terdapat di belakang kulkas lalu lakukan pengecekan terlebih dahulu.
  • Lalu, setelah itu lepaskan penampungan air tersebut dan buang air yang ada di dalamnya.
  • Kemudian bersihkan tempat penampungan air tersebut dengan lap atau kanebo kering sampai bersih.
  • Setelah bersih isi kembali tempat penampungan air tersebut dengan menggunakan air panas secukupnya.
  • Diamkan tempat penampungan air selama 10-20 menit bertujuan agar kuman yang ada didalamnya mati.
  • Setelah itu buang air tersebut dan lap kembali sampai kering dan bersih.
  • Kemudian tempelkan kembali tempat penampungan air ini ke tempatnya kembali.
  • Lalu anda bisa menyalakan kulkas seperti biasanya lagi.

Lakukan cara di atas sesuai dengan urutan dan berhati-hati, membersihkan secara rutin 2 minggu sekali membuat kulkas anda tetap optimal dan bekerja dengan baik. Selain kulkas yang wajib dibersihkan, ada AC yang wajib juga dibersihkan supaya tetap terjaga kebersihannya dan awet. Supaya AC yang sudah dibeli tahan lama dan tetap dingin, lakukan servis AC secara berkala. Bila AC tidak bekerja maksimal, pesan jasa perbaikan AC oleh teknisi dari Pinhome Home Service. Dengan biaya yang sesuai standar, Pins bisa mendatangkan teknisi AC profesional sesuai dengan keluhan yang dihadapi melalui layanan Perbaikan AC di aplikasi Pinhome. Download aplikasi Pinhome di sini.

Baca Juga:

Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apalagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download