BlogLifestyleHobi3 Cara Membuat Makrame untuk Hiasan Dinding
0
0

3 Cara Membuat Makrame untuk Hiasan Dinding

Dipublikasikan oleh M. Agung Septyanto dan Diperbarui oleh M. Agung Septyanto

Sep 2, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
cara-membuat-makrametop-right-banner

Memiliki hiasan dinding dirumah tentu akan memberikan warna di tempat tinggal Pins. Namun, apakah kamu pernah mendengar hiasan makrame? Ya, makrame sendiri merupakan hasil seni yang menawan dan kreatif yang melibatkan menganyam tali untuk menciptakan berbagai macam dekorasi lho Pins. Penasaran bukan bagaimana cara membuat makrame sendiri dirumah?

Nah, kamu yang punya rumah di Jakarta Selatan, tinggal di Griya Cinere, dan Telaga Golf pasti pernah mendengar ataupun memiliki hiasan dinding makrame ini.  

Eits, sebelum membahas lebih lengkap mengenai cara membuat makrame hiasan dinding, kamu juga bisa cek informasi soal cara cek estimasi harga rumah dan informasi seputar pengajuan KPR di Pinhome. Jangan lupa juga untuk cek berkala di rumah second di Kab Bekasi Barat untuk mendapatkan penawaran yang menarik.

Apa itu Makrame?

kumparan.com

Makrame adalah seni menganyam atau merajut tali atau benang untuk membuat berbagai macam dekorasi, aksesori, dan barang-barang kreatif lainnya. Teknik makrame melibatkan pembentukan simpul-simpul tali yang teratur untuk menciptakan pola yang indah. Biasanya, makrame menggunakan tali nilon atau katun, tetapi bahan lain juga bisa digunakan, tergantung pada jenis proyek yang ingin Pins buat.

Sejarah makrame berakar dari berbagai budaya di seluruh dunia, termasuk Mesir Kuno, Tiongkok Kuno, dan Suku Indian Amerika. Teknik ini menjadi populer di Eropa selama abad pertengahan dan Renaissance. Makrame terus berkembang dan menjadi tren seni dekoratif pada tahun 1960-an dan 1970-an selama era hippie.

Baca juga: 13 Resep dan Cara Membuat Es Kuwut Khas Bali yang Segar

Beberapa contoh proyek makrame yang populer meliputi gelang, gantungan pot, hiasan dinding, selendang, tas dan bahkan pakaian. Pola makrame yang berbeda dan beragam simpul tali digunakan untuk menciptakan desain yang berbeda, mulai dari yang sederhana hingga yang sangat rumit.

Makrame adalah seni yang sangat kreatif dan bisa digunakan untuk membuat hadiah, dekorasi rumah, atau aksesori unik. Keterampilan makrame dapat dipelajari oleh siapa saja yang tertarik dan menginginkan cara yang menyenangkan untuk mengekspresikan kreativitas mereka dalam seni tali itu sendiri Pins. 

Apa Saja Macam-Macam Makrame

idntimes.com

Ada banyak macam-macam makrame yang dapat Pins eksplorasi. Berikut beberapa contoh macam-macam makrame beserta penjelasannya. Yuk cari tahu apa saja ulasannya.

1. Gelang Makrame

cideronline.org

Gelang makrame adalah salah satu proyek cara membuat makrame yang paling sederhana dan populer. Ini melibatkan penggunaan teknik dasar makrame untuk membuat gelang tangan atau pergelangan tangan dengan berbagai pola simpul dan desain. Gelang ini sering digunakan sebagai aksesori mode atau sebagai hadiah persahabatan.

2. Hiasan Dinding Makrame

Hiasan dinding makrame adalah karya seni cara membuat makrame hiasan dinding yang biasanya digantung di dinding sebagai dekorasi rumah. Mereka terbuat dari berbagai macam simpul dan pola yang menciptakan motif geometris atau organik yang indah. Hiasan dinding makrame sering digunakan untuk menambahkan sentuhan boho atau alami pada interior rumah.

3. Gantungan Pot Makrame

tribunjualbeli.com

Gantungan pot makrame adalah hiasan yang digunakan untuk menggantung pot tanaman. Mereka terbuat dari tali makrame yang kuat dan biasanya memiliki simpul yang kuat untuk mendukung berat pot tanaman. Ini adalah cara yang cantik dan fungsional untuk menampilkan tanaman dalam ruangan Pins.

Baca juga: 8 Cara Membuat Resep Es Lumut Viral yang Segar

4. Selendang Makrame

Selendang makrame adalah aksesori pakaian yang terbuat dari tali makrame. Mereka bisa digunakan sebagai syal, ikat pinggang, atau aksesori lainnya. Selendang makrame sering memiliki tekstur yang unik dan pola yang indah, menjadikannya tambahan yang menarik untuk pakaian kamu.

5. Tali Pengikat Makrame

cahayaperdana.com

Tali pengikat makrame digunakan untuk mengikat dan mengunci barang-barang dengan gaya. Mereka sering digunakan dalam pernikahan untuk menghias kursi, buket bunga, atau hiasan meja. Tali pengikat makrame sering dihiasi dengan simpul-simpul dekoratif dan hiasan.

6. Kerajinan Daur Ulang Makrame

Makrame juga dapat digunakan untuk menciptakan kerajinan daur ulang dengan memanfaatkan bahan-bahan bekas, seperti kain, tali, atau t-shirt yang tidak terpakai. Ini adalah cara yang kreatif dan ramah lingkungan untuk menghasilkan barang-barang unik yang memiliki nilai artistik.

7. Tas Makrame

blibli.com

Tas makrame adalah jenis tas yang terbuat dari tali atau benang yang dianyam menggunakan teknik makrame. Kerajinan tas ini memiliki ciri khas tekstur dan pola yang unik karena dibuat dengan simpul-simpul tali yang diikat secara khusus. Biasanya, tas makrame memiliki desain yang terinspirasi oleh seni dan kerajinan tradisional, serta seringkali memiliki tampilan yang bernuansa alami dan boho.

Baca juga: 15 Pilihan Es Jeruk Segar Untuk Berbuka Puasa

Cara Membuat Makrame

Dalam artikel ini akan membawa Pins ke dalam perjalanan mengenal cara membuat makrame. Maka dari itu, yuk simak apa saja caranya. 

1. Membuat Gelang Makrame

pinterest.com

Gelang makrame adalah proyek yang cocok untuk Pins yang pemula ketika ingin mempelajari dasar-dasar teknik makrame. Berikut adalah langkah-langkah singkatnya.

Alat dan bahan: Tali makrame dan gunting

Langkah-langkah: 

  • Potong dua helai tali makrame dengan panjang sekitar 60-75 cm masing-masing.
  • Lipat kedua tali tersebut di tengah untuk membuat loop dan lilitkan loop tersebut di atas permukaan datar.
  • Mulailah membuat simpul dasar dengan mengambil satu tali dan melewatkannya di atas tali pusat yang menjadi dasarnya.
  • Kemudian, ambil ujung lain dari tali yang sama dan masukkan melalui lubang yang telah dibuat, kemudian tarik kedua ujung tali untuk membuat simpul lilit.
  • Lanjutkan membuat simpul lilit sampai gelang mencapai panjang yang diinginkan, kemudian akhiri dengan menjepit atau mengikat ujung-ujung tali

2. Membuat Hiasan Dinding Makrame

idntimes.com

Hiasan dinding makrame adalah proyek yang lebih besar yang dapat digunakan untuk menghias dinding rumah Pins. Berikut cara membuat makrame hiasan dinding.

Alat dan bahan: Tali makrame, gagang kayu atau batang kayu, gunting.

Langkah-langkah:

  • Potong beberapa helai tali makrame dengan panjang yang sama, sesuai dengan panjang yang Pins inginkan untuk hiasan dinding.
  • Kelompokkan tali-tali tersebut di satu ujung dan lilitkan mereka pada gagang kayu atau batang kayu.
  • Mulailah membuat pola makrame yang diinginkan, seperti simpul dasar atau pola yang lebih rumit.
  • Lanjutkan sampai kamu mencapai panjang yang diinginkan.
  • Akhiri dengan menjepit atau mengikat ujung-ujung tali, dan Pins dapat menggantungkan hiasan dinding makrame tersebut di dinding kamu. 

3. Membuat Tas Makrame

tribunnews.com

Membuat tas makrame adalah proyek yang lebih rumit, tetapi hasil akhirnya sangat memuaskan. Berikut adalah cara membuat makrame tas. 

Alat dan bahan: Tali makrame, pola atau panduan, gagang tas, gunting.

Langkah-langkah: 

  • Potong tali makrame sesuai dengan panjang yang diperlukan sesuai pola yang Anda pilih.
  • Ikuti pola makrame yang telah Anda pilih, yang mungkin melibatkan berbagai jenis simpul dan teknik yang lebih canggih.
  • Pastikan untuk merinci setiap langkah dengan hati-hati sesuai panduan.
  • Setelah Anda menyelesaikan bagian utama tas, Anda dapat menambahkan gagang tas jika diinginkan.
  • Selesaikan dengan menjepit atau mengikat ujung-ujung tali dan rapikan hasilnya

Ingatlah bahwa praktik dan kesabaran sangat penting saat bekerja cara membuat makrame yang lebih rumit seperti pembuatan tas. Selalu ada banyak panduan dan tutorial yang tersedia online yang dapat membantu Pins memahami teknik-teknik yang lebih canggih. Semoga artikel ini membantu kamu ya!

Baca juga:

Sumber featured image:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download