BlogHome ServiceKebersihan RumahTips dan Cara Membuat Parfum Laundry Tahan Lama
0
0

Tips dan Cara Membuat Parfum Laundry Tahan Lama

Dipublikasikan oleh Mustika Mustika

Des 5, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Cara membuat parfum laundry sebetulnya tidak sulit. Siapa pun bisa membuatnya sendiri di rumah karena bahan-bahannya mudah didapat.

Kamu mungkin kerap menjumpai produk parfum laundry yang dijual di pasaran. Biasanya, parfum laundry dijual dalam kemasan 650 ml, 1 liter, hingga 5 liter.

Namun, membuat parfum laundry sendiri tentu akan lebih hemat biaya, baik untuk penggunaan pribadi atau untuk buka usaha laundry.

Perbedaan Parfum Laundry Dan Pewangi Pakaian

(Freepik)

Parfum laundry berbeda dengan pewangi pakaian yang digunakan saat mencuci. Pewangi pakaian yang dijual di pasaran umumnya berfungsi ganda sebagai pelembut. Cara menggunakannya dengan direndam bersama pakaian saat proses mencuci pakaian.

Ada juga pewangi pakaian yang digunakan saat menyetrika. Umumnya, produk semacam ini dijual dalam kemasan kecil sekitar 500ml bersama botol spray.

Adapun parfum laundry, cara pemakaiannya dengan disemprotkan setelah pakaian disetrika. Selain mengharumkan pakaian, parfum laundry yang bermutu mengandung antiseptik yang dapat membunuh kuman dan bakteri.

Cara Membuat Parfum Laundry

Pada kesempatan kali ini, kami akan memberi bocoran cara membuat parfum laundry dengan dua metode. Yang pertama menggunakan bibit parfum dan yang kedua menggunakan Molto Parfum Laundry Sanitizer. Simak langkah-langkahnya, yuk!

Cara Membuat Parfum Laundry dengan Bibit Parfum

Membuat parfum laundry bisa dilakukan sendiri di rumah dengan alat sederhana. Berikut penjelasan selengkapnya.

Bahan-Bahan Yang Diperlukan

Untuk membuat parfum laundry, kamu akan memerlukan bahan-bahan sebagai berikut:

  • Bibit pewangi sekitar 100cc – 500 cc
  • Methanol (99,98%) sekitar 9.500 cc
  • Air murni (aquades) atau air RO sekitar 300 cc – 1.000 cc
  • Fixamax 50 cc – 250cc, Fixative 5cc/liter atau fixatolide 2cc/liter
  • Pewarna (opsional)

Bahan-bahan di atas memiliki fungsi masing-masing. Bibit parfum adalah bahan inti yang memberi aroma wangi pada parfum laundry.

Kemudian, fixamax, fixative, atau fixatolide adalah zat yang membuat wangi tahan lama. Kamu bisa memilih salah satu dari ketiga jenis ini.

Adapun methanol berfungsi sebagai zat pelarut dan air sebagai pelembap. Yang perlu dicatat, kadar air tidak boleh melebihi 10% dari total larutan karena bisa menyebabkan bau apek. Makin dikit kandungan air, makin baik kualitas parfum laundry.

Adapun penggunaan warna sebetulnya tidak berpengaruh terharap aroma parfum laundry. Namun, kalau kamu berencana memproduksi parfum laundry untuk dijual, ada baiknya memakai pewarna.

Fungsi pewarna adalah untuk membedakan aroma parfum laundry. Misalnya, aroma mawar dengan warna merah dan aroma lavender dengan warna ungu.

Jika membuat parfum laundry untuk kebutuhan sendiri, penggunaan pewarna tidak perlu. Selain tidak berpengaruh pada aroma, pewarna juga bisa meninggalkan noda pada pakaian. Jadi, kamu harus repot-repot deh menghilangkan noda di baju, bukan?

Bahan-bahan di atas bisa kamu dapatkan di lapak online maupun melalui distributor. Belilah bahan-bahan dasar parfum laundry dijual dalam paket lengkap agar kamu tidak perlu repot menakar ukurannya.

Langkah-Langkah Membuat Parfum Laundry

Bahan-bahan parfum laundry yang dijual dalam paket biasanya sudah disertai manual cara membuatnya. Berikut penjelasan selengkapnya:

Pertama, campurkan bibit parfum dengan fixamax, fixative, atau fixatolide hingga merata. Kemudian, tambahkan air murni, lalu aduk secara menyeluruh.

Selanjutnya, tambahkan methanol dan aduk hingga tercampur sempurna. Pada tahap ini, parfum sudah siap disimpan dan dipakai.

Jika ingin menambahkan pewarna, campurkan sedikit saja agar nantinya tidak meninggalkan noda pada pakaian.

Baca Juga: 17 Merk Mesin Cuci Terbaik, Jangan Sampai Salah Pilih!

Cara Membuat Parfum Laundry dengan Molto Parfum Laundry Sanitizer

(Blibli)

Cara membuat parfum laundry yang kedua lebih praktis dengan menggunakan Molto Parfum Laundry Sanitizer. Produk ini tersedia dalam kemasan 5 liter sehingga cocok buat kamu yang memiliki usaha laundry.

Molto Parfum Laundry Sanitizer sudah mengandung alkohol 70% yang berfungsi sebagai sanitizer. Penggunaannya tidak hanya membuat pakaian wangi, tetapi juga membunuh virus dan kuman.

Formulanya aman digunakan pada semua jenis pakaian karena telah lulus uji Safety and Environment Assurance Centre (SEAC).  Untuk pilihan parfumnya ada dua jenis, yaitu Clean Fresh dan Purple Delight.

Untuk membuat parfum laundry, kamu perlu menyiapkan bahan tambahan yaitu methanol 99,98% sebanyak 30-50 cc dan fixative sebanyak 25 cc atau fixatolide sebanyak 10 cc.

Langkah membuatnya adalah dengan mencampurkan Molto Parfum Laundry Sanitizer dengan methanol dan fixative atau fixatolide. Aduk secara merata hingga semua bahan larut sempurna.

Untuk proses pembuatan ini, disarankan menggunakan pengaduk berbahan stainless steel. Jika tidak ada, kamu bisa menggunakan tongkat kayu. Adapun untuk wadahnya, kamu bisa menggunakan ember ataupun panci berukuran besar.

Tips Penyimpanan Parfum Laundry

cara membuat parfum laundry
(Freepik)

Cara membuat parfum laundry memang lebih praktis jika dilakukan dalam jumlah besar sekaligus. Hanya dengan eksekusi satu kali, kamu bisa menghasilkan parfum laundry hingga 5 liter.

Namun, yang perlu diperhatikan adalah cara penyimpanan parfum yang sudah jadi agar wanginya awet. Masalahnya, menyimpan parfum di jeriken berbahan plastik bisa berpengaruh pada wangi laundry dalam jangka panjang.

Nah, agar wangi parfum laundry tetap tahan lama dan tidak berubah aromanya, disarankan menggunakan wadah kaca. Pasalnya, penggunaan wadah yang terbuat dari kaca lebih efektif dalam menjaga kualitas aroma parfum laundry.

Alternatifnya, kamu bisa membuat parfum laundry sedikit demi sedikit sesuai dengan kebutuhan. Apalagi kalau parfum laundry hanya digunakan untuk kebutuhan pribadi.

Lain halnya kalau membuat parfum laundry untuk dijadikan bisnis. Tidak masalah membuat parfum dalam kuantitas besar untuk langsung dijual.

Demikian penjelasan dan tips cara membuat parfum laundry tahan lama. Semoga bermanfaat!


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download