BlogHome ServiceRelaksasiIni Dia Cara Memijat Tulang Belikat dengan Benar
0
0

Ini Dia Cara Memijat Tulang Belikat dengan Benar

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari

Des 5, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Tulang belikat merupakan tulang yang menghubungkan tulang selangka dengan tulang lengan atas. Jika bagian ini terasa sakit, Pins tidak boleh menerapkan cara memijat tulang belikat sembarangan.

Umumnya, rasa nyeri pada area ini timbul karena kebiasaan buruk. Misalnya saja sering mengangkat beban terlalu berat atau duduk terlalu lama. Adapun penyebab dan cara mengatasinya bisa Pins simak sebagai berikut!

Baca Juga:

Penyebab Nyeri Tulang Belikat

Source : Pexels

Cedera atau rasa nyeri pada tulang belikat tidak boleh dianggap sepele. Apabila dibiarkan, ini dapat menimbulkan masalah kesehatan lainnya. Penyebab nyeri tulang sendiri diantaranya karena diseksi aorta.

Diseksi aorta merupakan pecahnya lapisan pembuluh darah besar yang mengarah ke bagian jantung. Hal ini menyebabkan sakit pada belikat kanan maupun kiri. Selain nyeri dada, tak jarang kondisi ini disertai dengan sesak napas.

Ada pula patah tulang belikat akibat trauma maupun kecelakaan. Tidak hanya nyeri yang timbul, tetapi bengkak dan memar di area ini. Selain itu, tulang belikat juga bisa sakit karena patah tulang maupun cedera.

Patah tulang dapat terjadi ketika mengalami kecelakaan, trauma ataupun jatuh ekstrim. Jika mengalami cedera, ini bisa menyebabkan postur tubuh menjadi kurang baik atau melakukan aktivitas yang membuat otot tegang.

Peradangan pada otot maupun tendon yang lebih dikenal sebagai tendonitis juga ikut berperan. Biasanya nyeri ini bahkan menjalar sampai bagian leher dan belakang punggung.

Penyebab lainnya adalah emboli paru yakni ketika timbul penyumbatan. Umumnya, ada gumpalan darah pada tungkai yang terbawa sampai ke paru-paru. Alhasil, penderitanya akan mengalami nyeri di tulang belikat ketika penyumbatan terjadi.

Saraf kejepit, naiknya asam lambung bahkan batu empedu dapat menyebabkan tulang belikat sakit. Adapun alasan lainnya adalah skoliosis, fibromyalgia, kanker tertentu seperti paru-paru, kerongkongan dan herpes zoster.

Baca Juga:

Titik Refleksi Tulang Belikat

cara memijat tulang belikat
Source : Pexels

Cara memijat tulang belikat dimulai dengan mengetahui titik refleksinya. Ada beberapa titik pada tubuh yang berhubungan dengan tulang belikat. Titik tersebut diantaranya berada di punggung kaki kanan atau kiri.

Ini berlokasi tepatnya pada sisi dekat engkel atau pergelangan kaki, dan punggung dekat lengan dan sepanjang tulang belakang. Pundak juga menjadi bagian yang penting untuk dipijat bila mengalami nyeri di tulang belikat.

Selain itu, ruas kedua jari kelingking sebelah kanan perlu dipijat. Titik ini mampu mengurangi nyeri punggung. 

Terapi Pijat Tulang Belikat

cara memijat tulang belikat
Source : Pexels

Setelah memahami dimana saja titik refleks, lanjutkan dengan menerapkan cara memijat tulang belikat yang benar. Ketika memijat pastikan mengikuti beberapa tips dibawah ini!

  • Pijat tubuh dalam posisi telungkup maupun duduk.
  • Pastikan posisi pijat cukup nyaman hingga membuat badan rileks dan tidak kaku.
  • Pakai minyak urut sebelum memijat guna meredakan nyeri otot dan memudahkan proses pemijatan.
  • Terapkan pijatan ringan terlebih dulu agar otot tidak tegang dan tubuh bisa beradaptasi.
  • Berikan tekanan yang konstan sesuai dengan kebutuhan.
  • Pijat pada satu titik setidaknya selama satu hingga lima menit.
  • Pijat bagian yang sakit minimal tiga kali dalam sehari, yaitu pagi, siang, dan malam hari.
  • Minum air putih minimal dua gelas usai dipijat atau teh jahe.
  • Oleskan area tulang belikat yang mengalami cedera dengan air jahe untuk mengurangi rasa nyeri.

Pins bisa menarik sikut kemudian putar ke lawan arah. Fungsinya untuk stretching sendi rusuk sebelah kanan maupun kiri sehingga rasa sakit dapat perlahan hilang. Gunakan foam roller yakni alat berbentuk panjang layaknya pipa besar.

Penggunaanya mudah, yakni dengan memposisikan alat ke area punggung. Tekuk kedua kaki lalu posisikan tangan seperti memeluk diri sendiri setelah itu goyangkan punggung ke arah kanan dan kiri.

Baca Juga:

Cara Lain Atasi Tulang Belikat Sakit

Selain melakukan pijat refleksi, ada pula cara lain untuk mengatasi tulang belikat yang sedang sakit. Cara lain yang dimaksud adalah latihan fisik. Pins bisa melakukan push up, sit up ataupun pull up.

Ini bertujuan menguatkan otot di perut dan punggung. Tidak lupa letakan kompres es di area tulang belikat. Kompres selama 15 menit selama 4 jam sekali sampai sakitnya berkurang.

Yoga dapat membantu sirkulasi otot dan persendian yang kaku. Tubuh menjadi lebih terasa nyaman. Konsumsi obat penghilang nyeri serta istirahat yang cukup. Perhatikan asupan makanan yang dikonsumsi setiap harinya.

Baca Juga:

Konsumsi Makanan Penguat Tulang Belakang

cara memijat tulang belikat
Source : Pexels

Makanan ikut turut berperan dalam menjaga tulang belakang. Adapun makan  yang mampu menguatkan tulang belakang diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Sayuran hijau, seperti sawi dan bayam.
  • Buah-buahan sitrus, seperti jeruk bali, stroberi, dan kiwi.
  • Ikan yang kaya akan minyak, seperti salmon, teri, dan tenggiri.

Ketiga makanan di atas memang kaya akan mineral, yakni kalsium, magnesium, dan vitamin K2 untuk membentuk tulang belakang. Belum lagi kandungan vitamin C pada buah sitrus yang mempercepat penyembuhan cedera otot.

Nah, itu tadi cara memijat tulang belikat serta metode lain agar proses penyembuhan lebih cepat. Jika tubuh merasa lelah dan butuh relaksasi, Pins bisa pesan layanan Massage dari Pinhome Home Service di aplikasi Pinhome.

Ada berbagai jenis pijat yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan badan Pins, ya. Download aplikasi Pinhome di sini.

Baca Juga:

Featured Image Source: Jeidopower.com

Editor: Voni Sri Wijayanti


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download