BlogHome ServiceKecantikan7 Cara Memilih Foundation dan Bedak Sesuai Warna Kulit
0
0

7 Cara Memilih Foundation dan Bedak Sesuai Warna Kulit

Dipublikasikan oleh Athiah Amida

Des 5, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Foundation dan bedak sudah menjadi rangkaian makeup esensial bagi para wanita. Terutama pada saat bepergian maupun menghadiri acara formal seperti pesta. Nah, dalam hal memilih shade foundation maupun bedak sering dianggap cukup menyulitkan bagi para pemula. Oleh karena itu, kamu bisa mencoba cara memilih foundation dan bedak sesuai warna kulit.

Bagaimana caranya? Untuk memudahkanmu dalam menemukan solusi yang tepat, yuk simak informasinya berikut ini. Terdapat 7 cara memilih foundation dan bedak sesuai warna kulit yang bisa coba kamu lakukan, Pins.

Baca juga:

Memahami Terlebih Dahulu Undertone Kulit Sendiri

Source : beautylish

Apakah kamu sudah pernah mendengar istilah undertone kulit, Pins? Berbeda dengan warna kulit, undertone kulit merupakan warna lapisan dasar kulit yang tidak terlihat langsung oleh mata. Undertone kulit terbagi menjadi 3 jenis, yaitu cool undertone, warm undertone, serta neutral undertone. 

Supaya dapat menemukan warna foundation dan bedak yang tepat, kamu perlu memahami undertone kulitmu sendiri. Kalau kamu belum tahu, cara untuk mengecek undertone adalah dengan mengecek urat nadi yang terdapat pada pergelangan tangan.

Cool Undertone

Karakteristik dari cool undertone adalah memiliki rona nadi dengan warna kebiruan atau keunguan. Untuk pemilik undertone ini paling cocok menggunakan foundation dengan warna ivory, creamy beige, true beige, spicy brown, deep bronze serta espresso.

Warm Undertone

Undertone selanjutnya adalah warm undertone. Undertone ini memiliki rona  hijau pada urat nadi. Warna produk yang cocok untuk undertone kulit yang warm antara lain light beige, classic ivory, warm nude, natural beige, golden, warm sun, dan cappuccino

Neutral Undertone

Neutral undertone adalah perpaduan dari cool serta warm undertone. Untuk undertone ini paling cocok menggunakan foundation dan bedak dengan warna natural beige, classic tan maupun warm honey.

Mengoleskan Produk di Garis Rahang ke Leher

Source : makeupgourmet

Bagi Pins yang terbiasa berbelanja makeup secara offline, kamu bisa mencoba cara yang satu ini. Biasanya brand makeup menyediakan produk tester yang bisa kamu coba terlebih dahulu. Cara untuk mengaplikasikannya adalah dengan mengoleskan foundation pada garis rahang bawah menurun ke arah leher.

Cara ini dianggap cara paling efektif dalam menemukan warna foundation yang tepat dibandingkan mengoleskannya di permukaan pipi ataupun tangan. Sebisa mungkin hindari memilih shade yang terlalu gelap, karena bisa membuat wajah terlihat kusam.

Baca juga: 18 Rekomendasi Foundation untuk Kulit Kering dan Sensitif

Mengaplikasikan Foundation di Tempat Terang

Source : 100percentpure

Terbiasa mengaplikasikan makeup di tempat dengan pencahayaan redup? Jika ya, kamu perlu meninggalkan kebiasaan ini, Pins. Terlebih jika kamu sedang memilih foundation. Mengaplikasikan foundation di tempat yang gelap bisa membuat warna foundation tidak terlihat jelas.

Untuk pengaplikasian yang dilakukan di pagi dan siang hari, kamu bisa mengandalkan pencahayaan dari sinar matahari. Sementara itu, untuk malam hari bisa dengan menggunakan bantuan lampu ataupun ringlight.

Memilih Shade 1-2 Tingkat Lebih Terang

Source : bebeautiful

Setelah mengaplikasikan tester foundation di kulit, tetapi tidak menemukan warna foundation yang pas dari brand pilihanmu? Jika kamu berhadapan dengan situasi seperti ini, pastikan untuk tidak memilih foundation dengan shade lebih gelap dari kulitmu. 

Mungkin kamu berpikiran dengan melakukannya bisa membuat warna foundation tidak terlalu bright di kulitmu. Akan tetapi, sebenarnya dengan melakukan ini malah bisa membuat kulitmu terlihat kusam, Pins. Alasannya karena setelah beberapa jam pemakaian, foundation akan mengalami oksidasi sehingga membuat warna kulit terlihat lebih gelap. Untuk itu, apabila tidak menemukan shade yang tepat, kamu bisa memilih shade warna foundation 1-2 tingkat lebih terang dari kulitmu.

Menyesuaikan Jenis Foundation

Source : Freepik

Tidak hanya dipasarkan dalam beraneka ragam varian shade, terdapat juga beragam jenis atau bentuk foundation, Pins. Bentuk foundation yang tersedia dipasaran mulai dari liquid (cair), krim, stick, serta tinted. Selain disesuaikan dengan keinginan, perbedaan jenis foundation ini bisa turut mempengaruhi daya tahan produk, lho.

Untuk foundation atau bedak dengan jenis liquid, cream, serta stick cenderung memiliki daya tahan yang lebih lama dibandingkan tinted. Ketiga jenis foundation tersebut bisa menjadi pilihan saat bepergian ataupun menghadiri acara formal. Sementara itu, untuk foundation tintend yang memiliki formulasi lebih ringan biasanya digunakan pada pemakaian makeup sehari-hari. 

Menyesuaikan dengan Jenis Kulit

Source : Freepik

Setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda-beda. Ada yang memiliki kulit berminyak, ada yang kering, dan juga ada yang normal. Jika kamu memiliki kulit yang cenderung normal to oily, pastikan menghindari produk dengan hasil akhir dewy skin. Alasannya. dengan menggunakan jenis foundation tersebut justru bisa membuat kulit semakin terlihat berminyak.

Untuk jenis kulit ini sebaiknya pilihlah foundation dengan hasil akhir matte. Sedangkan untuk jenis kulit normal to dry bisa mencari produk foundation yang disertai dengan kandungan yang melembabkan. Hindari foundation matte karena bisa semakin menonjolkan kondisi kulitmu yang kering.

Menanyakan Pendapat Keluarga ataupun Teman

Source : Freepik

Terkadang cukup sulit melihat cocok tidaknya suatu jenis makeup di wajah kita, untuk itu jangan sungkan untuk menanyakan pendapat kedua dari orang lain, Pins. Kamu bisa mencoba menanyakannya pada anggota keluarga ataupun teman dekatmu. Biasanya orang-orang terdekat tidak akan sungkan memberikan pendapat yang sejujurnya.

Baca juga: 15 Rekomendasi Cushion Terbaik Dengan Hasil Memuaskan

Nah, itulah ke-7 cara memilih foundation dan bedak sesuai warna kulit yang bisa kamu coba lakukan. Semoga informasinya bisa membantumu menemukan shade foundation dan bedak yang tepat ya, Pins.

____________________________________________________________________________________

Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.

Source Feature Image: Makeuptutorials

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download