BlogHome ServiceKecantikanKenali 10 Cara Memperbaiki Rambut Rusak Parah Disini!
0
0

Kenali 10 Cara Memperbaiki Rambut Rusak Parah Disini!

Dipublikasikan oleh Maria Talitakumi

Des 5, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Mempunyai rambut rusak pastilah membuat kesal, bukan? Banyak wanita yang mengalami hal ini, sehingga mereka pun bertanya-tanya bagaimana cara memperbaiki rambut rusak yang semakin parah.

Oleh sebab itu, pada artikel ini Pins akan menemukan 10 cara terbaik untuk merawat rambut rusak. Cara-cara yang akan Pins ketahui disini adalah cara alami, sehingga tidak akan berdampak buruk terhadap rambut. Yuk ketahui rinciannya segera berikut ini!

Baca juga: 14 Sabun Cuci Muka Wardah untuk Kulit Sensitif Buat Kamu

Penyebab Rambut Rusak

Source : Freepik

Rambut rusak dapat disebabkan oleh beberapa hal. Misalnya, terlalu sering menggunakan hairdryer atau catokan. Kebiasaan wanita untuk mewarnai rambut bisa juga menjadi masalah serius pada rambut di kemudian hari.

Dan Pins harus menyadari bahwa kerusakan rambut seringkali menimbulkan rasa yang tidak nyaman dan kurang percaya diri. Tentu saja, sebab rambut merupakan salah satu faktor penting dalam penampilan sehari-hari, baik bagi pria maupun wanita.

Nah, bagi Pins yang sedang mengalami kerusakan rambut dan ingin melakukan perawatan alami yang tepat, Pins dapat memperhatikan cara-caranya dibawah ini.

Cara Memperbaiki Rambut Rusak Parah

Source : Freepik

Selain untuk memperbaiki rambut rusak, beragam cara yang akan Pins ketahui berikut ini dapat mencegah kerusakan rambut berulang. Jadi, bagi Pins yang benar-benar ingin menjaga kesehatan rambut, simak caranya berikut ini ya.

Oleskan Minyak Alami pada Kulit Kepala

Source : Freepik

Dengan mengoleskan minyak alami ke kulit kepala dan rambut, Pins bisa mendapati rambut yang lembut dan lembap. Rambut yang kering akibat kerusakan rambut pun dapat Pins perbaiki seperti sedia kala, dan cara ini dapat merangsang pertumbuhan rambut yang sehat.

Kamu dapat melakukannya sembari memijat kepala selama 30-60 menit sebelum keramas. Jenis minyak alami yang dapat kamu gunakan adalah minyak almond, minyak zaitun, atau coconut oil. Untuk hasil terbaik, kamu juga dapat mencampurnya dengan minyak tea tree.

Kurangi Pemakaian Alat Penata Rambut

cara memperbaiki rambut rusak parah
Source : Freepik

Penggunaan alat penata rambut dapat membuat rambutmu semakin hari semakin rusak, lho. Sebab, alat penata rambut seperti pengering, pelurus, atau pengeriting, biasanya wanita gunakan dalam suhu tinggi untuk mempercepat prosesnya.

Sedangkan, paparan suhu panas untuk mempercepat proses tersebut dapat mengeliminasi kandungan minyak dalam rambut. Hal tersebut dapat mengakibatkan rambut menjadi kering, mudah rapuh, dan juga rontok berlebih.

Oleh sebab itu, Pins wajib menggunakannya dengan penuh hati-hati, dengan suhu yang tidak terlalu ekstrim. Jangan lupa untuk tidak terlalu lama menempelkan alat tersebut pada rambutmu, ya!

Baca juga: 10 Rekomendasi Cushion untuk Kulit Kering dari Local Brand

Gunakan Masker Rambut yang Alami

cara memperbaiki rambut rusak parah
Source : Freepik

Penggunaan masker rambut alami cukup efektif untuk merawat rambut rusak, lho. Selain menggunakan masker rambut alami ini, pastikan pula kamu menggunakannya secara rutin, ya.

Sebab, masker rambut alami dapat memberikan banyak manfaat, seperti mengurangi kerusakan rambut, memperkuat batang rambut, dan juga menyehatkan kulit kepala.

Masker rambut alami dapat kamu buat sendiri dengan bahan-bahan yang mudah. Seperti pisang, madu, kuning telur, alpukat, dan juga lidah buaya. Bahan-bahan tersebut pastinya mudah untuk kamu dapatkan, bukan?

Gunakan Pelindung Rambut

cara memperbaiki rambut rusak parah
Source : Freepik

Rambut sama sensitifnya dengan kulit. Oleh sebab itu, Pins disarankan untuk terus menggunakan pelindung kepala seperti topi atau payung tiap kali bepergian. Karena, paparan sinar matahari mampu membuat rambut rusak, kusam, dan juga mudah rontok.

Gunting Ujung Rambut Secara Rutin

cara memperbaiki rambut rusak parah
Source : Freepik

Menggunting ujung rambut atau trimming secara rutin mampu melindungi rambut pula, lho. Apalagi untuk kamu yang sering menggunakan alat penata rambut yang bersuhu panas. Rambut yang bercabang bisa kamu alami apabila kamu keseringan menggunakan catokan.

Memang tidak ada salahnya menggunakan catokan, atau pengering rambut. Namun, kamu harus tetap memperhatikan kesehatan rambutmu. Tidak mau ‘kan, memiliki rambut yang rusak dan sulit diatur hanya karena keseringan menggunakan catokan?

Baca juga: 18 Rekomendasi Pelembap Wajah yang Cocok untuk Kulit Sensitif

Jangan Sering Gunakan Bahan Kimia Keras

cara memperbaiki rambut rusak parah
Source : Freepik

Tak jarang wanita menggunakan bahan kimia keras untuk mewarnai rambut. Namun, bahan kimia merupakan zat yang cukup berbahaya bagi rambut. Oleh sebab itu, perawatan yang melibatkan bahan kimia tak jarang membuat rambut semakin rusak.

Sebab, bahan kimia mampu menghilangkan kelembapan alami rambut, dan juga membuat rambut menjadi lebih kusam dan rusak. Apabila memang Pins hobi mewarnai rambut, jangan lupa untuk mengaplikasikan vitamin rambut secara rutin, ya.

Berikan Asupan Nutrisi Cukup untuk Rambut

cara memperbaiki rambut rusak parah
Source : Freepik

Selain mengobati rambut, kamu juga harus mencukupi asupan nutrisi rambut. Sebab, rambut juga memerlukan nutrisi dari dalam, agar rambut dapat tumbuh sehat. Nutrisi yang mungkin sangat kamu butuhkan untuk rambut adalah protein, vitamin D, dan zat besi.

Asupan nutrisi diatas dapat kamu peroleh dari berbagai macam makanan, layaknya buah-buahan, sayuran, telur, daging tanpa lemak, ikan, kacang-kacangan, dan juga produk susu rendah lemak.

Kamu juga wajib untuk minum banyak air mineral setiap harinya, mengelola stres, dan juga menghindari cuci rambut yang terlalu sering. Ketahuilah bahwa mencuci rambut maksimal 1-2 kali sehari hanya pada saat kulit kepala terlalu terasa berminyak.

Gunakan Shampoo yang Melembapkan Rambut

cara memperbaiki rambut rusak parah
Source : Freepik

Pemilihan shampoo juga berdampak pada kesehatan rambut, lho. Cobalah untuk memilih shampoo yang dapat melembapkan rambut secara maksimal. Shampoo seperti ini biasanya mengandung ekstrak minyak alami.

Pakai Kondisioner Setelah Keramas

cara memperbaiki rambut rusak parah
Source : Freepik

Apabila shampoo lebih berfokus pada kebersihan kulit kepala, kondisioner lebih menjurus untuk melembapkan rambut. Dengan kondisioner, rambutmu yang rusak dan terasa kasar dapat diperbaiki secara menyeluruh dan maksimal.

Gunakan kondisioner secara rutin setelah keramas, dan kamu bisa mendapati rambut yang sehat, lembut, dan juga berkilau. Rambut rusakmu juga akan dapat tereliminasi secara cepat apabila kamu selalu menggunakannya sehabis keramas.

Coba Ganti Sisir

cara memperbaiki rambut rusak parah
Source : Freepik

Menggunakan jenis sisir yang bergigi jarang untuk rambutmu yang keriting atau mudah kusut dapat menjaga kesehatan rambut. Tidak hanya rambut keriting, namun rambut yang rawan kusut juga disarankan menggunakan rambut dengan gigi jarang.

Mungkin kamu juga dapat menggunakan sisir kayu untuk rambut lurusmu. Dengan sisir kayu, selain membuat rambut tidak mudah rusak, rambutmu akan dapat tetap lurus. Penampilanmu pun akan tetap terlihat menawan karenanya.

Jadi, apakah kamu siap untuk mempraktikkan cara untuk memperbaiki rambut yang rusak parah ini? Selalu ingat, kesehatan rambut nomor satu daripada styling-nya ya!

Baca juga: 8 Manfaat Santan Kelapa untuk Rambut


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download