BlogHome ServiceElektronikIni Dia Cara Memperbaiki Speaker Mati Total dengan Mudah!
0
0

Ini Dia Cara Memperbaiki Speaker Mati Total dengan Mudah!

Dipublikasikan oleh Voni Wijayanti

Des 5, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Cara memperbaiki speaker berbagai merek yang mati total tidak selalu rumit, bahkan kamu bisa memperbaikinya sendiri jika kerusakannya ringan. Hal terpenting adalah, Pins punya pemahaman mendasar tentang sistem dan cara kerja speaker aktif. Sama seperti ketika kamu membutuhkan pemahaman dasar dari PinValue untuk membeli hunian terbaik contohnya The Agathis sebagai Perumahan di Kota Depok yang terbaik.

Sebelumnya, Pins perlu tahu jika kerusakan pada speaker bisa berbeda-beda. Lantas, apa saja jenis kerusakan pada speaker, dan bagaimana cara memperbaikinya? Berikut selengkapnya!

Baca Juga: 20 Rekomendasi Speaker Bluetooth Terbaik

Apa Itu Speaker?

Source : IDN Times

Speaker adalah perangkat yang dipakai untuk mengeraskan suara. Alat ini memiliki banyak kegunaan, mulai dari konser musik hingga karaoke, home theater dan home entertainment di rumah-rumah pribadi.

Nah, yang membedakan speaker aktif dengan speaker biasa adalah adanya amplifier built-in pada speaker aktif. Di samping itu, speaker aktif memiliki komponen crossover yang membagi pita frekuensi sinyal audio menjadi rendah, mid-range, dan tinggi.

Mengingat speaker dan amplifier terhubung dalam satu unit, speaker aktif memiliki beberapa keunggulan, di antaranya:

  • Feedback negatif rendah.
  • Lebih murah dibanding speaker dan amplifier terpisah.
  • Mengurangi distorsi suara karena frekuensi tinggi dan rendah terpisah.
  • Ringkas karena tidak perlu kabel sambungan antara speaker dengan amplifiler.

Adapun harga speaker aktif bervariasi, mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Tentunya harga pasaran sesuai dengan kualitas barang maupun spesifikasi yang ditawarkan. Semakin tinggi spesifikasi dan kualitasnya, makin mahal juga harganya. Nah, karena harga speaker tidak murah, jangan langsung dipensiunkan ketika ada masalah pada speaker aktif.

Baca Juga: 8 Rekomendasi Tape Mobil Android Terbaik

Kenali Jenis Kerusakan Speaker dan Penyebabnya

Umumnya, terdapat 3 jenis kerusakan yang sering terjadi pada speaker aktif, yaitu:

Speaker Berdengung

Source : improvecaraudio

Suara berdengung dari speaker bisa disebabkan oleh elko filter power supply kering, kaki elko putus, atau solderan lepas. Masalah ini juga bisa terjadi akibat posisi trafo yang terlalu dekat dengan amplifier.

Speaker Keresek

Jika terdengar suara kemresek atau pecah, kemungkinan sumber masalahnya adalah komponen yang longgar. Ini bisa terjadi karena aus seiring pemakaian ataupun rusak karena dimakan tikus.

Speaker Mati Total

Source : IDN Times

Jika speaker di rumah mati total atau matot dan benar-benar tidak mengeluarkan suara sama sekali, biasanya sumber masalahnya ada pada aliran listrik. Namun, tidak menutup kemungkinan ada kerusakan pada komponen di dalam speaker aktif.

Untuk menemukan penyebabnya secara pasti, dibutuhkan pemeriksaan yang detail pada komponen-komponennya.

Cara Memperbaiki Speaker Aktif Mati Total

Source : Alibaba

Berikut ini beberapa langkah sederhana yang bisa kamu coba untuk memperbaiki speaker yang mati total:

Cek Steker Dan Kabel Listrik

Penyebab paling umum ketika speaker mati total adalah terputusnya aliran listrik. Itu sebabnya, langkah pertama cara memperbaiki speaker mati total adalah mengecek steker dan kabel listrik. Jika penyebab speaker aktif mati total adalah kerusakan pada komponen ini, solusinya mudah dan murah. Kamu hanya perlu menyambung kabel atau mengganti dengan steker baru.

Cek Sakelar Power ON dan OFF

Jika tidak ada masalah dengan steker maupun kabel, kemungkinan berikutnya adalah sakelar ON atau OFF. Komponen ini bisa mengalami kerusakan seiring waktu, biasanya karena terlalu panas atau karena tegangan listrik terlalu tinggi.

Kerusakan pada komponen ini mudah diidentifikasi karena sakelar yang rusak akan berubah warna. Jika kerusakan speaker cukup parah, sakelar yang berbahan plastik bahkan bisa meleleh karena terlalu panas.

Baca Juga: 11 Rekomendasi TV Box Terbaik

Cek Komponen Bagian Dalam

Apabila sumber masalahnya bukan aliran listrik yang terputus, kemungkinan speaker mati total karena kerusakan komponen. Maka, kamu mungkin perlu membongkar speaker aktif dan mengecek kinerja masing-masing komponen. Kamu akan memerlukan obeng untuk membuka bodi speaker. Pins juga akan membutuhkan multitester untuk mengecek kinerja masing-masing komponen. Komponen yang terdapat dalam speaker aktif di antaranya adalah:

Pre-Amp

Komponen ini berfungsi untuk menyeleksi sumber suara, baik itu dari mikrofon atau perangkat lain (radio, DVD, komputer, dll.). atau perangkat lain. Pre-Amp akan mengolah dan menguatkan sinyal suara kemudian mengarahkannya ke tone control.

Tone Control

Komponen ini berfungsi mengatur karakteristik frekuensi sinyal audio sehingga muncul suara berbeda. Ada bass dan treble serta pengaturan kuatnya suara bass dan treble.

Power Amplifier

Komponen ini menguatkan sinyal suara dari tone control.

Loud speaker

Komponen ini mengubah getaran listrik menjadi getaran suara. Jenis speaker bermacam-macam, mulai dari woofer, midrange, hingga tweeter dengan frekuensi dan nada yang berbeda.

Catu Daya

Komponen ini terdiri dari trafo, kapasitor, dan penyearah. Catu daya berfungsi untuk mengubah tegangan listrik PLN yang berupa arus bolak balik (AC) menjadi arus searah (DC).

Jika speaker aktif mati total, kemungkinan sumber masalahnya ada pada komponen catu daya. Lakukan pemeriksaan dengan hati-hati menggunakan multitester untuk melihat performa masing-masing komponen.

Ganti Komponen Yang Rusak

Setelah menemukan komponen yang rusak, segera ganti komponen tersebut dengan yang baru. Melakukan penggantian komponen sendiri jelas lebih murah ketimbang membeli speaker aktif baru.

Kamu bisa membeli komponen yang dibutuhkan di toko elektronik baik offline maupun online. Namun, perhatikan spesifikasi komponen dengan cermat sebelum membeli.

Pastikan komponen yang kamu beli memang kompatibel dengan speaker aktif milikmu. Sebab, komponen yang tidak kompatibel justru bisa memicu kerusakan yang lebih parah.

Jika sudah menemukan komponen yang tepat, lakukan penggantian komponen dengan hati-hati. Terakhir, pasang kembali bodi speaker seperti semula kemudian lakukan pengetesan kinerja speaker setelah diperbaiki.

Nah, itulah beberapa cara memperbaiki speaker aktif mati total dengan mudah. Kuncinya adalah melakukan perbaikan dengan teliti dan hati-hati.

Jika kamu tidak yakin, tidak ada salahnya menghubungi tukang servis yang ahli. Bagaimanapun, servis speaker aktif masih lebih murah ketimbang beli baru.

Baca Juga:

Featured Image Source: Kompas.com


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome.

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download