BlogLifestyleTeknologi3 Cara Menajamkan Foto di Photoshop
0
0

3 Cara Menajamkan Foto di Photoshop

Dipublikasikan oleh Livina Hermawan

Apr 10, 2023

8 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Jika kamu hobi fotografi, mengunggah hasil fotomu secara online adalah keputusan terbaik. Terutama jika kamu berencana untuk menjual foto tersebut. Namun, karena pembatasan resolusi di beberapa situs web, gambar yang diunggah dapat terlihat buram, meskipun resolusi aslinya sangat tajam. Untung saja, ada cara menajamkan foto di Photoshop yang bisa jadi solusi.

Beberapa platform media sosial populer seperti Instagram dan Facebook, secara otomatis akan mengurangi kualitas gambar saat diunggah agar menghemat kapasitas data. Hal inilah yang kemudian memperanguhi ketajaman hasil fotomu di media sosial.

Maka itu, di artkel ini, Pinhome akan membagikan tutorial cara menajamkan foto di Photoshop dengan mudah. Di samping itu, mempelajari cara memberikan efek sharpening di Photoshop juga berguna untuk meningkatkan tekstur gambar agar semakin clear.

Baca juga: Efek Edit Fotografer di Photoshop Agar Seperti Profesional

Foto Apa Saja yang Bisa Ditingkatkan Ketajamannya?

Sebelum mempelajari cara menambah ketajaman foto di Photoshop, kamu juga harus mengetahui seperti apa kondisi hasil fotomu. Sebab, jika hasil fotomu terlalu buram, maka sulit kemungkinan untuk mempertajam foto tersebut.

Misalnya, hasil foto yang kurang fokus atau saat kamu mengambil foto dengan jarak yang terlalu jauh. Sehingga bisa disimpulkan bahwa mempertajam foto di Photoshop dilakukan untuk proses editing yang ringan agar hasilnya bisa jauh lebih sempurna.

Nah, berikut ini adalah cara menajamkan foto yang bisa kamu coba Pins!

Cara Menajamkan Foto di Photoshop dengan Filter Smart Sharpen

Photoshop memiliki berbagai filter foto yang dapat Pins gunakan untuk memodifikasi foto. Ada dua filter yang bisa kamu gunakan untuk menajamkan foto yakni Smart Sharpen dan Unsharp Mask.

Untuk menggunakan filter Smart Sharpen, Pins harus membuka gambar yang sesuai di Photoshop. Pastikan Pins dapat melihat panel Layers di sebelah kanan. Jika tidak bisa, klik Window > Layers.

1. Cara Menajamkan Foto di Photoshop

Di panel Layers, klik kanan pada layer, kemudian pilih opsi “Duplicate Layers“.

2. Cara Menajamkan Foto di Photoshop

Tekan “OK” di jendela “Duplicate Layer” untuk mengonfirmasi.

3. Cara Menajamkan Foto di Photoshop

Dengan Duplicate Layer yang dipilih, klik menu drop down di panel Layers, lalu ubah opsi mode dari “Normal” ke opsi “Luminosity“.

Untuk menerapkan filter Smart Sharpen, klik Filter > Sharpen > Smart Sharpen.

5. Cara Menajamkan Foto di Photoshop

Di kotak opsi Smart Sharpen, centang kotak “Preview“, lalu Pins bisa mengubah berbagai opsi agar hasilnya bisa sesuai keinginan Pins sendiri.

Kemudian, atur angka di kolom “Amount” menjadi antara 100 dan 200 persen. Untuk opsi “Radius” dan “Reduce Noise“, Pins bisa tingkatkan perlahan-lahan jumlahnya menggunakan sliders yang disediakan dan perhatikan ketajaman gambar di preview saat Pins menggunakannya.

Setelah Pins merasa cocok dengan hasil preview, klik “OK” untuk menerapkan filter.

6. Cara Menajamkan Foto di Photoshop

Filter akan diterapkan ke duplicate layer. Jika Pins mau, Pins dapat menggunakan Marquee Tool untuk memilih bagian dari duplicate layer Anda untuk menghapus efek filter.

7. Cara Menajamkan Foto di Photoshop

Pada bagian-bagian gambar yang Pins dipilih, tekan tombol Delete pada keyboard untuk mengekspos bagian-bagian dari lapisan gambar asli. Ini memungkinkan kamu untuk memfokuskan ketajaman pada bagian gambar Pins dan meninggalkan sebagian aslinya.

Baca juga: 3+ Cara Mencetak Foto Atau Gambar Sangat Mudah Dipahami

Cara Menajamkan Foto di Photoshop Menggunakan Filter Unsharp Mask

Berikutnya, Pins dapat menggunakan filter Unsharp Mask sebagai alternatif filter Smart Sharpen. Ini mirip dengan Smart Sharpen, namun akan ada sedikit noise yang muncul pada gambar.

Langkah pertama, mulailah dengan gambar baru di Photoshop. Pastikan panel Layers terlihat (Window > Layers), lalu duplikat layer gambar yang ada dengan mengklik kanan layer di panel Layers danklik opsi “Duplicate Layers“.

Setelah layer diduplikasi, klik Filter > Sharpen > Unsharp Mask.

8. Cara Menajamkan Foto di Photoshop

Di kotak “Unsharp Mask “, pastikan kotak centang “Preview” diaktifkan. Selanjutnya, ubah slider sesuai kebutuhan sembari melihat preview gambar untuk melihat hasilnya.

Setelah itu, atur kolom “Amount” sekitar 50 persen dan angka “Radius” antara 1 atau dua, dan tingkatkan seiring berjalannya waktu. Pins mungkin dapat membiarkan angka “Threshold” di nol, tetapi kamu dapat meningkatkannya jika gambar Pins membutuhkan lebih banyak penajaman.

Bila preview sudah keinginan, klik tombol “OK” untuk menerapkan filter ke gambar Pins.

Seperti sebelumnya, Pins juga dapat membuat perubahan lebih lanjut pada keseluruhan gambar dengan menggunakan Marquee Tool untuk memilih bagian dari duplicate layer.

Setelah layer dipilih, tekan tombol Delete pada keyboard untuk menghapus bagian yang dipertajam dan untuk memperlihatkan layer aslinya.

Cara Menajamkan Foto di Photoshop Menggunakan Camera Raw Editor

Terakhir, Pins dapat menggunakan Camera Raw Editor untuk melakukan penajaman gamabr dari format file Camera Raw seperti RAW, NEF, atau SRW, sebelum format ini diubah ke format lain seperti JPG atau PNG.

Perlu diketahui bahwa file RAW hanya dibuat oleh kamera digital dan smartphone tertentu saat gambar diambil dan tidak terkompresi. 

Jika Pins memiliki gambar dalam format RAW, NEF, atau format file gambar tidak terkompresi lainnya, buka menu di Photoshop dengan memilih File > Open.

11. Cara Menajamkan Foto di Photoshop

Photoshop secara otomatis membuka menu pengeditan Camera Raw ketika Pins membuka file Camera Raw yang sesuai. Ini memungkinkan kamu untuk membuat banyak level dan penyesuaian filter pada gambar, termasuk menajamkannya.

Untuk mempertajam gambar, tekan ikon “Detail” di menu sebelah kiri. Ubah angka “Jumlah” untuk mengatur jumlah penajaman gamba, umumnya angka yang baik untuk memulai adalah sekitar 50 persen ke atas.

Gunakan slider Radius” untuk mengubah hasil penajaman gambar Pins dengan jumlah yang lebih rendah untuk hasil fotoyang jauh lebih halus. Biarkan sliderDetail” rendah jika Pins ingin tepi gambar tetap tajam.

Untuk sliderMasking“, biarkan pengaturan di nol untuk menerapkan tingkat penajaman yang sama pada gambar secara keseluruhan. Atau tingkatkan untuk mengubah bagian gambar Pins yang lebih banyak warna atau tekstur.

Pins juga dapat mengubah tingkat noise yang dihasilkan oleh perubahan penajaman gambar. Lebih banyak noise gambar biasanya berarti lebih sedikit detail yang dihasilkan. Kemudian, tingkatkan sliderLuminance” di atas nol, lalu gerakkan sliderLuminance Detail” untuk mengurangi tingkat noise.

Terakhir, klik opsi “Open Image” atau “Done” untuk menyelesaikan proses editing.

Perubahan akan disimpan ke file setelah Pins selesai mengedit. Jika Pins memilih opsi “Open Image“, maka Pins dapat membuat perubahan gambar lainnya.

Baca juga: 5 Cara Gabung File Foto JPG Jadi Satu (2 Atau Lebih)

Bagaimana? Mudah sekali kan melakukan editing foto agar tampak lebih tajam? Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk menambah pengetahuan Pins mengenai Photoshop. Selamat mencoba!

Editor: Sekar Ningtyas

Source feature image: Pexles


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download