BlogHome ServiceKebersihan Rumah7 Cara Mendaur Ulang Sampah Plastik yang Ada di Rumah
0
0

7 Cara Mendaur Ulang Sampah Plastik yang Ada di Rumah

Dipublikasikan oleh Nabila Zahra Hafizhah

Des 5, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Plastik memang jadi bahan yang paling populer saat ini, entah itu jadi pembungkus makanan maupun tas. Sayangnya, proses penguraian limbah plastik sangat lama hingga bisa mencemari lingkungan. Untungnya, kamu bisa menerapkan cara mendaur ulang sampah plastik guna mengurangi pencemaran lingkungan. 

Pins bisa nih mengurangi sampah plastik dengan memakainya kembali atau mendaur ulang sebanyak mungkin. Dengan begitu, sampah plastik bisa berkurang, lingkungan sekitar pun jadi lebih aman. 

Untuk itu, kamu bisa melihat beberapa cara mendaur ulang plastik di bawah ini, ya!

Cara Mendaur Ulang Sampah Plastik

Cara mendaur ulang plastik sebenarnya tidak sesulit pembuatan produk plastik baru. Walau begitu, daur ulang plastik bukan sekadar jalan-jalan di taman memungut sampah. 

Ada langkah-langkah yang patut diperhatikan ketika mendaur ulang sampah plastik, nih. Berikut cara-caranya. 

Menggunakan Wadah Plastik untuk Tempat Camilan

(BukaLapak)

Salah satu cara mendaur ulang sampah wadah plastik, seperti kopi, adalah menggunakannya sebagai tempat camilan. Tempat seperti ini biasanya memudahkan kamu menuang jenis makanan. 

Tidak hanya camilan, Pins bisa mengalihfungsikan tempat ini sebagai tempat penyimpanan gula, garam, dan produk serupa. 

Mengubah Botol Plastik untuk Menyiram Tanaman

Beberapa orang mungkin memilih mengeluarkan uang mereka untuk membeli alat penyiram bunga yang terbuat dari plastik. Faktanya, kamu bisa kok mengubah botol plastik yang ada di rumah untuk menyiram tanaman. 

Caranya pun mudah dan tidak memakan biaya yang banyak. Pastikan botol plastik tidak terisi apa pun. Lalu, buat beberapa lubang pada tutupnya. Voila, kamu sudah mendapatkan alat penyiram tanaman yang sederhana. 

Bila perlu, lepas label yang menempel pada botol plastik. Dengan begitu, tetangga sekitar tidak menganggap kamu aneh karena menuangkan deterjen. 

Baca Juga:

Dipakai Jadi Pot Bunga

Selain tanah liat, Pins bisa memanfaatkan sampah plastik sebagai pot bunga, lho. Cara mendaur ulang sampah plastik ini tidak sulit, kok. Berikut langkah-langkahnya:

  • Lubangi bagian bawah wadah plastik agar air tetap mengalir. 
  • Pilih botol berukuran besar untuk memberikan media tanam yang cukup besar. 

Memakai Botol Plastik sebagai Celengan

(

Mendaur ulang plastik dengan lebih dari satu cara etntu bisa menghemat uang kamu. Pins juga bisa memakai botol plastik sebagai celengan uang receh, nih

Pertama-tama, cuci sampah botol plastik yang tersedia dan cat seluruh botol agar isinya tidak terlihat. Namun, kamu bisa membiarkan bagian ini tetap transparan untuk melihat kemajuan tabungan uang. 

Membuat Mainan dari Botol Sampo

Mendaur ulang sampah plastik ternyata tidak hanya menyenangkan bagi orang dewasa, melainkan juga anak-anak, lho. Kamu bisa menghibur mereka dengan membuat mainan dari botol sampo yang sudah habis. 

Metode ini tentu memiliki berbagai cara agar selesai. Jadi, gunakan kreativitas kamu dan anak untuk melukis, menempel, dan merekatkan berbagai elemen pada bagian luar botol. 

Menganyam Plastik Jadi Tas Belanja

Beberapa minimarket memang sudah tidak lagi menyediakan plastik untuk membungkus belanjaan kamu. Sebagai gantinya, kamu harus membawa tas belanja sendiri. 

Alih-alih membelinya, kamu bisa kok memanfaatkan plastik untuk tas belanja yang bisa digunakan berulang kali. Anyaman plastik yang menghasilkan tas belanja memang kini sudah cukup populer. 

Jadi, Pins bisa mulai mencari plastik-plastik bekas yang ada di rumah dan mulai menganyamnya. Alhasil, tas belanja dengan penampilan yang unik pun bisa kamu pakai, deh

Baca Juga: 13 Cara Membersihkan Rumah yang Efektif

Mengirim Sampah ke Bank Sampah

Bila cara mendaur ulang yang disebutkan lebih mengalihfungsikan plastik jadi barang yang berguna, kamu sebenarnya masih bisa membuang sampah ini. Hanya saja, kamu sangat disarankan untuk tidak langsung membuangnya. 

Walaupun sudah dipisahkan berdasarkan jenisnya, sampah anorganik dan organik masih sering digabung di tempat sampah pembuangan akhir. Bila kamu sudah terbiasa memisahkannya di rumah, sebaiknya kirim sampah plastik ke bank sampah, ya. 

Proses Daur Ulang Sampah Plastik

Setelah mengetahui apa saja cara mendaur ulang sampah plastik, tidak ada salahnya memahami bagaimana proses tersebut berjalan, bukan?

Pengumpulan

Langkah pertama dalam proses daur ulang adalah mengumpulkan limbah-limbah dari rumah. Ini biasanya dilakukan oleh pemerintah atau perusahaan swasta. 

Pilihan lain adalah membawa plastik ke tempat pengumpulan, seperti tempat sampah atau fasilitas daur ulang yang sudah disediakan. 

Memilah-milih

Cara mendaur ulang sampah plastik selanjutnya adalah menyortir yang perlu dipisahkan satu sama lain. Plastik biasanya dapat dipisahkan berdasarkan warna, ketebalan, dan penggunaan. 

Ini biasanya dilakukan oleh mesin pabrik daur ulang dan penting untuk meningkatkan efisiensi pabrik. 

Mencuci limbah

Mencuci limbah merupakan langkah penting dalam proses daur ulang plastik. Pasalnya, tahapan ini menghilangkan beberapa kotoran yang dapat menghambat proses atau benar-benar merusak kumpulan plastik daur ulang. 

Menghancurkan sampah

(Pixabay)

Jika sudah dicuci, plastik akan dimasukkan ke mesin penghancur untuk dijadikan potongan yang lebih kecil. Memecah potongan plastik menjadi lebih kecil memungkinkan kotoran yang tersisa dapat ditemukan. 

Mengidentifikasi dan memisahkan plastik

Pad tahap ini, potongan plastik diuji kelas dan kualitasnya. Pertama, sampah ini dipisahkan berdasarkan tingkat ketebalan dengan menjalankan tes khusus. 

Proses daur ulang

Terakhir, partikel plastik yang dirobek diubah menjadi produk yang bisa digunakan kembali. Plastik robek dilebur dan dihancurkan bersama-sama membentuk pelet. 

Hanya saja, produsen tidak selalu menggabungkan semua jenis dan kualitas plastik di satu pabrik. 

Nah, itu tadi beberapa cara dan proses mendaur ulang sampah plastik, baik yang dilakukan di rumah maupun pabrik khusus. Dengan menerapka cara ini, kamu berkontribusi terhadap lingkungan yang lebih sehat dan bersih, Pins. 

Baca Juga: Penting! Kenali Ciri-Ciri Deterjen Ramah Lingkungan


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.

Source Feature Image: Pixabay

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download