BlogLifestyleGadget3 Cara Mendownload Google Classroom Di Laptop, Mudah Banget!
0
0

3 Cara Mendownload Google Classroom Di Laptop, Mudah Banget!

Dipublikasikan oleh M. Agung Septyanto dan Diperbarui oleh Voni Wijayanti

Mei 29, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Sejak pandemi, beberapa instansi pendidikan menggunakan Google Classroom sebagai media pembelajaran daring. Namun, apakah Pins tau cara mendownload Google Classroom di laptop?

Aplikasi Google Classroom dapat digunakan untuk menyederhanakan tugas, meningkatkan kolaborasi, dan mendorong komunikasi antar individu. Sementara itu, ada beberapa fitur yang tersedia di Google Classroom yang bisa Pins manfaatkan seperti Gmail, Google Documents (docs), dan Google Calendar

Sebelum mengetahui cara mendownload Google Classroom di laptop, Pins harus mengetahui beberapa fitur lain yang ada di Google Classroom. Maka dari itu, yuk kita simak bersama-sama!

Baca juga:

Fitur-Fitur Google Classroom

Begitu banyak fitur yang disediakan oleh Google Classroom. Tujuannya pun beragam, ada yang berfungsi untuk diskusi virtual, fitur meeting online, pengumuman tentang tugas, dan lain sebagainya.

Untuk itu, Pins harus memperhatikan fitur ini supaya bisa memahami lebih lanjut sebelum melakukan install Google Classroom di laptop. Berikut merupakan fitur-fitur yang disediakan:

Fitur Diskusi Virtual/ Online Bersama Guru dan Siswa

Pada Google Classroom memungkinkan guru untuk mengundang siswa untuk berpartisipasi dalam berbagai diskusi berbasis pertanyaan.  Terdapat fitur komentar yang bisa digunakan dalam berdiskusi interaktif dimana guru juga memiliki kesempatan untuk memberikan feedback kepada siswa. 

Selain itu, siswa-siswa juga dapat mempertimbangkan diskusi lain dari postingan dan komentar teman sekelasnya. 

Fitur Meeting Online Yang Dapat Diakses Guru dan Siswa

Fitur lain yang tersedia di Google Classroom adalah bergabung dengan kelas online atau meeting online melalui Google Meet. Guru dapat mengundang hingga 250 siswa ke panggilan Hangouts dan para pengguna baik siswa dan guru dapat melakukan streaming secara langsung.

Kelas online yang diadakan juga bisa direkam supaya bisa ditonton kembali ataupun bagi siswa yang berhalangan untuk hadir. 

Pengumuman Tentang Tugas Yang Diberikan

Guru dapat menggunakan fitur Announce atau pengumuman untuk memberikan info terbaru mengenai pembelajaran, tugas, kuis, dan yang lainnya.  Pengumuman itu sendiri hanyalah sebuah postingan tanpa aktivitas atau tugas yang dirancang untuk mengingatkan siswa tentang deadline, ujian, atau sekedar mengingatkan tugas. 

Guru dapat dengan mudah menjadwalkan pengumuman dan mengontrol balasan serta komentar pada setiap postingan pengumuman yang dibuat dengan mudah. 

Pemberian Tugas Online Untuk Siswa Dari Guru

Guru dapat membuat aktivitas pembelajaran (tugas) menggunakan konten pembelajaran seperti video YouTube, survey Google Forms,  dan akses PDF dari Drive. Siswa juga dapat mengunggah hasil kegiatan belajar (tugas) secara berkelompok yang diwakili satu orang ataupun secara individu.

Selain itu, guru dapat memberikan kegiatan pembelajaran (tugas) secara langsung atau menjadwalkan kegiatan pembelajaran (tugas) pada hari-hari tertentu. 

Menggunakan Sistem Ambil Nilai Untuk Siswa

Guru dapat memilih sistem penilaian dan membuat kategori nilai. Jika guru ingin siswa memiliki akses ke nilai keseluruhan, mereka dapat memilih salah satu dari sistem berikut:

  • Penilaian Poin Total: Bagi poin total yang diperoleh peserta didik dengan poin maksimum.
  • Dibobot berdasarkan Penilaian Kategori: kategori nilai diberi bobot. Skor rata-rata setiap kategori nilai dihitung dan dikalikan dengan bobot nilai untuk memberi nilai keseluruhan dari 100%,
  • Tidak ada nilai keseluruhan: Ketika guru memilih untuk tidak menilai siswa.

Setelah Pins mengetahui fitur-fitur yang ada di Google Classroom, berikut cara menginstall Google Classroom di laptop. Yuk kita simak bersama-sama!

Cara Mendownload Google Classroom di Laptop

Setelah Pins menyimak fitur-fitur yang ada di Google Classroom, berikut ini merupakan 3 cara mendownload Google Classroom di laptop untuk mempermudah kamu mengakses fitur-fitur tersebut. Yuk perhatikan tutorial dibawah ini!

Cara Mendownload Google Classroom di Laptop Melalui LD Player

Source : ldplayer.net

Salah satu cara download aplikasi Google Classroom di laptop adalah melalui emulator LD Player.

Cara mendownloadnya pun sangat mudah, untuk itu Pins perlu menyimak beberapa langkah berikut ini. 

  • Buka emulator LD Player. Apabila Pins belum memilikinya, kamu bisa download lalu install LD Player pada laptop kamu dengan pencarian kata kunci “download LD Player For PC”.
  • Ketika LD Player telah terbuka, cari ikon Google Play Store lalu klik.
  • Apabila Pins sudah membuka Google Play Store di LD Player, kamu bisa langsung mengetik Google ClassRoom di mesin pencarian Google Play Store di paling atas.
  • Selanjutnya, klik ikon aplikasi Google Classroom yang telah Pins cari.
  • Lalu klik install pada sebelah kanan tulisan Google Classroom untuk install Google Classroom di laptop lalu tunggu beberapa saat hingga telah terpasang pada LD Player.
  • Selesai.

Setelah Pins menyelesaikan instalan Google Classroom di LD Player, kamu tinggal membuka aplikasi tersebut dan hubungan ke akun google kamu untuk mengakses kelas yang telah diterima sebelumnya. 

Cara Download Google Classroom di Laptop Melalui Extension

chrome.google.com/webstore

Jika Pins tidak ingin mengalami kesulitan mengunduh LD Player atau menghindari laptop ngelag karena tidak memiliki laptop dengan RAM 8GB, ada cara alternatif lain yang bisa kamu coba. 

Kamu dapat dengan mudah mengikuti cara download Google Classroom di laptop menggunakan extension Google Chrome dengan mudah.

  • Buka Chrome Web Store yang ada di browser Google Chrome.
  • Setelah membuka Chrome Web Store, langsung ketik Google Classroom di tab search bagian atas kanan.
  • Selanjutnya Pins perlu mengklik ikon Google Classroom di hasil pencarian Chrome Web Store
  • Selanjutnya klik add to Chrome untuk menambahkan Google Classroom pada Chrome kamu.
  • Selesai.

Pins sudah berhasil mendownload extension Google Classroom di browser Chrome kamu sebagai alternatif lain dari menggunakan aplikasi LD Player.

Baca juga: 15 Rekomendasi Laptop 15 Jutaan Untuk Bisnis Spek Dewa

Cara Download Google Classroom di Laptop Melalui Shortcut Web

Cara yang terakhir ini merupakan cara yang paling mudah karena Pins tidak perlu mengeluarkan tenaga lebih untuk mengunduh aplikasi lain. Pins hanya perlu mengakses dari kolom pencarian web dengan kata kunci Google Classroom untuk segera ke website nya. Namun, jika kamu tak ingin ribet membuka peramban atau browser dan mengetikkan link tersebut, ada cara shortcut yang bisa dicoba.

Melalui cara ini, ikon shortcut Google Classroom akan terpasang pada tampilan layar komputer sehingga memudahkan pengguna menjalankan programnya. Berikut langkah-langkah cara download Google Classroom untuk laptop melalui shortcut web.

  • Buka browser kamu dan ketik pada kolom pencarian Google Classrom
  • Jika berhasil memuat laman, alamat email Pins akan ditampilkan di layar.
  • Jika alamat email yang kamu gunakan dengan Google Classroom sudah benar, klik ‘Lanjutkan’.
  • Kemudian klik menu titik tiga di bagian kanan atas layar.
  • Klik menu ‘Fitur Lainnya’, kemudian klik ‘membuat pintasan’.
  • Notifikasi Pop-up akan muncul di layar laptop Pins untuk mengkonfirmasi permintaan kamu membuat shortcut Google Classroom. Centang ‘Buka sebagai jendela’ lalu tekan ‘buat’.
  • Kemudian tutup semua browser dan kembali ke tampilan layar Windows.
  • Ikon shortcut Google Classroom pun sudah bisa digunakan seperti aplikasi yang terinstall di laptop. 

Dengan demikian, ketika Pins ingin membuka dan menjalankan program Google Classroom, kamu hanya tinggal mengklik dua kali ikon shortcut tersebut. 

Itulah cara mendownload Google Classroom di laptop yang perlu Pins ketahui, ada 3 cara yang bisa kamu gunakan dan semuanya mudah sekali bukan?

Selain berguna untuk proses belajar mengajar, kamu juga bisa menggunakan Google Classroom untuk kepentingan lainnya seperti pekerjaan dan lain-lain. Fitur-fitur yang ada di Google Classroom juga sangat berguna dan menarik lho. Semoga artikel ini membantu kamu yah Pins!

Featured Image: classroom.google.com


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Perumahan Precium Kebayoran Baru dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download