BlogLifestyle5 Cara Menentukan Ide Pokok Paragraf Dengan Mudah!
0
0

5 Cara Menentukan Ide Pokok Paragraf Dengan Mudah!

Dipublikasikan oleh Voni Wijayanti dan Diperbarui oleh Voni Wijayanti

Apr 14, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
cara menentukan ide pokok paragraftop-right-banner

Pins sering kebingungan ketika membaca paragraf yang begitu panjang untuk menentukan ide pokoknya? Kamu ternyata bisa dengan mudah melakukan cara menentukan ide pokok paragraf pada suatu tulisan teks. Hal yang membedakan pada setiap paragraf atau tulisan yaitu letak ide pokok yang berbeda-beda. sebagian berada di awal paragraf, tengah, atau akhir paragraf.

Ketiga tempat yang dijelaskan tersebut merupakan lokasi dari ide pokok paragraf yang biasanya tertera pada suatu tulisan. Namun cara mencari ide pokok paragraf tentu tidak mudah Pins, kamu harus memperhatikan beberapa hal dasar untuk menentukannya. Berikut langkah mudahnya!

Cara Menentukan Ide Pokok Paragraf

Dalam Bahasa Indonesia, terdapat beberapa aturan dan cara tersendiri untuk mencari ide pokok paragraf pada suatu teks cerita atau penjelasan. Pins bisa menemukannya dengan memperhatikan hal berikut!

Menandai Informasi Penting Dalam Suatu Paragraf

Source : Tribun

Didalam suatu paragraf selain ide pokok tentunya juga terdapat kalimat lain yang mendukung ide pokok paragraf tersebut. Untuk menentukan mana yang merupakan ide pokok paragraf ternyata terdapat cara mudahnya. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengumpulkan kalimat atau kata yang mengandung sebuah informasi penting di dalam paragraf tersebut. Dengan begitu, Pins bisa menemukan inti dari pembahasannya.

Mengambil Kalimat Pertama

Source : Tribun

Langkah Ini merupakan salah satu ciri dari paragraf deduktif. Dimana paragraf deduktif merupakan paragraf yang ide pokoknya terletak di bagian paling awal sebuah paragraf. Merupakan salah satu metode yang cukup mudah dilakukan untuk mencari ide pokok dalam suatu paragraf.

Contohnya, “Bunga mawar memiliki rupa yang Indah. Bunga mawar bahkan dijadikan lambang cinta dikarenakan keindahannya tersebut. Tidak jarang banyak orang yang memberi hadiah kepada pasangannya dengan bunga mawar. Dengan bunga mawar ini suasana akan terkesan romantis, selain terlihat indah dalam bentuk karangan bunga, bunga mawar ini juga sudah terlihat indah meskipun hanya setangkai.” Ide pokok dari paragraf deduktif tersebut adalah “Bunga mawar adalah bunga yang indah.”

Mengambil Kalimat Akhir

Source : Bola.com

Selain terletak di bagian awal sebuah paragraf, ada juga paragraf dengan sifat induktif. Dimana Paragraf Induktif ini merupakan jenis paragraf yang memiliki ide pokok terletak di bagian kalimat paling akhir pada paragraf tersebut. Cara menentukan ide pokok paragraf Ini tidak jauh berbeda dengan cara jenis yang di atas. Cukup melihat bagian akhir paragraf untuk menentukan ide pokok tersebut.

Contohnya, “Setiap hari banyak kendaraan yang melalui jalanan ini. Mereka yang melalui jalan ini biasanya adalah orang orang yang memiliki pekerjaan di wilayah jakarta, tidak hanya kendaraan kecil seperti mobil, tidak jarang ada bus dan truk juga melalui jalan ini. Kejadian ini disebabkan karena wilayah di jalanan ini terbilang strategis. Maka dari itu, Jalan penghubung Banten dan Jakarta ramai dilalui kendaraan bermotor.” Ide Pokok Paragraf tersebut adalah “Jalan penghubung Banten dan Jakarta ramai dilalui kendaraan bermotor.”

Baca juga:

Menentukan Ide Pokok Paragraf Campuran

Source : Harian Haluan

Selain terletak di bagian awal dan akhir, ada juga paragraf yang memiliki ide pokok terletak di bagian depan dan akhir kalimat. Dengan begitu Pins harus menggabungkan kedua kalimatnya tersebut. Paragraf dengan ide pokok di depan dan belakang ini disebut sebagai Ide Pokok Paragraf Campuran. Contoh paragraf induktif dan contoh ide pokok paragraf induktif:

“Olahraga sangat berguna untuk tubuh manusia. Dengan melakukan olahraga, tubuh manusia akan menjadi sehat dan tetap prima. Dengan tubuh yang sehat hal tersebut akan menjadikan kita terhindar dari berbagai penyakit, sehingga kita tetap bisa melakukan aktivitas sehari hari tanpa terganggu oleh penyakit dan virus.

Dengan tubuh yang sehat dan kuat akan membuat kita memudahkan bekerja sehari hari dan menggapai mimpi mimpi kita.Karena itulah, Olahraga merupakan kegiatan yang penting dilakukan secara rutin.” Dengan begitu, ide pokoknya adalah “Olahraga sangat berguna bagi tubuh manusia”

Menentukan Dari Simpulan Paragraf

Source : Tirto

Jenis yang satu ini merupakan salah satu langkah yang cukup membutuhkan ketelitian dan perlu kecermatan untuk menentukan ide pokok paragrafnya. Di dalam paragraf yang memiliki ide pokok dari simpulan tidak terlihat jelas yang mana ide pokok paragraf tersebut. Berbeda dengan jenis teks deskripsi yang mudah dipahami, untuk menentukan ide pokok paragraf Pins harus membaca keseluruhan kalimat yang ada dan memahaminya baik baik. Setelah itu, barulah bisa disimpulkan bagian ide pokoknya. Contohnya:

“Budi dapat menyelesaikan soal fisika dengan tepat dalam waktu yang singkat. Budi juga bisa menyelesaikan soal fisika yang sangat sulit dengan sangat mudahnya. Sering kali guru Budi meminta Budi untuk mewakili perlombaan di Fisika antar sekola. Budi juga memiliki prestasi yang sangat membanggakan yaitu juara 1 Nasional olimpiade fisika.” Ide pokoknya adalah “Budi pintar dalam hal fisika.”

Itulah beberapa cara menentukan ide pokok paragraf yang bisa Pins lakukan dengan mudah. Berdasarkan dari jenisnya, Pins perlu membacanya dengan lebih jeli untuk menemukan lokasi dari ide pokok tersebut. Selamat mencoba!

Baca juga:

Featured image source: Tribun


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Perumahan Alia Regency dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download