BlogLifestyleKecantikanCara Menetralkan Wajah Sebelum Ganti Skincare
0
0

Cara Menetralkan Wajah Sebelum Ganti Skincare

Dipublikasikan oleh   dan Diperbarui oleh Syahya Rembulan

Okt 20, 2021

5 menit membaca

Copied to clipboard
cara menetralkan wajahtop-right-banner

Banyak orang memiliki kegemaran dalam bergonta-ganti skincare. Tentunya ada konsekuensi yang ditimbulkan. Nah, jika kamu gemar melakukan hal tersebut, ada beberapa hal yang perlu dilakukan, salah satunya adalah menetralkan wajah.

Tujuan dari menetralkan wajah sebelum mengganti skincare, tak bukan demi menjaga ketenangan kulit kalian. Jika hal tersebut tidak dilakukan, bisa-bisa justru akan menyebabkan breakout.

Skincare merupakan produk yang digunakan untuk merawat kulit hampir seperti obat untuk tubuh. Namun, tak jarang juga memiliki dua fungsi sekaligus yaitu merawat dan memperindah kulit.

Karena setiap orang memiliki kulit yang berbeda, maka skincare yang digunakan juga berbeda tergantung pada respon kulit. Nah berikut ini beberapa tahapan dalam cara menetralkan wajah saat ingin ganti produk skincare ataupun kosmetik.

Baca juga: Ketahuilah Cara Menghilangkan Komedo Hitam Secara Alami

Cara Menetralkan Wajah

Lakukan Secara Perlahan

Saat kamu ingin mengganti produk skincare atau kosmetik yang kamu miliki dan sudah kamu pakai untuk waktu yang lama, gantilah dengan cara perlahan, yaitu dengan mengurangi intensitas penggunaannya.

Jika biasanya kamu menggunakan produk tersebut dua kali dalam sehari dan rutin selama satu minggu, maka mulailah dengan menggunakannya dua kali sehari dan hanya tiga kali dalam seminggu.

Lakukan bertahap, hingga akhirnya kulit wajahmu menjadi terbiasa. Tapi tetap perhatikan kebersihan dan kesehatan kulitmu juga ya!

Tetap Rajin Bersihkan Wajah

cara menetralkan wajah

Ketika ingin menetralkan wajah, kamu akan menggunakan lebih sedikit skincare atau kosmetik yang berarti perawatan terhadap wajah kamu juga tidak semaksimal biasanya. Kamu harus menyeimbanginya dengan tetap rutin membersihkan wajahmu.

Cuci wajah minimal dua kali sehari dalam kurun waktu 1-30 detik saja. Mencuci wajah terlalu sering dan terlalu lama dapat membuat wajah menjadi kering atau bahkan bisa berakibat iritasi.

Baca juga: 15 Brand Masker Wajah yang Ampuh Buat Mulus

Perbanyak Minum Air Putih

cara menetralkan wajah

Selain tetap menjaga kulitmu dari luar, kamu juga butuh menjaga kulitmu dari dalam, yang salah satunya dengan minum air putih yang cukup. Hampir semua proses biologis yang terjadi dalam tubuh manusia melibatkan air didalamnya.

Sehingga ketika kebutuhan air pada tubuhmu tercukupi, proses-proses biologis yang sedang berlangsung dalam tubuhmu dapat berjalan lancar. Hal ini dilakukan untuk menjaga kulit agar ketika terjadi masalah saat proses penetralan seperti timbulnya jerawat, kulit tetap terhidrasi dan mampu melakukan proses pemulihan dengan lebih cepat.

Baca juga: 12 Toner Untuk Kulit Berjerawat

Ingredients Check

cara menetralkan wajah

Saat kamu menetralkan kulit wajahmu karena kamu ingin berganti produk skincare, kamu dapat memastikan terlebih dahulu komposisi yang terdapat pada skincare atau kosmetik barumu. Pastikan tidak ada komposisi yang berbahaya atau terlarang.

Selain itu, pastikan juga tidak ada komposisi yang akan membuat kulitmu alergi, dan pastikan apakah komposisinya tidak akan bereaksi negatif saat digunakan bersamaan dengan produk skincare milikmu. Jika pelu, periksa BPOM kosmetik atau skincare yang digunakan untuk mengetahui keasliannya.

Lihat Respon Kulit

cara menetralkan wajah

Saat menetralkan wajahmu dari sebuah produk skincare, atau bahkan beberapa rangkaian skincare. Kulit kalian tentu akan tetap merespon. Respon yang timbul pada setiap kulit pun berbeda-beda.

Kulit yang biasa dirawat, diberi serum atau pelembab, kemudian dihentikan penggunaannya maka akan berubah. Kamu bisa mengatasinya dengan mencoba produk baru sembari meninggalkan produk yang lama.

Gunakan secara selang-seling dengan intensitas ringan. Jika khawatir, kamu dapat mencobanya dengan cara mengaplikasikan produk barumu di kulit leher, dibawah telinga, tunggu hingga 24 jam lihat reaksi kulitmu.

Apabila kulitmu memberikan reaksi negatif seperti timbul jerawat, atau gatal yang mengganggu dalam waktu lama, atau bahkan iritasi. Sebaiknya kamu dapat menghentikan penggunaan dan mencari produk lain atau kembali ke produk lama.

Baca juga: Skincare Cetaphil | Perawatan Aman, Sehat dan Teruji

Kesimpulan

Sebuah produk skincare memiliki aturan waktu penggunaan. Terdapat batas aman penggunaan dan bahkan anjuran untuk setiap jenis kulit agar tidak menimbulkan reaksi negatif saat digunakan.

Cocok tidaknya sebuah skincare terhadap kulit, bisa dilihat dengan pemakaian minimal 24 jam hingga 4 minggu. Pada dasarnya penggunaan skincare adalah trial and error, kamu bisa tahu apakah produk itu cocok untuk kulitmu atau tidak hanya dengan mencobanya.

Tapi hal ini juga bisa kamu permudah jika sedari awal kamu paham seperti apa jenis kulitmu, seperti apa masalah kulit yang sedang kamu miliki, dan komposisi apa yang dapat menimbulkan reaksi negatif.

Nah, itulah beberapa tahapan dalam cara menetralkan kulit wajah, semoga bisa membantumu. Oke, sekian dulu tulisan kali ini, jumpa lagi di artikel selanjutnya ya, Pins!

Baca juga:


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download