BlogLifestyleCara Mengatasi Akun Shopee Gagal Login (F02): Akun sedang ditinjau
0
0

Cara Mengatasi Akun Shopee Gagal Login (F02): Akun sedang ditinjau

Dipublikasikan oleh Mahardhika Gilang

Apr 11, 2023

3 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Bagaimana cara mengatasi tidak bisa masuk akun Shopee muncul keterangan gagal login (F02)? Bagaimana cara mengembalikan akun Shopee yang tidak bisa diakses? Shopee memblokir akses akun pengguna jika ada hal yang mencurigakan, itu bisa jadi tindakan yang dilakukan oleh pemilik akun itu sendiri, atau ada orang lain yang mencoba memanfaatkan akun pengguna. Lalu apakah akun Shopee yang diblokir bisa dibuka kembali?

Sebenarnya ini adalah lanjutan dari postingan tentang penipuan undian berhadiah Shopee.  Anda bisa baca di https://warga62.com/waspada-penipuan-shopee-modus-undian-berhadiah/. Pada waktu itu, akun Shopee saya tidak bisa diakes, karena ada orang yang mencoba mengakses akun Shopee saya. Orang itu berniat menipu saya, mengambil saldo Shopeepay saya, dan mencoba mengambil alih akun Shopee saya.

Namun, sebelum akun Shopee saya diambil alih oleh menipu, saya sudah mengubah PIN Shopeepay saya, meski saya sudah kehilangan saldo Shopeepay saya. Tak lama setelah saya mengubah PIN Shopeepay, akun saya diblokir, saya tidak bisa masuk ke akun Shopee, dan ada keterangan \”Gagal Login (F02)\”. Alasannya adalah karena alasan keamanan atau ada aktivitas yang melanggar  Peraturan Komunitas Shopee.

Memang kalau dipikir-pikir, pemblokiran tersebut berguna untuk melindungi akun Shopee pengguna, sehingga kalau saya merasa tidak melakukan kesalahan, harusnya saya tidak usah takut bakal kehilangan akun. Tapi, karena panik, tentu takut hal itu terjadi. Toko di Shopee yang sudah saya bangun dengan susah payah, masa harus begitu saja lenyap atau berpindah ke orang lain.

Lalu apa yang saya lakukan untuk mengatasi gagal login (F02) di Shopee?
Jika Anda mengalami hal yang sama, Anda bisa menghubungi CS Shopee di nomor telepon 1500702 atau (021) 39500300. Ceritakan kronologi kejadian sebelum akun Anda tidak bisa diakses. Kalau Anda meneleponnya pakai HP, sediakan pulsa minimal 10.000, lebih banyak lebih bagus.

Jika Anda melakukan panggilan telepon ke nomor tersebut, Anda tidak secara otomatis diarahkan ke CS Shopee, harus menekan angka sesuai petunjuk yang ada. Agar tidak membuang-buang pulsa, supaya lebih cepat diarahkan ke CS Shopee, silakan tekan 1 2 0 1 0, tekan secara perlahan satu persatu.

Setelah tersambung dengan CS Shopee, biasanya penelepon diminta untuk menyebutkan username Shopee. Penelepon juga diminta menyebutkan nama, alamat lengkap, dan nomor HP untuk mencocokkan data yang ada di Shopee.

Jelaskan kronologi kejadian sebelum akun Shopee Anda diblokir. Kalau dalam kasus saya, ada orang yang mengaku dari pihak Shopee mengabarkan kepada saya kalau saya mendapatkan cashback, dengan syarat harus mengisi saldo Shopeepay.

Anda juga diminta untuk menyebutkan alamat email yang bisa dihubungi, lebih bagus kalau alamat email yang digunakan sama dengan yang dimasukkan di akun Shopee.

Setelah menjelaskan kepada CS Shopee, kemudian CS Shopee akan membuat laporan untuk disampaikan ke bagian terkait. Tunggu pihak Shopee melakukan investigasi terhadap akun Anda. Tunggu sampai 3 hari. Cek email secara berkala. Jika terbukti tidak melanggar aturan Shopee, akun Anda bisa kembali. Kalau dari pengalaman saya, tidak sampai 24 jam beres, akun Shopee saya sudah bisa dibuka kembali. Jika akun sudah terbuka, sebaiknya ganti kata sandi dan PIN Shopeepay.

Jika sudah 3 hari masih belum ada perubahan, atau bahkan 1 minggu lebih tapi akun tetap masih tidak bisa diakses, hubungi lagi CS Shopee.

Anda juga bisa mengubungi Shopee lewat email di help@support.shopee.co.id.

Usahakan untuk berhati-hati dalam mengakses Shopeepay. Untuk menggunakan Shopeepay, sebaiknya lewat aplikasi yang ada di HP atau tablet, bukan lewat emulator Android di PC / laptop. Meski yang melakukannya adalah pemilik akun itu sendiri, namun bisa saja sistem Shopee mendeteksi kalau itu adalah tindkakan yang merugikan.

Pemblokiran sepeti itu adalah untuk melindungi akun penjual, sehingga kalau ada orang lain yang menyalahgunakan akun Anda, Shopee bisa dengan segera membatasi tindakan orang itu sehingga pengguna tidak dirugikan lebih jauh lagi.

Masalahnya adalah ketika saldo Shopeepay sudah hilang, ini bisa kembali, bisa juga tidak. Tidak ada jaminan saldo Shopeepay yang hilang bisa kembali. Apabila penipu menggunakannya untuk membeli produk fisik, di mana jika pesanan dibatalkan, maka dana tidak akan diteruskan ke penjual, ini sangat mungkin saldo Shopeepay bisa kembali. Kalau dalam kasus saya, saldo Shopeepay saya tidak bisa dikembalikan. Ada pengguna yang kehilangan sampai jutaan rupiah.

Itulah cara mengatasi akun Shopee yang diblokir, di mana saat login muncul keterangan Gagal Login (F02). Apakah Anda pernah mengalami hal yang sama? Anda bisa menceritakannya lewat kolom komentar.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download