BlogLifestyleHewan PeliharaanCara Mengatasi Cucak Ijo Over Birahi Dengan Cepat
0
0

Cara Mengatasi Cucak Ijo Over Birahi Dengan Cepat

Dipublikasikan oleh Mega Puspita Ratna dan Diperbarui oleh Syahya Rembulan

Apr 6, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
cara mengatasi cucak ijo over birahitop-right-banner

Cara Mengatasi Cucak Ijo Over BirahiCucak Ijo atau yang juga dikenal dengan sebutan cica daun merupakan salah satu jenis burung kicau yang tergolong ke daftar burung yang dilindungi.

Namun, hal tersebut tidak menyurutkan para kicau mania dalam merawat burung terbaik dalam menirukan suara masteran burung ini. Dalam merawat burung Cucak Ijo sering terjadi masalah, salah satunya adalah masalah Cucak Ijo over birahi.

Banyak cara yang di lakukan oleh para kicau mania di luar sana untuk menjadikan burung kicau mereka khususnya burung Cucak Ijo agar dapat tampil maksimal di lapangan lomba.

Dari sekian banyak cara yang di terapkan untuk burung kicau agar dapat tampil maksimal tentunya sangat di kamingkan jika burung kicau tersebut bukanya tambah lebih baik di lapangan, namun justru sebaliknya.

Salah satu contoh yang paling umum ditemui adalah kebanyakan para pecinta burung kicau sangat gemar membawa burung kicaunya ke tempat-tempat latber atau lomba burung kicau. Bahkan bisa sampai seminggu 2 kali dalam seminggu dengan dalih melatih mental burung.

Penyebab Burung Cucak Ijo Over Birahi

cara mengatasi cucak ijo over birahi

Dengan terlalu padatnya jam terbang burung kicau tersebut di bawa ke tempat latber atau lomba, maka semakin besar peluang burung kicau tersebut mengalami yang namanya over birahi karena burung ini bukan tipikal burung petarung sejati.

Burung Cucak Ijo pada umunya mudah sekali mengalami jatuh mental akibat beberapa faktor yang bisa saja menjadi penyebab burung cucak ijo over birahi di antara faktor-faktor tersebut adalah :

  • Terlalu padatnya jam terbang burung Cucak Ijo untuk di bawa ke event lomba. Sebaiknya burung Cucak Ijo di bawa ke tempat latber atau event lomba adalah 1 kali dalam sebulan.
  • Jumlah peliharaan burung kicau yang terlalu banyak dalam suatu ruangan. Sebaiknya burung Cucak Ijo harus di jauhkan dari burung-burung yang sangat gacor seperti burung Murai, maupun burung Kacer yang notabene adalah burung petarung sejati.
  • Pemberian EF (extra fodding) berupa kroto yang berlebihan.
  • Durasi penjemuran burung yang berlebihan.
  • Burung tidak pernah di umbar di kandang umbaran.
  • Seting harian kurang teratur.

Ciri Burung Cucak Ijo Over Birahi

cara mengatasi cucak ijo over birahi

sebelum memvonis burung Cucak Ijo over birahi alangkah baiknya kamu cari tahu ciri-ciri burung cucak ijo over birahi melalui ciri-ciri fisik. Adapun ciri-ciri burung Cucak Ijo over birahi adalah sebagai berikut:

  • Burung tidak nafsu makan ef (extra fodding).
  • Sura harian tidak bervariasi dari sebelumnya.
  • Tidak mau mohak (jegrik) apalagi ngentrok jika melihat burung jantan sejenis bahkan terlihat hanya membuka lebar paruhnya saja.
  • Bulu badan terlihat agak sedikit gembung jika melihat burung jantan sejenis.

Baca juga : Ramuan Jamu Tradisional Untuk Cucak Ijo Agar Gacor

Seperti yang kita ketahui burung Cucak Ijo jika sudah mengalami siklus over birahi kemungkinan sembuh kembali sepeti semula sangat kecil. Oleh sebab itu selain menghindari beberapa faktor di atas yang dapat menyebabkan burung Cucak Ijo over birahi.

Hal lain yang harus di perhatikan adalah seting harian 2 (dua) kali sehari sangat mutlak harus di terapkan pada burung, serta yang terpenting adalah pemberian buah-buahan yang bervariasi, contohnya:

  • Minggu pertama burung Cucak Ijo di berikan buah pisang.
  • Minggu ke 2 burung Cucak Ijo di berikan buah pepaya.
  • Minggu selanjutnya burung Cucak Ijo di berikan buah apel.

Jika para kicau mania ada yang memiliki burung Cucak Ijo yang sedang mengalami siklus over birahi dengan mengenali secara fisik seperti yang sudah di jelaskan di atas, sebaiknya perhatikan cara mengatasi burung Cucak Ijo over birahi.

Baca juga: Racikan Pakan Cucak Ijo Agar Cepat Gacor dan Rajin Bunyi

Cara Mengatasi Cucak Ijo Over Birahi

cara memandikan cucak ijo

Adapun beberapa cara mengatasi burung Cucak Ijo over birahi dengan cepat adalah sebagai berikut:

  • Setelah menerapkan seting harian istirahatkan burung yang sedang over birahi dengan cara full kerodong.
  • Setelah burung di mandikan jangan di keringkan dengan cara di jemur di bawah terik matahari. Cukup di angin-anginkan saja di tempat gantangan yang teduh.
  • Sebaiknya lakukan pengumbaran 3 kali seminggu di tempat yang teduh (jangan sampai terjemur di bawah trik matahari).
  • Pemberian EF berupa jangkrik secukupnya 2 ekor pada pagi hari dan 3 ekor pada sore hari. Hentikan pemberian EF berupa kroto untuk burung yang sedang mengalami over birahi.
  • Saat mengistirahatkan burung sebaiknya gantang burung Cucak Ijo yang over birahi jauh dari burung kicau lainya yang lebih gacor,
  • Berikan makanan berupa buah pepaya saja selama burung dalam proses penyembuhan.
  • Hentikan pemberian semua vitamin tetes yang biasa di berikan ke dalam air minum burung Cucak Ijo.
  • Jika dalam masa penyembuhan terlihat bulu burung Cucak Ijo ada yang nyulam (istilah siklus ganti bulu atau mambung pada burung Cucak Ijo) sebaiknya hentikan seting mandi untuk burung. Selama burung Cucak Ijo mengalami siklus nyulam bulu tambahkan EF berupa 2 ekor ulat hongkong dalam sehari.
  • Hentikan semua aktivitas trey atau latber selama masa pemulihan,
  • Setelah burung berhenti mengalami siklus nyulam bulu terapkan kembali seting harian mandi jemur seperti biasanya sebanyak 2 kali dalam sehari dan jangan lupa genjot pemberian EF berupa jangkrik dengan seting 5/5 ( 5 ekor pada pagi hari dan 5 ekor pada sore harinya).

Baca juga: Cara Merawat Cucak Ijo Agar Gacor Ngeplong

Terapi Cucak Ijo Over bBirahi

  • Lakukan dan terapkan terus perawatan harian di poin terakhir selama -+ 1 (satu) bulan sesekali dan tes burung Cucak Ijo dengan menggunakan cermin, jika terlihat bulu kepala sudah mulai mohak (jegrik) dan burung cucak ijo sudah mulai mau ngentrok walapun dengan suara yang belum maksimal lakukan tes one by one dengan burung Cucak Ijo jantan lainya,
  • Jika burung Cucak Ijo terlihat tidak mau ngentrok (suara maksimal dengan karakter khas ngotot pada cucak ijo di menit pertama gantangan) lakukan pengecasan dengan burung Cucak Ijo betina dengan cara menggatangnya secara berjauhan, misalnya burung Cucak Ijo jantan (burung yang ingin di cas) di gantang di ruang tamu atau teras.
  • Burung betina gantang di tempat ruangan berbeda misalnya di dapur atau di kamar mandi.
  • Jangan sesekali menempelkan ke dua burung tersebut secara langsung. Sebaiknya carilah burung Cucak Ijo betina yang sudah cukup gacor.
  • Biarkan kedua burung tersebut bersahut-sahutan atau bertempur di dalam rumah.
  • Lakukan metode pengecasan tersebut -+ selama 1 (satu) bulan, sampai burung benar-benar mau ngentrok di lapangan trey atau latber.

Baca juga: Cara Memilih Bakalan Cucak Ijo Prospek

Kesimpulan 

Jadi sebelum melakukan tahapan dalam cara mengatasi burung Cucak Ijo over birahi, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengetahui penyebab Cucak Ijo over birahi, sehingga kamu dapat mengatasinya dengan lebih mudah.

Demikianlah ulasan yang dapat kami infokan, semoga bermanfaat dan menambah wawasanmu tetang cara mengatasi burung Cucak Ijo over birahi dengan cepat.

Baca juga: Wow, Inilah Manfaat Suara Burung Cucak Ijo Betina!


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap seperti pada perumahan Ardeca Hometown Soreang di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download