BlogLifestyleGadget17 Cara Mengatasi HP Lemot Untuk Semua Device
0
0

17 Cara Mengatasi HP Lemot Untuk Semua Device

Dipublikasikan oleh M. Agung Septyanto dan Diperbarui oleh Voni Wijayanti

Mei 24, 2023

7 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Masalah ponsel lemot atau lambat bisa terjadi kapan saja. Pengguna ponsel harus mengetahui cara mengatasi HP lemot jika mengalami hal serupa. Selanjutnya, hal ini  penting untuk diketahui agar Pins tidak sembarangan mengambil jalan pintas saat membeli ponsel baru

Alasan handphone lemot  biasanya umur pemakaian lama, jadi ada juga alasan untuk ganti handphone. Akibatnya, kinerja perangkat, sistem, memori, dan baterai  tidak optimal sehingga lambat. Namun terkadang ada alasan yang cukup sepele dan memperlambat ponsel anda. Padahal, hal ini bisa dihindari dengan mengalahkan ponsel yang lemot.

Nah, Pins tidak perlu risau akan hal tersebut. Karena artikel ini akan membahas cara mengatasi HP lemot untuk semua device. Yuk kita cek bersama-sama!

Baca juga:

Cara Mengatasi HP Lemot

Ada berbagai macam cara untuk mengatasi HP Lemot tanpa perlu membeli device baru lagi. Pins hanya perlu mengikuti beberapa cara dibawah ini supaya kamu mampu memperbaiki nya sendiri dirumah. Maka dari itu, yuk kita cek artikel di bawah ini!

Copot Aplikasi yang Tak Terpakai

Source : HGTV

Cara mengatasi HP lemot yang pertama yaitu mencopot aplikasi yang tidak terpakai. Aplikasi yang tidak digunakan menghabiskan ruang penyimpanan di ponsel Pins dan dapat menyumbat memori (RAM) saat berjalan di latar belakang. Jika kamu mengunduh aplikasi yang tidak lagi digunakan, ada baiknya Pins mencopot pemasangan atau uninstall aplikasi lama untuk meningkatkan kinerja sistem dan memperpanjang masa pakai baterai. 

Ada beberapa cara untuk mencopot pemasangan aplikasi, tetapi biasanya Pins dapat menekan lama aplikasi tersebut dan memilih Copot Pemasangan, atau menyeret ikon ke permintaan pencopotan pemasangan yang muncul di bagian atas layar.

Gunakan Aplikasi Lite

Source : Coolmuster

Cara agar HP tidak lemot selanjutnya adalah dengan menggunakan aplikasi lite. Google dan beberapa pengembang lain menawarkan versi Lite atau Go dari aplikasi mereka untuk perangkat Android lama dengan ukuran lebih kecil. Aplikasi edisi Lite adalah pilihan yang lebih kecil dan lebih sedikit memakan sumber daya intensif dibandingkan dengan aplikasi lain.

Gunakan Custom ROM

Source : nesabamedia.com

Cara agar HP tidak ngelag selanjutnya adalah gunakan custom ROM. Selain menggunakan aplikasi lite, salah satu cara untuk mengkustomisasi Android adalah dengan menggunakan custom ROM

Dengan menggunakan ROM kustom, Pins dapat menikmati ROM lain yang telah ditingkatkan kinerjanya dan juga mencoba sistem operasi terbaru yang mungkin tidak tersedia di perangkat Android kamu.

Hapus Cache Aplikasi

Source : republika.co.id

Penyebab HP lemot yang lainnya ialah terlalu banyaknya cache aplikasi. Memori cache menghabiskan banyak ruang dan memori, yang memperlambat ponsel. Untuk melakukan ini, Pins perlu menghapus cache dari aplikasi yang tidak digunakan. Untuk mengatasi ponsel lemot akibat masalah ini, buka menu Setting, lalu pilih aplikasi dan bersihkan semua cache dari aplikasi tersebut.

Jangan Menggunakan Wallpaper bergerak

Source : asikandroid.com

Penyebab kenapa HP lemot adalah karena menggunakan wallpaper bergerak. Beberapa pengguna ponsel lebih suka menggunakan wallpaper atau tema bergerak. Bahkan, hal itu memperlambat sistem operasi Android di ponsel. Sebaiknya gunakan wallpaper atau tema  statis agar kinerja ponsel tidak mudah melambat.

Baca juga:11 Cara Mengatasi HP Mati Sendiri, Dijamin Berhasil!

Kosongkan Ruang Penyimpanan

Source : punyahp.net

Cara mengatasi HP ngelag selanjutnya adalah kosongkan ruang penyimpanan. Ketika ponsel Pins kehabisan daya, semuanya akan melambat. Masalah telepon terjadi ketika perangkat memiliki ruang penyimpanan kosong kurang dari 10 persen. Tetapi bahkan menyisakan ruang penyimpanan  20 persen adalah taruhan yang lebih baik.

Kurangi Penggunaan Widget

Source : pukeva.com

Satu hal yang membuat Android menarik adalah widgetnya. Tidak hanya mempercantik tampilan home screen Android kamu, widget juga berguna sebagai shortcut untuk mengontrol berbagai aplikasi tanpa harus membuka aplikasi tersebut. 

Meskipun membuat Android Pins terlihat cantik dan membuat aplikasi berjalan lebih cepat, ini juga menghabiskan lebih banyak RAM. Akibatnya, Android kamu melambat. Jadi kurangi penggunaan perangkat agar ponsel Android kamu tidak lemot ya Pins.

Baca juga: 6 Cara Menggabungkan File PDF di HP Android

Mematikan Sinkronisasi Otomatis

Source : iMobile

Menyinkronkan akun yang berbeda dengan sistem atau aplikasi seluler mungkin juga dapat membuat ponsel berfungsi lebih baik. Selain fakta bahwa sinkronisasi otomatis juga menghabiskan kapasitas baterai, dapat dengan mudah terkuras dalam waktu singkat. Untuk melakukannya, coba nonaktifkan sinkronisasi otomatis di ponsel pengguna.

Menggunakan Satu Aplikasi Antivirus

Source : reopan.com

Jika Pins adalah pengguna yang percaya dengan fitur antivirus ponsel, kamu harus memperhatikan hal ini. Hampir sama dengan aplikasi bawaan sistem, aplikasi antivirus tetap berjalan di background

Akibatnya RAM kamu boros dan kinerja Android lemot. Pins dapat membayangkan menginstal lebih dari satu aplikasi antivirus di perangkat Android, bukan? Nah, bagaimana cara mengatasi android lemot, gunakan salah satu antivirus saja. 

Optimalkan Memori

Source : Quora

Selain menghapus aplikasi yang bermanfaat, pengguna juga harus mengoptimalkan memori dengan menyortir data yang tersimpan di ponsel. Mulai dari foto, video, pesan suara hingga dokumen kerja. 

Ini karena memakan kapasitas memori, yang juga dapat memperlambat kinerja ponsel. Setelah itu beres, cara mengatasi HP lemot adalah dengan menghapus data yang tidak perlu atau menyimpannya ke penyimpanan lain.

Pakai Launcher Pihak Ketiga

Source : Business Insider

Sistem operasi Android bisa menjalankan launcher pihak ketiga yang membuat homescreen jadi berbeda dari tampilan bawaan pabrik. Hal ini bisa membantu ponsel Pins memiliki kinerja yang lebih cepat. Beberapa launcher yang bisa dicoba, misalnya Nova Launcher, GO Launcher EX, atau Apex Launcher.

Baca juga: 8 Cara Menyambungkan Hp Ke TV Dengan Atau Tanpa Kabel

Perhatikan Jumlah Memori

Source : jalantikus.com

Setiap smartphone hadir dengan spesifikasi memori yang berbeda-beda. Selain memori RAM, performa sebuah smartphone dipengaruhi oleh besarnya memori internal. Jika memori internal rendah, android akan melambat. 

Jadi jika ingin mengatasi android yang lemot, sebaiknya hindari menyimpan data dalam jumlah besar hingga memenuhi memori internal. Jika Pind sering menyimpan banyak data di smartphone kamu, cobalah membeli smartphone dengan dukungan kartu memori. Atau beli smartphone dengan memori internal yang besar.

Restart Handphone

Source : duniaandroid.com

Memulai ulang atau restart ponsel Pins adalah hal selanjutnya yang harus dilakukan untuk mengatasi masalah konsumsi daya. Langkah sederhana ini dapat memberikan keajaiban bagi kinerja ponsel kamu, terutama jika beberapa proses aplikasi latar belakang yang mengganggu menyebabkan perlambatan. Ada baiknya, restart ponsel kamu setidaknya seminggu sekali.

Tutup Aplikasi Berjalan

Source : areafokus.com

Ponsel Android yang lemot bisa disebabkan oleh terlalu banyak aplikasi yang berjalan pada waktu yang bersamaan. Misalnya, Pins dapat menjalankan aplikasi untuk Instagram, WhatsApp, Twitter, Netflix, dan YouTube secara bersamaan. 

Itu membuat OS seluler berjalan lebih ekstra sehingga jadi lemot. Untuk mengatasi hal ini, segera tutup aplikasi yang berjalan pada saat bersamaan. Lagipula, Pins tidak bisa menggunakan banyak aplikasi sekaligus, bukan?

Ubah Kecepatan Animasi Sistem

Source : voi.id

Mengubah kecepatan animasi sistem pada ponsel Android Pins tidak akan membuatnya lebih cepat, tetapi akan memberi kesan bahwa perangkat kamu berjalan lebih cepat. Perasaan peningkatan kinerja sistem disebabkan oleh berkurangnya penundaan animasi, yang membuat urutan grafik selesai lebih cepat. 

Jika animasi ponsel Android Pins tampak sangat lambat atau lemot, trik ini bisa bekerja seperti sulap. Kamu dapat menonaktifkan animasi sistem untuk hasil yang lebih baik. Namun, kamu mengorbankan efek transisi yang terlihat dalam prosesnya.

Update Software Smartphone

Source : techadvisor.com

Cara mengatasi HP lemot berikutnya bisa dengan memperbaharui perangkat lunak alias update software. Sistem perangkat lunak yang lawas mungkin sudah tidak mampu memberi kinerja yang maksimal. Maka dari itu, pakailah software versi terbaru.

Kembali ke Setelah Pabrik

Source : leskompi.com

Jika semua cara sudah dicoba, tapi hp tetap lemot, maka pengguna bisa menggunakan cara mengatasi hp lemot terakhir, yaitu mengembalikan setelan hp ke versi setelan pabrik.

Namun perlu diketahui, hal ini akan membuat semua data hilang, maka dari itu sebaiknya pindahkan dulu data ke tempat penyimpanan lain.

Itulah cara mengatasi HP lemot untuk semua device smartphone. Pins tidak perlu membawa ke tempat service HP untuk mengatasi lemot pada smartphone kamu. Cukup melakukannya dirumah dan hasilnya akan seperti semula. Semoga cara diatas membantu kamu ya Pins!

Featured image: harapanrakyat.com

Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Perumahan Sukasejati Garden City dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download