BlogLifestyleGadget7 Cara Mengatasi Keyboard Laptop Error Mengetik Sendiri
0
0

7 Cara Mengatasi Keyboard Laptop Error Mengetik Sendiri

Dipublikasikan oleh M. Agung Septyanto dan Diperbarui oleh Voni Wijayanti

Apr 13, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Pasti kita akan merasa jengkel apabila keyboard yang digunakan tidak bisa dioperasikan. Namun tenang, artikel kali ini akan memberitahukan cara mengatasi keyboard laptop error mengetik sendiri. Sebelum itu, kita harus mengetahui apa penyebab keyboard laptop mengetik sendiri, agar tidak terjadi lagi di lain waktu. 

Keyboard yang mengetik sendiri dapat disebabkan oleh kedua kerusakan. Pertama, terjadi kerusakan pada software yang berhubungan dengan keyboard seperti : driver dan sistem operasi. Ini biasa terjadi karena pembaruan yang tidak sempurna.

Kedua, kerusakan pada perangkat keras (hardware) yaitu komponen keyboard itu sendiri. Biasanya disebabkan oleh penggunaan keyboard yang berlebihan dan ceroboh. 

Untuk itu, disarankan untuk mengurangi penggunaan keyboard yang terlalu kasar. Hal tersebut dikarenakan keyboard juga memiliki usia yang mana digunakan terlalu berlebihan dan kasar juga akan memperpendek masa penggunaan keyboard kamu Pins.

Jika keyboard laptop jalan sendiri, mau tidak mau Pins harus memperbaiki hal tersebut. Berikut cara mengatasi keyboard laptop error mengetik sendiri secara ampuh. 

Baca juga:

Cara Mengatasi Keyboard Laptop Error Mengetik Sendiri

Di bawah ini, ada 7 cara yang bisa Pins lakukan untuk cara menonaktifkan keyboard laptop yang mencet sendiri dengan mudah. Untuk itu cek artikel berikut!

Uninstall Driver Keyboard

Source : softscience.com

Keyboard laptop yang menekan sendiri bisa saja disebabkan oleh driver yang tidak kompatibel. Untuk memperbaikinya, coba hapus instalan driver laptop. Hal ini akan menghapus data driver dan menghapus kesalahan pada keyboard.

Untuk itu, cara ini bisa Pins ikuti:

  • Klik kanan Start Windows pada taskbar
  • Pins akan melihat beberapa menu, arahkan kursor ke Device Manager
  • Akan muncul jendela Device Manager lalu pilih menu Keyboard
  • Klik kanan lalu pilih Uninstall Device
  • Setelah itu uninstall driver keyboard PC atau laptop kamu
  • Restart Sistem nya

Pasca menghapus dan me-reboot sistem, driver akan diinstal ulang secara otomatis. Namun, disarankan untuk Pins mengaktifkan koneksi internet sebelum menjalankan Windows Update. Driver keyboard dan versinya akan diperbaharui secara otomatis nantinya.

Baca juga: 5 Cara Mematikan Keyboard Laptop Tanpa Ribet

Jalankan TroubleShoot Keyboard

Source : dreamstime.com

Windows memiliki fitur Troubleshoot yang dapat membantu Pins memperbaiki berbagai masalah yang mungkin kamu alami pada windows seperti cara mengatasi keyboard laptop error mengetik sendiri.

Fitur Troubleshoot mampu mendeteksi masalah dan solusinya dengan laptop atau komputer kamu. Jika masalah disebabkan oleh kesalahan perangkat lunak atau bug, Pins dapat menyelesaikannya dengan fitur Troubleshoot.

Namun apabila permasalahan yang kamu temui adalah kerusakan perangkat keras, fitur ini tidak bisa mengatasinya secara langsung. Caranya sebagai berikut:

  • Buka menu “Setting” melalui pencarian windows
  • Scroll ke bawah, pilih menu “update & Security
  • Masuk ke tab “Troubleshoot”, geser ke bawah dan cari pilihan “keyboard
  • Pilih “Run the troubleshooter
  • Tunggu prosesnya, kemudian ikuti langkah-langkah yang diberikan hingga selesai

Matikan Fitur Sticky Key

Source : nesabamedia.com

Jika kamu menggunakan laptop orang lain, atau baru saja membeli laptop milik orang lain, ini mungkin pengguna sebelumnya telah mengaktifkan fitur Sticky Keys. Fungsi Sticky Keys digunakan untuk mengubah fungsi tombol.

Oleh karena itu, menekan tombol mungkin tidak sesuai dengan hasil. Cara menghentikan keyboard yang mengetik sendiri sebagai berikut:

  • Buka “Control Panel” pada kolom pencarian Windows
  • ubah tampilannya terlebih dahulu ke “small icons” di pojok kanan atas
  • Pilih “Ease of Access Center
  • Pilih “Make the keyboard easier to use
  • Hilangkan tanda centang pada “Turn on Sticky Keys” kemudian pilih “Set up Sticky Keys” dibawahnya.
  • Hilangkan semua tanda centang yang ada lalu klik Apply dan OK.

Baca juga: 7 Cara Menyalakan Lampu pada Keyboard Laptop Sesuai Brand

Disable Tombol dengan KeyTweak

Source : keytweak.com

Apabila hal diatas tidak menyelesaikan masalahmu, coba nonaktifkan atau men-disable tombol keyboard atau tombol yang menekan sendiri. Cara mengatasi keyboard laptop error mengetik sendiri ini sangat berguna apabila tombol tersebut tidak terlalu penting atau kamu jarang menggunakannya dalam pekerjaan Pins.

Untuk melakukan ini, Pins memerlukan aplikasi pihak ketiga bernama KeyTweak. Keytweak sendiri merupakan aplikasi yang memungkinkan kamu untuk mengubah fungsi salah satu tombol di keyboard anda. 

Caranya seperti berikut:

  • Sebelum itu, Pins harus memiliki aplikasi Keytweak terlebih dahulu. Silahkan kunjungi situs untuk mendownload KeyTweak.
  • Install Aplikasinya seperti biasa dan run as administrator.
  • Untuk mematikan tombol, pilih tombol yang ingin kamu nonaktifkan. Sebagai contoh apabila kamu ingin mematikan tombol ESC kamu bisa memilih angka 1, lalu pilih tombol Disable Key.
  • Jangan lupa untuk menerapkannya dengan mengklik Apply. Setelah itu kamu akan diminta untuk melakukan reboot pada laptop kamu.

Baca juga: 6 Cara Menulis Arab di Laptop dengan Mudah

Cek Kondisi Tombol Keyboard Yang Mencet Sendiri

Source : pexels.com

Kamu bisa memeriksa status tombol pada keyboard yang rusak dan menahannya. Periksa apakah keadaan normal atau macet. Jika tidak berhasil, coba sesuaikan tombol agar berfungsi dengan baik.

Jika tombol tidak macet dalam keadaan normal, periksa apakah tombolnya kotor. Jika kotor, coba bersihkan dengan pompa udara atau kuas. Jangan coba-coba membersihkan keyboard dengan pengering rambut karena dapat merusak keyboard.

Lepaskan Baterai Laptop

Source : golepi.com

Daya listrik yang tidak menentu bisa menyebabkan keyboard error dan menekan sendiri. Untuk Laptop, Sumber daya ini bisa dari charger atau baterai.

Maka dari itu, silahkan di cek dengan cara menggunakan laptop tanpa charger, pastikan keyboard tidak menekan sendiri. 

Kemudian gunakan laptop tanpa baterai, melainkan sambung langsung ke charger, lalu cek hasilnya. Atau Pins dapat menggunakan pengisi daya laptop serupa lainnya.

Baca juga: 10 Cara Mengatasi Kursor Laptop Hilang Dengan Mudah

Gunakan Keyboard Eksternal.

Source : kabarfajar.com

Khusus bagi pengguna laptop, jika setelah dilakukan pengecekan pada keyboard laptop ternyata komponen keyboard internal mengalami kerusakan dan hal tersebut menjadi penyebab masalahnya, dapat digunakan keyboard eksternal sebagai gantinya. 

Maka dengan cara mengatasi keyboard laptop error mengetik sendiri ini seharusnya masalah bisa terselesaikan. Dengan catatan Pins harus men-disable keyboard internalnya dengan cara menggunakan Keytweak

Itulah Tips yang bisa Pins ikuti untuk memperbaiki masalah keyboard komputer atau laptop yang terus menekan sendiri. Diharapkan dengan ini keyboard yang kamu pakai bisa kembali normal dan bisa digunakan sedia kala ya Pins!

Featured Image: kumparan.com


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download