BlogLifestyleGadget9 Cara Mengatasi Laptop Mati Sendiri Tanpa ke Gerai Elektronik
0
0

9 Cara Mengatasi Laptop Mati Sendiri Tanpa ke Gerai Elektronik

Dipublikasikan oleh M. Agung Septyanto dan Diperbarui oleh Voni Wijayanti

Mei 22, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Kerusakan yang terjadi pada laptop pasti akan membuatmu khawatir karena mengalami mati tiba-tiba. Daripada kamu membawa laptop tersebut ke gerai elektronik, Tentunya artikel ini akan membahas cara mengatasi laptop mati sendiri. 

Penyebab laptop mati sendiri bisa menjadi peringatan bagi Pins untuk selalu mengawasi kesehatannya. Biasanya kerusakan yang terjadi akibat dari penggunaan laptop yang terlalu lama sehingga mengalami overheat. Tentunya hal tersebut mengakibatkan laptop kamu bisa mati sendiri bahkan mati total. 

Kemudian, kesehatan baterai tentu haru Pins perhatikan. Apabila baterai laptop kamu bocor, maka laptop akan mengalami berbagai macam masalah salah satunya laptop yang mati dengan sendirinya.

Baca juga: 11 Rekomendasi Laptop untuk Programmer yang Bagus dan Awet!

Tidak hanya itu, penyebab lain yang bisa mengakibatkan laptop mati sendiri adalah RAM laptop yang rusak. Beberapa penyebabnya adalah slot RAM yang tidak berfungsi atau rusak, RAM retak atau tergores, penggunaan yang lama (faktor usia), serta tegangan listrik yang tidak stabil mengakibatkan laptop mati. 

Selain RAM, prosesor juga bisa bermasalah hingga menyebabkan laptop Pins mati sendiri. Prosesor merupakan otak perangkat kamu. Otak ini memproses segala macam informasi yang dimiliki laptop dan komputer. Apabila prosesor rusak, laptop yang bermasalah kehilangan kendali dan tidak dapat mengeluarkan perintah ke komponen lain, sehingga kinerja laptop kurang optimal. 

Yang terakhir menyebabkan laptop mati sendiri setelah beberapa menit adalah terdapat berbagai jenis virus yang menyerang alat elektronik kamu. Diantaranya virus worm, trojan, makro dan lainnya. beberapa virus yang menyerang laptop menyebabkan device menjadi lambat, terlalu panas, hingga mati dengan sendirinya. 

Di antara alasan di atas yang menyebabkan laptop mati sendiri, bagaimana cara memperbaikinya? Untuk memastikan laptop dapat digunakan secara maksimal, sebaiknya segera mengatasi laptop mati sendiri dengan menggunakan berbagai cara alternatif di bawah ini. Baca terus untuk penjelasan lebih lanjut!

Baca juga: 12 Cara Mengatasi Kursor Laptop Tidak Bergerak

Mengganti Baterai Laptop Yang Usang

Source : teslet.id

Langkah pertama yang bisa Pins lakukan saat laptop dalam keadaan mati adalah dengan mengecek terlebih dahulu status baterai laptop kamu dan memastikan baterai terpasang dengan benar. Apabila hal tersebut tidak berhasil, mengganti baterai dengan yang baru mungkin merupakan pilihan yang tepat. Baterai yang rusak mempengaruhi kesehatan laptop itu sendiri, sehingga harus sesegera mungkin diganti dengan baterai baru agar laptop dapat digunakan secara optimal. 

Memperbaiki Kipas Pendingin Laptop

Source : merakitkomputer.quora.com

Kipas laptop membantu menjaga udara di dalam laptop saat digunakan. Kipas yang rusak dapat menyebabkan laptop Pins cepat panas atau overheat. Hal tersebut bisa dicegah dengan menggunakan Cooling Pad. Alat ini bisa digunakan untuk menstabilkan panas laptop kamu.

Mengubah Pengaturan Startup and Recovery

Source : dianisa.com

Metode selanjutnya yang Pins butuhkan untuk memperbaiki kesalahan ini adalah mengubah pengaturan startup dan recovery windows kamu. Ini dilakukan untuk menghindari restart otomatis ketika sistem windows mengalami kesalahan. Untuk mengubahnya, cukup ikuti langkah-langkah berikut ini: 

  • Pertama, klik ikon Start menu pada Taskbar.
  • Selanjutnya ketik advanced system pada Windows Search » klik View advanced system settings dari hasil pencarian.
  • Pada tab Advanced, lihat di bagian Startup and Recovery » klik Settings.
  • Kemudian di bagian System failure, hilangkan centang Automatically restart » lalu klik OK.
  • Setelah itu, lakukan restart komputer / laptop untuk melihat hasilnya.
  • Selesai.

Baca juga: 7 Cara Mematikan Laptop Dengan Berbagai Langkah Unik

Mengecek Kesehatan Hard Disk

Source : dianisa.com

Hard disk yang rusak juga dapat menyebabkan laptop Pins mati sendiri secara tidak terduga. Misalnya hard disk mengalami kerusakan fisik atau bad sector. Oleh karena itu, hard disk harus diperiksa baik secara fisik maupun perangkat lunak. Berikut langkah cara memperbaiki laptop mati sendiri melalui hard disk:

  • Pertama, ketik “CMD” di kolom pencarian Windows 10 » lalu klik kanan Command Prompt dari hasil pencarian » pilih Run as administrator.
  • Pada jendela CMD, ketik CHKDSK c: /r /f » tekan Enter.
  • Tunggu proses beberapa saat.
  • Selesai.

Dengan catatan bahwa kata c: merupakan penamaan partisi local disk perangkat (Pins bisa menggunakan disk lainnya yang ingin di cek). Jika kamu ingin mengetahui fungsi dari perintah di atas, maka dapat dilihat penjelasannya dibawah ini. 

/r : menemukan bad sector dan mencoba memulihkan informasi apapun yang dapat dibaca darinya.

/f : memperbaiki setiap kesalahan yang ditemukan pada disk.

Dan sebagai tips tambahan untuk kamu, jangan lupa untuk sering melakukan defragment hard disk secara berkala. Tentu saja hal ini untuk menghindari kendala yang tidak diinginkan kedepannya, seperti local disk not responding, folder tidak bisa dibuka, dan sejenisnya.

Baca juga: 11 Cara Mengatasi Laptop Hang dan Penyebabnya

Memperbaiki Sistem Operasi

Source : Kompas

Hal ini dapat terjadi karena perangkat lunak terutama sistem operasi mungkin rusak. Software yang rusak juga sering menyebabkan laptop mati sendiri. 

Kerusakan ini dapat disebabkan oleh beberapa hal, seperti proses penginstalan perangkat lunak yang salah atau ketidakcocokan dengan komputer kamu.

Beberapa masalah di atas dapat diatasi dengan beberapa cara. Beberapa diantaranya dapat dihindari dengan:

  • Melakukan proses install ulang pada sistem operasi
  • Melakukan proses install dengan benar dan akurat
  • Gunakan fitur troubleshooting untuk memeriksa masalah perangkat lunak
  • Silahkan gunakan perangkat lunak yang kompatibel

Membersihkan Virus pada Laptop

Source : vpnoverview.com

Virus memainkan peran yang sangat penting dalam mematikan komputer Pins secara otomatis. Tetapi virus juga dapat dengan mudah memberikan serangan mematikan sehingga laptop kamu mati secara total.

Biasanya, ketika virus menyebar ke tingkat yang serius, dapat menyebabkan komputer kamu menjadi panas dan lambat. 

Tentunya untuk mengatasi hal tersebut, kita para pengguna harus mewaspadai kondisi tersebut. Solusi laptop mati sendiri yaitu dengan selalu gunakan antivirus berkualitas tinggi dan perbarui antivirus Pins secara teratur untuk mencegah infeksi virus lebih lanjut.

Baca juga: 10 Cara Mengatasi Laptop Gagal Booting dan Penyebabnya

Mendinginkan CPU Laptop

Source : halojasa.com

Jika Pins menggunakan laptop untuk waktu yang lama, CPU dapat menjadi panas. Saat menjadi panas, mode kerja akan mati secara otomatis. Oleh karena itu, disarankan untuk memperhatikan waktu dan menggunakan laptop secukupnya. Namun, jika CPU menjadi terlalu panas, akan sangat sulit untuk mengatasinya. 

CPU terlalu panas dapat terjadi saat menjalankan terlalu banyak program dengan spesifikasi tinggi saat CPU hanya cukup kuat untuk menjalankan perangkat lunak dengan spesifikasi sedang. 

Tidak hanya penggunaan laptop yang terlalu lama akan membuat CPU menjadi panas, tetapi ada juga hal lain yaitu kipas pendingin pada laptop tidak bagus yang juga menyebabkan laptop mati sendiri. 

Hal pertama yang bisa Pins lakukan adalah menggunakan kipas atau fan extra untuk mengoptimalkan proses pendinginan sistem laptop kamu. Tidak hanya itu, kamu juga bisa menggunakan notebook cooler sebagai tambahan fan extra untuk laptop kamu.

Cara memperbaiki laptop mati tiba-tiba kedua yang bisa Pins coba adalah dengan mengurangi beban kerja pada laptop kamu saat mencapai suhu tertinggi. Seperti yang telah disebutkan diatas, menggunakan laptop yang bagus tidak akan menggunakan waktu terlalu lama. 

Melakukan Perawatan Rutin Terhadap Laptop

Source : topixthecnology.com

Sebagai pengguna laptop, Pins tidak hanya perlu bisa menggunakan laptop saja. Tetapi kamu juga perlu tahu cara merawatnya. Perangkat yang dijaga dengan baik dijamin akan bertahan lebih lama dan berkinerja lebih baik. Bersihkan secara teratur untuk menghilangkan debu yang terdapat di dalam laptop.

Tapi pastikan Pins tau caranya, atau meminta seorang yang ahli memandu kamu. Selain itu, penting untuk mengganti thermal paste secara teratur untuk mencegah laptop kamu terlalu panas.

Membersihkan Sampah Pada Laptop

Source : satutitiknol.com

Pada tahap ini, Pins dapat membersihkan Recycle Bin atau Registry Windows kamu. Kamu juga dapat menghapus file yang rusak dan tidak digunakan. Tujuannya agar tidak membebani kinerja laptop atau komputer kamu. Setelah semuanya dibersihkan, Kamu dapat mereset ulang dan menjalankan pemindaian kembali. 

Demikian beberapa cara mengatasi laptop yang tiba tiba mati sendiri padahal baterai masih penuh. Semoga tips trik diatas bisa bermanfaat dan menjadi solusi bagi Pins yang membutuhkannya ya!


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download