BlogLifestyleGadget10 Cara Mengatasi Layar HP Bergaris, Ikuti Langkah Berikut Ini
0
0

10 Cara Mengatasi Layar HP Bergaris, Ikuti Langkah Berikut Ini

Dipublikasikan oleh M. Agung Septyanto dan Diperbarui oleh Voni Wijayanti

Mei 22, 2023

8 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Begitu mengganggunya apabila kita melihat garis vertikal atau horizontal berwarna putih yang muncul di layar handphone Pins. Apalagi jika hal tersebut mengganggu kita saat sedang menonton video, melihat foto kesayangan, bahkan bermain game. Lalu, bagaimana cara mengatasi layar HP bergaris yang muncul?

Pins pasti mengalami kesulitan apabila garis-garis ini muncul di layar. Biasanya masalah ini berkaitan dengan LCD karena hardware dari perangkat tersebut mengalami kerusakan baik karena terjatuh atau terkena air. smartphone dengan kerusakan seperti itu hanya dapat diperbaiki oleh tukang service HP.

Apakah Pins khawatir dengan masalah garis vertikal atau horizontal? lakukan reservasi sekarang tanpa perlu untuk menunggu dan membawa kerusakan tersebut di tempat service HP. Pusat layanan memudahkan untuk memperbaiki telepon kamu. Jika smartphone Pins masih dalam garansi, pusat layanan juga dapat menghemat biaya perbaikan kamu lho.

Namun, terkadang penyebab layar HP bergaris biasanya oleh bug aplikasi atau software yang mengganggu komponen penting seperti unit display atau motherboard. Dalam hal ini, Pins bisa mengatasi hal tersebut dirumah tanpa harus ke konter HP. 

Maka dari itu, artikel ini akan membantu Pins untuk memberikan solusi yang dapat kamu coba jika mengalami layar HP bergaris dan berbayang di layar HP kamu. Yuk kita simak bersama-sama!

Baca juga: Cara Mengganti Password Wifi Lewat Hp

Cara Menghilangkan Garis di Layar HP

Pada dasarnya, jika layar ponsel Pins bergaris dan retak serta layarnya tidak sensitif terhadap sentuhan. Kamu dapat memperbaikinya tanpa harus mengganti LCD HP tersebut. Maka dari itu, ikuti tutorial di bawah ini supaya kamu bisa menghemat pengeluaran.

Cara Mengatasi Layar HP Bergaris dengan Habiskan Daya Baterai

Source : tribunnews.com

Cara menghilangkan garis di layar HP yang pertama adalah dengan menghabiskan daya baterai HP. Caranya Pins harus mematikan terlebih dahulu smartphone kamu selama beberapa menit. Lalu hidupkan kembali dan cek apakah layar HP kamu masih bergaris atau tidak.

Apabila masih bergaris, Pins harus mengisi baterai sampai penuh hingga 100%. Dalam hal ini gunakan HP atau biarkan sampai daya baterai HP kamu habis atau menyentuh nol persen dan tunggu HP kamu hingga mati. Kemudian kamu perlu mengisi daya baterai tersebut hingga penuh. Dalam beberapa kasus, cara ini sudah terbukti berhasil mengatasi layar HP yang bergaris, meskipun hanya berlaku untuk kerusakan layar yang tergolong ringan. 

Nonaktifkan “Show Pointer Location” dari Opsi Pengembang

Source : developer.android.com

Jika Pins melihat garis horizontal berwarna putih, merah, atau kuning di layar ponsel, coba nonaktifkan fitur  pointer location. Perlu diketahui bahwa pointer location adalah penunjuk lokasi pointer (tap) di layar HP dengan garis-bidik. 

Ini biasanya ditandai dengan garis horizontal yang muncul di bagian atas layar untuk mengidentifikasi koordinat garis-bidik. Nah, cara menghilangkan garis hitam di layar hp, coba buka opsi pengembang dan matikan pointer location. Berikut ini petunjuk untuk menonaktifkan fitur tersebut:

  • Pertama, klik “Pengaturan” pada ponsel kamu.
  • Kedua, gulir ke bawah hingga menemukan opsi “Tentang Telepon”
  • Setelah masuk, selanjutnya cari kolom ‘Nomor Bentukan’. Klik beberapa kali sampai kamu menemukan pesan “Anda telah jadi pengembang”
  • Selanjutnya, kamu boleh mengetuk tombol kembali, lalu setelah bukalah menu ‘Opsi Pengembang’.
  • Setelah membuka menu tersebut, kamu dapat menonaktifkan opsi “Pointer Location”.
  • Secara  otomatis, garis-garis yang terdapat pada layar HP kamu akan tidak muncul lagi dan menghilang.
  • Garis yang dapat dihilangkan dengan menggunakan menu opsi developer adalah jenis garis putih, garis vertikal, garis horizontal, garis warna-warni ataupun garis-garis lainnya yang berasal dari dalam sistem HP, bukan garis yang dihasilkan dari kerusakan atau gangguan pada hardware.

Cara Mengatasi Layar HP Bergaris dengan Menyiapkan Pasta Gigi

Source : liputan6.com

Cara menghilangkan garis hitam di layar hp berikutnya yang bisa Pins ikuti adalah dengan pasta gigi. Mungkin cara ini agak aneh didengar namun hal ini patut Pins coba. Berikut adalah tutorialnya:

  • Pertama. siapkan pasta gigi, cotton bud, dan kain yang lembut seperti sapu tangan.
  • Kedua, buka casing smartphone kamu dalam keadaan mati.
  • Kemudian, gosok secara perlahan dan beraturan di atas layar pada penggalan yang rusak dengan cotton bud yang beri pasta gigi.
  • Lalu apabila bergaris kebawah atau vertikal, kamu harus menggosok secara halus dari atas ke bawah. 
  • Jika membentuk lingkaran, gosok secara perlahan searah jarum jam.
  • Namun apabila bergaris ke samping atau horizontal, kamu gosok secara halus dari kiri ke kanan. 
  • Pins harus memperhatikan gosokan yang sedang dilakukan, perlu sedikit tekanan dan lihat LCD akan tampak penggalan yang rusak menyerupai lengket.
  • Gosok terus kurang lebih 30 menit. Perlu sebuah kesabaran, lantaran apabila terlalu menekan justru menambah rusak permukaan layar. 
  • Jika sudah selesai, restart handphone lalu pasang kembali casingnya. 

Restart HP Kemudian Gunakan Safe Mode 

Source : Kumparan

Cara menghilangkan garis hitam di layar HP selanjutnya adalah dengan merestart ponsel kemudian aktifkan “save mode”. Menggunakan safe mode berfungsi untuk memantau kinerja sistem operasi dan mendiagnosis bila ada masalah dengan sistem operasi. 

Ketika Pins mengaktifkan safe mode, sistema akan segera mengirimkan sinyal atau pesan jika memang ada retakan atau garis pada perangkat lunak. Untuk mengaktifkan fitur safe mode, ikuti cara berikut ini.

  • Tekan tombol power HP sampai muncul menu pop up di layar.
  • Klik dan tahan tombol power off sampai muncul pop up lain.
  • Klik Ok untuk dapat me-reboot HP ke fitur Safe mode, setelah itu HP otomatis telah berada dalam mode aman atau safe mode.

Pastikan garisnya menghilang, apabila penyebab layar hp bergaris hitam maupun putih. Sekarang hapus instalan aplikasi yang diunduh terbaru hingga masalahnya hilang. 

Baca juga: 6 Cara Membuat File PDF di HP dengan Mudah

Setel Ulang Pabrik Handphone

Source : pexels.com

Tidak masuk akal apabila mendengar istilah “Setel Ulang Pabrik” sebagai sumber dari segala solusi handphone. Tetapi langkah ini bisa menjadi solusi untuk masalah cara menghilangkan garis di layar HP yang disebabkan oleh sebagian besar kesalahan perangkat lunak atau program. 

Proses ini sebenarnya mengatur ulang telepon Pins ke pengaturan pabrik, menghapus semua aplikasi dan file yang telah kamu unduh sejak pertama kali membeli smartphone tersebut. Sebagian besar ponsel dapat diatur ulang menggunakan aplikasi Pengaturan. Yuk, simak langkah-langkahnya berikut ini.

  • Pertama, buka pengaturan pada ponsel kamu.
  • Kedua, masuk ke dalam sistem, lalu segera menuju Cadangkan & Atur Ulang.
  • Kemudian, klik opsi Reset Pabrik.
  • Setelah itu ketuk bagian Setel Ulang Perangkat. 
  • Lalu masukkan PIN layar kunci kamu dan ketuk berikutnya. 
  • Pins nanti diminta untuk mengonfirmasi bahwa semua data akan dihapus dengan mengetuk opsi Hapus Semua atau Delete All.
  • Selesai

Gunakan Aplikasi Tambahan “LCD Fixer”

Source : play.google.com

Ada beberapa aplikasi di android yang dikembangkan untuk mengatasi layar ponsel bergaris atau masalah lainnya, misalnya Dead Pixels Test and Fix. APlikasi ini bisa mendeteksi piksel yang rusak dan kemudian menghapusnya hingga terlihat normal.

Hal ini bisa menjadi solusi untuk Pins yang memiliki smartphone dengan layar bergaris. Berikut langkahnya:

  • Install Dead Pixels Test and Fix. 
  • Buka aplikasi seperti biasa. 
  • Ketuk Periksa Piksel Mati dan Perbaiki Piksel Mati untuk memulai perbaikan. 
  • Jika iya maka kamu tinggal menunggu dan hasilnya akan segera keluar.

Jika Sudah, Pins hanya diminta untuk menunggu saja dan hasilnya pun akan terlihat. Silakan dicoba ya Pins. 

Cara Memperbaiki LCD HP Bergaris dengan Cek Soket Layar Smartphone

Source : pexels.com

Cara alternatif mengatasi layar hp bergaris dan berbayang berikut ini adalah dengan mengecek kesehatan soket layar HP. Sekarang Pins bisa mengeceknya sendiri, melakukannya di rumah, jika kamu sudah memiliki pengetahuan khusus tentang elektronika. Namun jika kurang yakin, kamu bisa membawanya ke service center HP terdekat. Selanjutnya teknisi elektronik membongkar HP untuk mencari soket display dan memperbaikinya.

Baca juga: 11 Cara Mengatasi HP Mati Sendiri, Dijamin Berhasil!

Menekan Permukaan Layar ke Bawah

Source : leskompi.com

Jika metode cara menghilangkan garis di layar HP yang telah dijelaskan diatas masih tidak berfungsi, coba tekan permukaan layar ke bawah. Cara ini bisa Pins lakukan jika hasil diagnosa menunjukkan bahwa kerusakan atau malfungsi pada layar ponsel disebabkan oleh faktor eksternal atau hardware

Cara manual ini bisa Pins lakukan dengan menekan ujung jari secara perlahan dan kuat pada permukaan layar di bagian bawah ponsel. Ulangi langkah ini beberapa kali hingga garis menghilang dari layar ponsel. 

Matikan Fitur Smart Sidebar

Source : Kompas

Sebenarnya layar hp bergaris putih di samping layar tersebut merupakan smart sidebar yang banyak diterapkan pada hp keluaran terbaru ini. Perlu untuk Pins ketahui bahwa Smart Sidebar tersebut berfungsi untuk mempermudah pengguna HP android melaksanakan multitasking ketika sedang membuka suatu aplikasi. Lantas dapatkah Pins menghilangkan garis di lcd HP android tersebut ?

Jawabannya, bisa. Hal ini dikarenakan fitur smart sidebar pada layar HP android tersebut sanggup kamu aktifkan atau nonaktifkan sesuai keinginan. Untuk menonaktifkan fitur Smart Sidebar di HP Android tersebut biar layar hp tidak ada garis putih sanggup kamu lakukan dengan langkah sebagai berikut :

  • Pertama, masuk terlebih dahulu ke pengaturan
  • lalu cari Fitur Khusus
  • Lalu masuk ke bagian opsi Smart Sidebar
  • Kemudian Pins tinggal nonaktifkan Smart Sidebar toggle ke arah abu-abu
  • Selesai

Tidak ada salahnya jika kamu mematikan fitur tersebut. Alasannya semakin banyak fitur aplikasi yang berjalan pada sebuah smartphone tentu akan menciptakan baterai HP android cepat habis.

Perbaiki di Pusat Perbaikan yang Dipercaya

Jika layar hp masih bergaris setelah mencoba beberapa cara di atas, kemungkinan besar kamu harus mengganti LCD-nya. Pins bisa membawanya ke tempat servis HP yang dekat dengan rumahmu.

Atau, jika HP kamu masih ada garansi, kamu bisa membawanya ke Service Center Resmi agar tidak perlu membayar terlalu mahal. Ketika hal ini terjadi, cara mengatasi layar hp bergaris hanya bisa dilakukan melalui bantuan teknisi hp. Maka dari itu, segera service hp Anda.

Nah, itulah beberapa cara memperbaiki LCD HP bergaris yang bisa Pins coba. Semoga cara diatas bisa membantu kamu dalam memperbaiki layar hp bergaris dan berbayang kamu, yah

Featured image: bukandroid.com


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Perumahan ABDI Bintaro Estate dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download