BlogLifestyleGadget6 Cara Mengatasi Layar HP Retak Untuk Semua Device Smartphone
0
0

6 Cara Mengatasi Layar HP Retak Untuk Semua Device Smartphone

Dipublikasikan oleh M. Agung Septyanto dan Diperbarui oleh Voni Wijayanti

Mei 24, 2023

8 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Smartphone merupakan perangkat yang serba bisa. Gadget ini bisa menggantikan keyboard fisik di HP. Device ini juga memangkas semua tombol navigasi HP ke layar sentuh. Namun, apakah Pins pernah mengalami yang namanya retak pada layar HP? Jika iya kamu berada di artikel yang tepat untuk membahas cara mengatasi layar HP retak untuk semua perangkat smartphone

Berbicara tentang masalah layar, bagian ini memang paling rentan. Karena selalu bersentuhan langsung dengan jari untuk menggunakan fitur-fitur yang ada di dalam smartphone. Salah penggunaan sedikit, bisa saja layar handphone pecah bahkan HP retak

Apabila kaca HP pecah, tentunya hal tersebut bisa mempengaruhi tampilan gadget kamu. Namun berbeda jika layar HP retak, tentunya bisa mempengaruhi sensitivitas sentuhan smartphone kamu, lho.

Jadi, apa yang dapat Pins lakukan dengan layar kaca HP pecah? Tenang, kali ini artikel berikut akan membahas tentang cara menghilangkan retak pada layar HP. Pins tidak perlu lagi ke tempat service HP, cukup kamu ikuti cara mengatasi layar HP retak dibawah ini. Yuk simak penjelasannya dibawah ini!

Baca juga:

Cara Mengatasi Layar HP Retak

Source : isplbwiki.net

Ada 6 tips yang bisa Pins lakukan untuk cara mengatasi layar HP retak, entah itu karena terjatuh, tertimpa benda keras dan lain sebagainya yang dapat menyebabkan layar smartphone retak.

Cara Mengatasi Layar HP Retak dengan Mengoleskan Pasta Gigi

Source : viva.co.id

Langkah pertama yang bisa Pins coba untuk HP retak adalah mengoleskan pasta gigi pada layar smartphone kamu. Perlu diketahui bahwa cara ini hanya digunakan untuk smartphone yang mengalami goresan, misalnya setelah terjatuh kemudian sobat memeriksa kondisinya dan menemukan sebuah goresan yang tajam, nah cara ini bisa Pins lakukan. 

Mungkin cara ini agak aneh didengar namun hal ini patut Pins coba. Berikut adalah tutorialnya:

  • Pertama. siapkan pasta gigi, cotton bud, dan kain yang lembut seperti sapu tangan.
  • Kedua, buka casing smartphone kamu dalam keadaan mati.
  • Kemudian, gosok secara perlahan dan beraturan di atas layar pada penggalan yang rusak dengan cotton bud yang beri pasta gigi.
  • Lalu apabila bergaris kebawah atau vertikal, kamu harus menggosok secara halus dari atas ke bawah. 
  • Jika membentuk lingkaran, gosok secara perlahan searah jarum jam.
  • Namun apabila bergaris ke samping atau horizontal, kamu gosok secara halus dari kiri ke kanan. 
  • Pins harus memperhatikan gosokan yang sedang dilakukan, perlu sedikit tekanan dan lihat LCD akan tampak penggalan yang rusak menyerupai lengket.
  • Gosok terus kurang lebih 30 menit. Perlu sebuah kesabaran, lantaran apabila terlalu menekan justru menambah rusak permukaan layar. 
  • Jika sudah selesai, restart handphone lalu pasang kembali casingnya.

Cara Mengatasi Layar HP Retak dengan Memasang Tempered Glass/Pelindung Layar

Source : edaweb.id

JIka Pins ingin menghilangkan layar HP yang retak, kamu bisa menggunakan tempered glass atau pelindung layar yang tersedia di pasaran. Perhatikan bahwa cara ini dapat digunakan pada layar ponsel yang slotnya seragam. Usahakan cari tempered glass yang sesuai dengan tipe smartphone kemudian baru dipasang dengan benar. 

Cara ini terbilang cukup mudah untuk memperbaiki layar HP yang rusak dibandingkan dengan mengganti layar HP. Memang slot display HP masih ada, tapi sudah dilapisi tempered glass. Cara ini dapat dilakukan sekaligus untuk menghindari pecahnya layar perangkat, yang memburuk saat digunakan. 

Baca juga: 6 Cara Menggabungkan File PDF di HP Android

Cara Menghilangkan Retak Pada Layar HP dengan Lem Besi

Source : my-best.id

Pasti banyak sebagian orang yang tidak peduli dengan perawatan ponselnya pasti mengalami masalah ini yaitu kaca HP pecah. Secara estetika,layar ponsel tidak terlihat bagus jika pecah. Lalu layarnya juga ikut menjadi buram, jadi tentunya kurang enak dipandang. Kamu bisa mengatasinya dengan menggunakan lem besi.

Lem besi bisa digunakan untuk memperbaiki layar ponsel yang retak. Cara ini cukup sederhana karena lem besi dapat dengan mudah dibeli. Berikut petunjuk lengkapnya:

  • Pertama, bersihkan layar ponsel dengan kain basah lalu bersihkan dengan kain kering. 
  • Kedua, oleskan lem besi secara merata di layar.
  • Kemudian, tempelkan plastik transparan yang dipotong sesuai dengan bentuk layar handphone.
  • Lalu perlahan lepaskan plastik dari layar ponsel kamu. 
  • Selanjutnya gunakan silet atau penggaris untuk membersihkan sisa lem yang ada di layar. 
  • Terakhir Pins bersihkan kembali layar dengan kain basah dan kering. Layar HP akan kembali lagi seperti semua. 
  • Selesai

Menggunakan Alternatif USB OTG Untuk Handphone Pecah

Source : telset.id

Kerusakan layar sentuh HP biasanya mengakibatkan kinerja yang buruk. Daya sensitivitas dan navigasi program yang sedang berjalan pun dapat terganggu dan ini akan membuat produktivitas berjalan dengan lambat. Cara termudah lainnya untuk memperbaiki layar ponsel yang rusak adalah dengan menggunakan fungsi OTG. 

Cara ini memungkinkan Pins untuk menggunakannya jika ponsel kamu telah memiliki fungsi OTG. Layar HP mudah dinavigasi dan saat ingin membuka layar atau meluncurkan aplikasi tanpa menyentuh layar. Pins bisa ikuti langkah-langkah ini untuk memperbaiki layar ponsel yang retak di bawah ini:

  • Pertama hubungkan kabel USB OTG
  • Kemudian, pasang mouse nirkabel ke adaptor USB OTG
  • Lalu Pins pastikan mouse terhubung ke perangkat.
  • Selanjutnya gunakan kursor mouse untuk meluncurkan aplikasi di HP dengan kaca HP pecah
  • Selesai

Baca juga:11 Cara Mengatasi HP Mati Sendiri, Dijamin Berhasil!

Membawa Smartphone ke Tempat Service Handphone

Source : pricebook.com

Cara menghilangkan retak pada layar HP berikutnya adalah membawanya ke tempat service handphone. Karena cara ini yang bisa Pins lakukan ketika HP kamu mengalami kerusakan pada layar ponsel sangat serius. Kamu tinggal membawanya ke tempat service HP terpercaya di kotamu.

Pins bisa membawanya ke tempat service center sesuai dengan merk HP yang kamu miliki. Memang waktu yang dibutuhkan untuk membawanya ke service center lebih lama, tapi hasilnya terjamin. Namun, jika kamu membawanya ke tempat service HP di dekat rumah, kamu harus memastikan terlebih dahulu lokasi tersebut memang berpengalaman.

Baca juga: 8 Cara Menyambungkan Hp Ke TV Dengan Atau Tanpa Kabel

Klaim Asuransi yang Masih Berlaku

Source : cekpremi.com

Layar handphone pecah dan pasti membutuhkan biaya hingga waktu untuk menggantinya, termasuk berbagai jenis handphone mulai dari iPhone, Samsung, Vivo, OPPO dan lain-lain. Padahal ponsel Pins merupakan senjata untuk aktivitas dan pekerjaan sehari-hari. 

Cara yang paling tepat untuk mengatasi layar HP retak atau pecah adalah dengan mengajukan asuransi smartphone. Saat ini, fitur asuransi ponsel dapat melindungi HP Pins dari kerusakan umum seperti layar handphone pecah, baterai bocor, kerusakan kamera, dan lainnya. Menariknya, asuransi smartphone ini tidak hanya untuk ponsel baru, tetapi juga bagi mereka yang membeli ponsel second. Membeli handphone bekas juga bisa dilakukan bagi yang membelinya dengan cara mencicil melalui aplikasi kredit HP online

Biasanya sebuah smartphone baru akan mendapatkan masa garansi dalam jangka waktu tertentu biasanya paling lama 1 tahun. nah apabila smartphone Pins masih dalam keadaan baru kemudian terjadi kerusakan pada layar, maka kamu bisa mengklaim asuransi ke toko pada saat membeli sebuah smartphone. Di sisi lain tunjukkan juga bukti pembelian, serta nota yang biasanya kamu dapat pada saat pertama kali membeli sebuah smartphone.

Jenis Kendala Teknis HP Selain Keretakan Layar

Berikut ini beberapa masalah teknis yang sering muncul di layar ponsel kam dan solusinya bisa Pins temukan disini. Hal ini mungkin berbeda dengan cara perbaikan layar HP yang rusak sebelumnya. Biasanya sumber masalah tampilan HP tidak responsif meliputi:

Kendala Pada Dead Pixel

Sebenarnya layar sentuh yang terpasang pada ponsel terdiri dari ratusan piksel kecil yang membentuk sebuah tampilan. Jika salah satu dari piksel kecil ini rusak atau mati, layar akan terlihat kotor. Kondisi ini disebut dengan dead pixel. Hal ini biasanya disebabkan oleh tekanan yang masuk ke piksel listrik atau kontak dengan air. 

Jika tidak segera diperbaiki, dead pixel ini akan menyebar dari titik kecil ke titik besar sehingga merusak HP. Hal pertama yang bisa Pins lakukan untuk mencegah dead pixel adalah dengan menggunakan Pixel Fixer untuk mengatur ulang layar smartphone agar menampilkan warna yang benar seperti semula. 

Mengalami Flickering Pada Layar

Aplikasi yang tidak sempurna biasanya menyebabkan layar bergetar atau sering disebut flickering. Terkadang layar HP terjadi flickering disebabkan oleh penginstalan game atau aplikasi kamera tertentu yang terkait dengan performa layar. Caranya Pins bisa menghapus aplikasi yang menyebabkan flickering, masalah tersebut bisa kamu selesaikan. Bisa dibilang ini adalah cara paling mudah untuk memperbaiki masalah layar HP, bukan karena retak. 

Goresan yang Terdapat di HP

Lecet atau biasa dikenal dengan goresan merupakan masalah yang sangat umum dialami oleh para pengguna HP. Bisa jadi goresan tersebut disebabkan oleh layar HP yang retak dan menyebabkan malfungsi yang cukup mengganggu. Selain layarnya tidak nyaman, pengalaman navigasi saat menyentuh layar juga membosankan. Cara terbaik untuk mengatasi layar HP yang tergores adalah dengan memasang anti gores tambahan dengan seukuran layar. 

Ghost Touch Mengganggu di Layar

Masalah ini sering terjadi pada layar HP atau bahkan layar smartphone yang terkena air. Terdapat navigasi yang bekerja sendiri tanpa menyentuh layar. Jadi seolah-olah ponsel yang sedang menjalankan aplikasinya tanpa menyentuhnya. Selain retak, penyebab rusaknya layar HP adalah karena panel display kelebihan arus. 

Kasus ini biasanya terlihat saat menggunakan ponsel sambil mengisi daya baterai dengan menggunakan charger yang tidak sesuai dengan mereknya. Ada baiknya selalu menggunakan charger asli bawaan paket pembelian atau tidak menggunakan HP saat sedang diisi daya. Jika kondisi ghost touch ini berulang, bisa jadi layar ponsel rusak dan perlu diganti. Padahal biaya perbaikan layar HP touchscreen yang rusak cukup tinggi dan memakan waktu. 

Respon Layar yang Kurang Sensitif

Respons layar yang lambat terhadap navigasi jari pengguna dapat menghambat aplikasi dan terkadang mengganggu pengguna. Berbeda dengan layar HP rusak yang harus diperbaiki dengan cara fisik, memperbaiki layar HP yang kurang sensitif melibatkan beberapa hal, seperti memberikan panas tambahan pada casing HP agar layar kurang sensitif terhadap navigasi. Hal lain yang juga menyebabkan layar menjadi tidak responsif adalah sinyal ponsel yang buruk karena halaman terlalu lama ditampilkan. Kerusakan umum lainnya adalah karena benturan atau paparan air, yang mengurangi atau menonaktifkan sensitivitas layar HP.

Jadi seperti itu lah cara memperbaiki kaca HP retak yang dapat dilakukan oleh Pins pengguna ponsel pintar. Diluar itu sebaiknya para kamu juga menjaga ponsel dengan beragam aksesoris yang dapat melindungi ponsel dari benturan atau gangguan fisik yang merusak. Selamat mencoba yah!

Featured image: hitekno.com 


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Apartemen Menara IKA UNDIP dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download