BlogLifestyleTeknologiCara Mengatasi Masalah Server 400 Error YouTube Android
0
0

Cara Mengatasi Masalah Server 400 Error YouTube Android

Dipublikasikan oleh Livina Hermawan

Apr 10, 2023

3 menit membaca

Copied to clipboard
server 400 error youtube androidtop-right-banner

Apakah Pins mendapati pesan \” There was a problem with the server [400]\” atau kesalahan serupa lainnya saat mencoba memutar video di aplikasi YouTube? Nah, jangan khawatir. Berikut beberapa cara mudah untuk memperbaiki kesalahan koneksi server YouTube di Android.

Bila kamu pengguna Youtube di Iphone, cara mengatasinya mungkin akan sedikit berbeda. Namun artikel berikut akan fokus pada pembahasan cara mengatasi server 400 error Youtube Android.

Baca juga: 5 Tips Mendapatkan Lebih Banyak Views di YouTube

Perbaiki Kesalahan Koneksi Server 400 Error YouTube Android

Ketika menemukan error saat menonton video di YouTube, mungkin Pins sempat merasa kebingungan. Peringatan yang muncul bisa bermacam macam, demikian pula dengan penyebabnya.

server 400 error youtube android

Namun, ada beberapa kesalahan yang umumnya paling sering terjadi dan paling sering ditemukan. Pins mungkin pernah menemukan satu di antara peringatan di bawah ini.

  • There was a problem with the server [400].”
  • Please check your network connection (Retry).”
  • Error loading. Tap to retry.”
  • No Connection.”
  • 500 Internal Server Error,” dan lainnya.

Jika Pins mendapatkan pesan kesalahan ini di aplikasi YouTube di ponsel kamu, tidak perlu khawatir! Kamu bisa mengikuti langkah-langkah yang dijelaskan di bawah ini untuk mengatasi kesalahan tersebut.

Baca juga: Cara Download Video YouTube di Android, iPhone, dan iPad

1. Melakukan Restart Ponsel

Hal pertama yang termudah untuk kamu coba adalah dengan melakukan restart ponsel. Bisa dikatakan bahwa metode ini adalah cara paling umum untuk menyelesaikan jenis error apapun pada device.

Melakukan restart ponsel akan menyelesaikan gangguan sementara dan masalah jaringan yang umumnya jadi sumber masalah. Orang-orang yang mengalami kesalahan pemutaran di YouTube dapat menghilangkannya dengan reboot sederhana.

Bila server 400 error Youtube android kamu tidak muncul lagi setelah mencoba dengan cara ini, maka kamu sudah berhasil. Namun bila peringatan masih muncul, Pins bisa mencoba cara berikutnya.

2. Menghapus Data & Cache Aplikasi YouTube

server 400 error youtube android

Cara lainnya adalah dengan menghapus data dan cache aplikasi YouTube. Untuk melakukan hal ini, berikut adalah cara yang bisa kamu lakukan.

  1. Pertama, buka Settings > Apps > All Applications
  2. Selanjutnya, pilih \’YouTube\’
  3. Terakhir, klik \’Storage\’ dan ketuk \’Clear Data.\’
  4. Sistem akan membersihkan data dan cache yang tersimpan

Ini akan mengatur ulang aplikasi YouTube kamu ke default dan kemungkinan akan memperbaiki kesalahan server 400. Namun, perlu diingat bahwa cara ini bisa saja berpengaruh pada data yang disimpan.

Membersihkan cache juga bisa kamu terapkan pada aplikasi lain yang sedang bermasalah. Sebagian besar permasalahan pada apk dapat diselesaikan dengan cara ini.

Baca juga: Cara Membuat Channel Youtube dan Hasilkan Uang

3. Uninstall Update Aplikasi YouTube

Uninstall Update Aplikasi YouTube

Setelah kamu menghapus pembaruan aplikasi, video YouTube akan mulai diputar secara normal. Sekarang kamu dapat memperbarui kembali aplikasi dari Google Play Store jika kamu mau. Namun, jika masalah muncul kembali, pertahankan versi yang lebih lama.

Mengapa uninstall update bisa menjadi salah satu solusi mengatasi server 400 error Youtube android? Hal ini karena beberapa pembaruan mungkin saja tidak cocok dengan device yang Pins gunakan.

Baca juga: Cara Menampilkan Subtitle Di Youtube Yang Tidak Ada CC

4. Periksa Pengaturan Jaringan

Jika tidak ada langkah pemecahan masalah yang berhasil, maka kamu perlu memeriksa apakah semua jaringan Pins baik-baik saja. Bisa saja aplikasi YouTube PIns bermasalah karena gangguan sinyal atau jaringan.

Metode ini bisa Pins coba untuk sekedar memastikan bahwa jaringan Pins bukanlah penyebab server 400 error Youtube android. Kamu bisa melakukan restart router Wifi atau buka Pengaturan ponsel kamu, buka bagian Jaringan Seluler, dan setel ulang pengaturan APN.

Kamu juga dapat mencoba menggunakan DNS lain untuk melihat apakah itu menyelesaikan masalah. Selain itu, kamu dapat menggunakan aplikasi 1.1.1.1 dari Cloudflare, yang dapat diunduh dari Google Play Store.

Nah, itu dia beberapa perbaikan cepat untuk kesalahan koneksi server YouTube Android. Bila Pins menemukan masalah serupa, kamu bisa mencoba beberapa tips di atas.

Biasanya, membersihkan cache sudah cukup untuk menyelesaikan masalah server 400 error Youtube android. Semoga masalah error tersebut bisa segera Pins selesaikan, ya! Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua.

Editor: Daisy

Feature image source: Search Engine Journal

Baca juga: 8 Langkah Cara Upload Video ke YouTube Lewat Laptop dan HP, Anti Ribet!


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download