BlogHome ServiceKecantikan10 Cara Mengatasi Rambut Rontok dengan Baik
0
0

10 Cara Mengatasi Rambut Rontok dengan Baik

Dipublikasikan oleh  

Des 5, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Salah satu masalah utama rambut yang paling mengganggu adalah rambut rontok. Ada banyak penyebab rambut rontok, seperti kulit kepala yang tidak sehat, polusi udara, paparan sinar matahari langsung, serta penggunaan produk perawatan rambut yang tidak cocok. Jika Pins mengalami masalah ini, maka kamu perlu mengetahui cara mengatasi rambut rontok dengan baik.

Di artikel ini, Pinhome akan jabarkan berbagai cara mengatasi rambut rontok dengan baik dan efektif. Ada cara yang diaplikasikan dari luar, maupun dengan mengonsumsi suatu makanan tertentu. Tenang saja Pins, umumnya rambut rontok bukan masalah permanen dan bisa diatasi kok. Yuk, kenali beberapa solusi berikut.

Baca juga: Yuk, Kenali 11 Penyebab Rambut Rontok!

Memakai Minyak Kelapa

Source : Shutterstock

Minyak kelapa sudah digunakan sejak zaman dahulu dan dipercaya berkhasiat untuk mengatasi rambut rontok. Minyak kelapa berfungsi memperkuat akar rambut dan menebalkan batang rambut. Selain itu, minyak kelapa juga dapat menutrisi kulit kepala dan mengangkat sel kulit mati.

Penggunaan minyak kelapa sebagai cara mengatasi rambut rontok dengan baik adalah mengoleskannya di seluruh kulit kepala dan rambut. Pins dapat melakukan ini sebelum atau setelah keramas, tergantung jenis rambutmu. Jika jenis rambut berminyak, kamu dapat menggunakannya sebelum keramas, dan jika jenis rambut kering, kamu dapat menggunakannya setelah keramas.

Memakai Minyak Zaitun

Source : Shutterstock

Cara mengatasi rambut rontok dengan baik selanjutnya adalah memakai minyak zaitun. Minyak zaitun kaya akan nutrisi yang diperlukan oleh rambut, seperti zat besi, kalsium, vitamin A, vitamin C, vitamin D, vitamin E, dan vitamin K.

Pins dapat mengaplikasikan minyak zaitun sebagai masker rambut dengan mengoleskannya ke seluruh bagian rambut secara merata. Lalu, diamkan selama 30 menit sampai nutrisi dari minyak ini meresap seluruhnya. Setelah itu, kamu dapat membilas atau keramas menggunakan shampo.

Memakai Minyak Rosemary

Source : Shutterstock

Rosemary begitu dikenal sebagai penyedap masakan, terutama bagi orang-orang Eropa. Namun, tahukah kamu, rosemary juga menghasilkan minyak yang kaya manfaat. Minyak rosemary dapat meningkatkan pertumbuhan rambut baru, sehingga dipercaya sebagai cara mengatasi rambut rontok dengan baik.

Cara menggunakan minyak ini untuk rambutmu adalah dengan mencampurkan ekstraknya ke minyak lain. Lalu, aplikasikan sebagai masker rambut dengan mengoleskan merata di seluruh bagian rambut dan kulit kepala. Pijat perlahan kulit kepalamu, kemudian bilas dengan air bersih atau keramas dengan shampo.

Memakai Minyak Geranium

Source : Freepik

Satu lagi nih minyak yang kaya manfaat dan berdampak positif untuk rambut, yaitu minyak geranium. Minyak yang diambil dari ekstrak bunga geranium ini mampu meningkatkan pertumbuhan rambut baru dan menutrisi akar rambut.

Penggunaan minyak geranium dipercaya ampuh sebagai cara mengatasi rambut rontok dengan baik. Selain dapat digunakan sebagai masker rambut seperti minyak zaitun dan minyak rosemary, minyak geranium ini dapat ditambahkan sebagai campuran kondisioner.

Menggunakan Sari Lemon

Source : Pexels

Lemon adalah buah yang kaya akan vitamin C. Vitamin C sendiri berfungsi menutrisi kulit kepala dan mendorong regenerasi sel kulit baru. Dengan lingkungan tempat bertumbuhnya akar rambut yang sehat, maka pertumbuhan rambut juga akan sehat, sehingga dapat mengurangi kerontokan.

Sebagai opsi yang alami, Pins dapat memeras lemon untuk diambil airnya terlebih dahulu. Lalu, oleskan air lemon tersebut secara merata ke kulit kepala. Diamkan selama 15-20 menit, lalu bilas sampai bersih. Jika ada luka di kulit kepala kamu, Pins dapat menunggu sampai luka tersebut pulih kembali, karena jika tidak, dapat menyebabkan perih saat dioleskan.

Baca juga: 13 Shampo untuk Rambut Rontok dan Tipis

Menggunakan Yogurt

manfaat masker rambut
Source : Freepik

Satu cup yogurt berisi jutaan bakteri baik di dalamnya. Bakteri tersebut juga mampu membantu menyehatkan kulit kepala yang secara tidak langsung berdampak positif kepada masalah rambut rontok. Yogurt dipercaya jadi solusi cara mengatasi rambut rontok dengan baik dan alami. Kamu dapat menggunakan yogurt sebagai masker, atau sekedar mengoleskannya secara berkala.

Menggunakan Teh Hijau

Source : Shutterstock

Cara mengatasi rambut rontok dengan baik yang selanjutnya adalah menggunakan teh hijau. Teh hijau kaya akan antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas akibat polusi di lingkungan sekitar kita. Teh hijau juga dapat menutrisi kulit kepala dan menguatkan akar rambut sehingga tidak mudah rontok.

Menggunakan Lidah Buaya

Source : Shutterstock

Mungkin Pins sering melihat atau memakai lidah buaya sebagai pelembab wajah atau kulit. Ternyata, lidah buaya juga bisa mengatasi rambut rontok secara alami lho. Kamu dapat memilih dua opsi, cara pertama adalah menggunakan lidah buaya asli lalu dipotong-potong dan dioleskan cairannya ke kulit kepala. Selain itu, kamu juga dapat memakai gel lidah buaya dengan beragam merek yang tersedia di pasaran.

Mengonsumsi Makanan Berprotein Tinggi

Source : Shutterstock

Selain pemakaian dari luar, nutrisi dari dalam tubuh juga berpengaruh terhadap pertumbuhan rambut lho, Pins. Salah satu cara mengatasi rambut rontok dengan baik adalah makan makanan berprotein tinggi, seperti telur, ikan, kedelai, dan lain sebagainya.

Protein berfungsi meningkatkan regenerasi sel di seluruh tubuh, termasuk sel kulit kepala. Selain itu, pada makanan berprotein tinggi terdapat kandungan biotin yang dapat merangsang pertumbuhan rambut baru. Kamu dapat memilih protein nabati maupun hewani sesuai selera dan mengonsumsinya secara rutin.

Mengkonsumsi Ginseng

Source : Shutterstock

Cara mengatasi rambut rontok dengan baik yang terakhir adalah mengonsumsi ginseng. Yap, kamu tidak salah dengan, tanaman yang satu ini kaya manfaat, salah satunya untuk rambut. Pins dapat meminum air rebusan ginseng secara rutin sampai memakai produk perawatan rambut dengan kandungan ginseng.

Jadi itulah berbagai cara mengatasi rambut rontok dengan baik dan efektif rekomendasi dari Pinhome. Semoga masalah rambut rontok yang kamu alami dapat segera selesai ya, Pins.

Baca juga: 12 Cara agar Rambut Tidak Mengembang, Ampuh!

Source feature image: All Things Hair


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome.

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download