BlogHome ServiceKecantikanIntip 10 Cara Mengatasi Uban di Usia Muda Ini Yuk!
0
0

Intip 10 Cara Mengatasi Uban di Usia Muda Ini Yuk!

Dipublikasikan oleh Maria Talitakumi

Des 5, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Tahukah kamu bahwa uban juga dapat terjadi pada orang-orang berusia muda? Uban yang berwarna keabu-abuan atau putih ini terkadang membuat risau, karena mengganggu penampilan. Banyak orang yang mencari cara mengatasi uban di usia muda karenanya.

Karena kegalauan orang-orang banyak tersebut, artikel ini akan membahas 10 cara mengatasi uban di usia muda yang pasti berguna bagi Pins. Apakah Pins tertarik untuk mengikutinya? Yuk segera cek selengkapnya berikut ini!

Baca juga: 10 Produk Senka untuk Kulit Sensitif dengan Harga Terjangkau

Penyebab Munculnya Uban di Usia Muda

cara mengatasi uban di usia muda
Source : Unsplash

Terdapat banyak faktor yang mempengaruhi munculnya uban di usia muda. Munculnya uban dapat diakibatkan oleh faktor genetik, stres, penyakit tertentu, merokok, dan juga kekurangan vitamin atau mineral.

Pins dapat mengetahui faktor-faktor tersebut secara rinci berikut ini.

Faktor Genetik

cara mengatasi uban di usia muda
Source : Unsplash

Timbulnya uban saat usia masih tergolong muda dapat diakibatkan oleh faktor genetik tertentu, termasuk faktor ras. Biasanya, orang muda yang memiliki uban juga mempunyai orang tua yang mengalami hal serupa.

Misalnya, orang tua yang saat muda sudah mempunyai rambut uban banyak, beliau dapat menurunkannya secara genetik kepada anaknya.

Menderita Stres

cara mengatasi uban di usia muda
Source : Unsplash

Memang, beberapa peneliti masih meragukan mengenai keterkaitan stres dan uban di usia muda. Namun, adanya hasil dari beberapa penelitian yang menunjukkan stres menjadi pemicu produksi hormon norepinephrine membuat peneliti maklum.

Hormon ini dapat memengaruhi perubahan warna pada rambut, sehingga hal ini dapat menjelaskan mengapa orang muda dapat memiliki uban.

Mengidap Penyakit

cara mengatasi uban di usia muda
Source : Unsplash

Beberapa jenis penyakit akan menyebabkan munculnya uban di usia muda. Penyakit seperti alopecia areata dan juga gangguan tiroid dapat menyebabkan munculnya rambut putih. Adanya rambut putih ini dikarenakan oleh kekurangan melanin.

Kebiasaan Merokok

cara mengatasi uban di usia muda
Source : Unsplash

Kebiasaan ini tidak hanya berbahaya bagi kesehatan secara umum, lho. Merokok ternyata juga mampu memicu munculnya uban di usia 20-an. 

Sebab, merokok akan mengganggu peredaran darah ke folikel rambut, yang berakibat perubahan warna pada rambut.

Baca juga: 20 Cara Memutihkan Kulit Tangan dengan Bahan Alami

Kurangnya Vitamin atau Mineral

cara mengatasi uban di usia muda
Source : Unsplash

Kurangnya konsumsi vitamin D3, kalsium, B12, copper, dan juga zat besi dapat memicu timbulnya uban bagi kaum muda, lho

Sedangkan kekurangan vitamin dan mineral juga akan dapat melemahkan sel rambut dan memengaruhi produksi melanin.

Jadi, dari semua faktor penyebab ini, dapatkah kamu menyimpulkan beberapa cara untuk mengatasi uban di usia muda? Kamu juga dapat membaca rincian lengkapnya berikut ini.

Cara Mengatasi Uban di Usia Muda

cara mengatasi uban di usia muda
Source : Unsplash

Nah, bagi Pins yang masih berusia muda dan ingin menghilangkan uban yang sudah ada diantara rambut hitam, Pins dapat mengikuti saran-saran ini. Cobalah juga untuk menerapkan gaya hidup sehat agar rambut putih Pins dapat tereliminasi sempurna.

Stop Merokok

cara mengatasi uban di usia muda
Source : Unsplash

Ya, karena salah satu penyebab munculnya uban adalah merokok, Pins harus dapat menahan diri untuk tidak merokok. Sebab, selain membuat rambut Pins menjadi berubah abu-abu atau putih, Pins juga dapat mengalami penyakit paru-paru.

Seperti hasil dalam sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa perokok memiliki peluang 2,5 kali lebih tinggi terhadap pertumbuhan uban. Maka dari itu, Pins harus lebih bijaksana untuk mengontrol kebiasaan merokok ya Pins!

Hindari Perawatan Rambut yang Berbahan Keras

cara mengatasi uban di usia muda
Source : Unsplash

Memang banyak produk perawatan rambut yang berbahan keras. Namun, kamu harus dapat memilah mana yang baik untukmu, sebab produk seperti ini mampu memperlancar pertumbuhan uban. Bahkan, produk seperti ini mampu membuat rambutmu rontok.

Oleh karena itu, cobalah untuk tidak menggunakan alat pengering rambut sehabis keramas, dan cobalah untuk mengeringkannya secara alami. Biasakan keramas 2-3 kali seminggu saja, dan hindari penggunaan bleaching dan pewarna rambut.

Selalu Lindungi Rambut

cara mengatasi uban di usia muda
Source : Unsplash

Tidak hanya kulit wajah dan badan yang perlu kamu lindungi dari paparan sinar matahari langsung. Kamu juga harus tahu bahwa rambut pun perlu kamu lindungi juga dari sinar matahari. Misalnya, kamu dapat menggunakan topi saat berpergian.

Sebab, sinar UV juga berpengaruh lho pada perubahan warna rambut. Jadi, selalu siapkan topi, scarf, atau payung ya setiap kali kamu ingin pergi beraktivitas diluar!

Konsumsi Makanan Penuh Nutrisi

cara mengatasi uban di usia muda
Source : Unsplash

Penyebab rambut jadi tumbuh uban adalah karena tubuh kurang asupan vitamin B-6, B-12, dan juga vitamin E. Oleh karena itu, Pins disarankan untuk rutin mengonsumsi ikan, sayur-mayur, daging, telur, gandum, dan juga kacang-kacangan.

Baca juga: 15 Serum untuk Kulit Sensitif dan Menghilangkan Bekas Jerawat

Makan Asupan Tinggi Antioksidan

Source : Unsplash

Pola makan sehat dan bergizi juga berperan banyak dalam mencegah rambut memutih lho, Pins! Kamu dapat menerapkan pola diet tinggi antioksidan juga untuk mengurangi stres oksidatif.

Dan selama mengikuti diet kaya antioksidan, Pins juga wajib memperbanyak asupan sayur, buah-buahan, minyak ikan, dan juga teh hijau. Jenis makanan ini mampu mencegah uban dari bertumbuh lebih banyak lagi.

Gunakan Minyak Kelapa

Source : Unsplash

Karena minyak kelapa memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, minyak ini sering dijadikan alternatif untuk mengatasi uban. Pins hanya perlu membalurkan minyak secukupnya ke rambut, dan tunggu 1 jam hingga meresap sempurna.

Apabila kamu telah selesai mengaplikasikan minyak kelapa, kamu dapat keramas seperti biasa. Pastikan Pins mencuci rambut sampai bersih juga, ya!

Gunakan Masker Jahe dan Madu

Source : Freepik

Pins juga dapat memakai masker rambut dari jahe dan madu sebagai alternatif lain, lho. Sebab, kedua bahan ini sama-sama memiliki kandungan antioksidan yang baik untuk kesehatan tubuh.

Pins dapat memarut jahe segar yang telah dikupas secukupnya. Kemudian, campur dengan sendok makan madu, lalu oles ke kulit kepala. Tunggu beberapa menit sebelum kamu membilasnya hingga bersih.

Konsumsi Jus Wortel

cara mengatasi uban di usia muda
Source : Freepik

Ketika kamu mengenal wortel untuk memperbaiki mata, kamu juga harus tahu bahwa wortel juga berperan untuk melindungi rambut. Pins dapat meminum jus wortel secara berkala untuk menghilangkan uban.

Sebab, wortel mengandung vitamin esensial dan juga beta karoten yang terbukti efektif untuk meremajakan rambut.

Gunakan Masker Daun Kari dan Yoghurt

Source : Freepik

Berikutnya, Pins dapat menggunakan masker alami, yaitu dari daun kari dan juga yoghurt tanpa rasa atau plain. Siapkan daun kari yang telah diblender, dan juga ½ cangkir yoghurt plain untuk membuatnya.

Pins dapat mengaplikasikannya dengan mengoleskannya ke rambut dan tunggu 30 menit. Kemudian, bilaslah seperti biasa. Masker ini dapat kamu gunakan 2-3 kali seminggu hingga kamu mendapatkan hasilnya yang maksimal.

Pakai Pewarna Rambut Alami

Source : Freepik

Dengan menggunakan pewarna rambut alami seperti beberapa bahan herbal, kamu bisa lho menghilangkan rambut ubanmu. Namun, proses menghitamkan uban dengan bahan ini memerlukan kesabaran sebab harus dilakukan beberapa kali.

Karena dengan bahan herbal, warna rambut tidak dapat langsung hitam dan tidak dapat bertahan lama. Oleh karena itu, kamu wajib melakukannya beberapa kali untuk melihat hasil maksimalnya.

Kamu juga dapat menggunakan teh hitam atau kenari hitam untuk mengembalikan warna rambut hitam alami. Apabila Pins memiliki rambut coklat, Pins dapat menggunakan kopi atau kayu manis.

Jadi, apakah Pins siap untuk menghilangkan uban di usia muda dengan beberapa cara yang telah dijabarkan ini?

Baca juga: 13 Rekomendasi Cleanser untuk Kulit Berjerawat


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download