BlogLifestyleTeknologiCara Mengatasi WiFi Sering Putus Nyambung di Android
0
0

Cara Mengatasi WiFi Sering Putus Nyambung di Android

Dipublikasikan oleh Andre Gunawan dan Diperbarui oleh Bryan Dharmanta

Apr 10, 2023

9 menit membaca

Copied to clipboard
Cara Mengatasi WiFi Sering Putus Nyambung di Androidtop-right-banner

Bagaimana cara mengatasi wifi sering putus nyambung? Masalah WiFi sering putus nyambung merupakan masalah yang sudah biasa ditemui. Banyak yang tiap hari menggunakan WiFi dan cukup sering mengalami kejadian ini. Bagi kebanyakan orang yang mengalami ini tentu akan kesal karena kesusahan untuk connect kembali setelah jaringan WiFi terputus.

Coba semisal kamu sedang streaming atau sedang bermain game dan tiba-tiba koneksi WiFi kamu terputus gara-gara hal ini, tentu akan kesal bukan? Terlebih lagi jika WiFi kamu disconnect berkali-kali, pasti akan membuat performa bermain game kamu menjadi jelek. Salah satu caranya bisa juga dengan memilih hunian berkualitas seperti rumah di daerah Bandung yang memiliki akses internet stabil.

Bisanya permasalahan WiFi putus nyambung ini kebanyakan karena masalah pada sistem di Android, masalah pada koneksi yang tidak stabil, WiFi error, atau bisa juga karena masalah autentikasi. Namun disamping itu, masih banyak penyebab lain yang mungkin menjadi asal muasal mengapa koneksi WiFi putus nyambung.

Cara Mengatasi WiFi Sering Putus Nyambung

Beradasarkan penyebab yang sudah disebutkan sebelumnya, tentu akan ada macam-macam cara juga untuk mengatasi permasalahan ini. Karena biasanya lain penyebab lain juga solusi atau cara untuk mengatasinya.

Tapi tenang, karena kami akan memberikan solusi untuk mengatasi WiFi sering putus nyambung di Android secara cukup lengkap dan gamblang. Jadi kamu bisa mencoba semua cara atau tips-tips yang kami tuliskan di bawah ini agar masalah tersebut bisa diselesaikan.

Restart Sistem Android

Merestart HP tentu menjadi solusi mudah yang terkadang bisa mengatasi berbagai masalah, seprerti masalah WiFi sering terputus dan tersambung sendiri. Dengan merestart sistem, maka kamu bisa menghilangkan bug ringan yang menjadi salah satu penyebab masalah tersebut.

Di bawah ini langkah-langkahnya:

  1. Tekan dan tahan tombol power selama beberapa detik.
  2. Kemudian ketika muncul opsi di layar HP kamu, silakan tap Mulai Ulang / Restart.
  3. Setelah itu, proses restart akan dimulai, dan kamu hanya perlu menunggu sampai prosesnya selesai.
  4. Jika sudah, silakan kamu coba tes kembali untuk menyambungkan HP ke koneksi WiFi-nya.
  5. Selesai.

Reconnect WiFi

Cara selanjutnya yang sering dilakukan ketika mengalami masalah WiFi putus nyambung adalah dengan memutus koneksi lalu menyambungkan ulang HP ke jaringan WiFi. Siapa sangka, hal remeh seperti ini sering efektif lho untuk mengatasi masalah WiFi putus nyambung.

Berikut caranya:

  1. Pertama, silakan hidupkan HP kamu, kemudian masuklah ke menu pengaturan WiFi.
  2. Nah, pada bagian tersebut, silakan kamu pilih jaringan WiFi yang mengalami masalah.
  3. Setelah itu, silakan tap dan tahan pada SSID WiFi tersebut kemudian pilih opsi Remove this network atau Lupakan jaringan.
  4. Jika sudah berhasil disconnect, silakan kamu pilih kembali jaringan WiFi tersebut lalu koneksikan kembali perangkat kamu ke jaringan tersebut.
  5. Selesai, biasanya dengan ini WiFi tidak akan putus nyambung lagi.

Hidupkan Ulang WiFi

Selain merestart HP, kamu bisa juga mencoba menghidupkan ulang router. Hal ini dilakukan karena terkadang ada bug pada sistem atau processor full pada router akan membuat perangkat susah connect atau bahkan WiFi nya putus nyambung. Dan hal tersebut bisanya bisa diatasi hanya dengan menghidupkan ulang router.

Router pada dasarnya mirip seperti komputer mini yang memiliki prosesor dan memori yang lebih terbatas. Bug ini juga bisanya muncul ketika penggunaan CPU dan memory pada router telah mencapai batas maksimum. Nah, coba kamu cabut adaptor lalu diamkan sekitar 1 menit lalu silakan colokkan kembali adaptor tersebut.

Nonaktifkan Bluetooth

Terkadang pada beberapa smartphone, koneksi Bluetooth dan WiFi yang dihidupkan bersamaan dapat menyebabkan konflik yang dapat membuat ponsel gagal terhubung ke WiFi, kecepatan jaringan melambat, atau koneksi ke WiFi terputus-putus.

Mengapa demikian? Ini karena pada modul WiFi dan Bluetooth dari smartphone kamu melakukan pembagian alias berbagi pita frekuensi 2,4 GHz dan tentu akan saling mengganggu bila dipakai secara bersamaan.

Untuk mengatasi hal ini, lakukan langkah-langkah berikut ini:

  1. Nonaktifkan Bluetooth ketika menggunakan jaringan WiFI untuk menghindari kemungkinan adanya gangguan.
  2. Bila kamu memerlukan penggunaan Bluetooth, silakan nonaktifkan Bluetooth terlebih dahulu kemudain aktifkan kembali ketika smartphone kamu sudah berhasil terhubung ke jaringan WiFi.
  3. Coba gunakan smartphone pada pita frekuensi 5 GHz (bila memungkinkan) ketika terhubung ke jaringan Wi-Fi.

Pastikan HP Dalam Jangkauan Sinyal

Sinyal WiFi tentu pengaruhnya sangat besar, terutama pada kecepatan dan stabilitas koneksi. Oleh karenanya, hal ini juga erat kaitannya dengan masalah WiFi putus nyambung. Karena pada beberapa kasus, penyebab masalah tersebut ada pada HP yang tidak bisa menangkap sinyal.

Ketika sinyal WiFi lemah, maka smartphone memang terkadang tetap bisa tersambung ke jaringan internet. Namun, sesekali mungkin komponen smartphone tidak dapat menangkap sinyal dengan baik, sehingga harus mencari ulang jaringan. Karena hal inilah munculnya masalah WiFi terputus dan nyambung lagi secara berulang.

Untuk mengatasinya, silakan ikuti beberapa tips berikut:

  1. Pastikan sinyal WiFi yang dipancarkan oleh router atau modem kualitasnya bagus, setidaknya ada 3 bar atau lebih.
  2. Coba untuk meletakkan router atau modem di tempat yang strategis dan terbuka, sehingga tidak terhalang tembok atau penda padat lain yang menghambat pancaran sinyal WiFi.
  3. Solusi mudah selanjutnya, kamu bisa coba dekatkan smartphone ke router. Karena dengan demikian, maka secara otomatis sinyal WiFi akan menjadi lebih kuat.
  4. Apabila ruangan kamu dalam jangkauan yang lemah, maka kamu bisa pakai alat tambahan untuk memperkuat sinyal WiFi seperti extender WiFi.

Boot Ulang Router

Cara satu ini juga masih seputar router, yang mana kalau menghidupkan ulang pada cara sebelumnya itu akan merefresh processor. Tetapi kalau boot ulang router ini fungsinya untuk merefresh sistem pada router. Ketika sistem router di-reboot maka sistem akan melakukan reconnect dengan jaringan dari ISP, sehingga jika terdapat masalah sistem maka akan mudah teratasi.

Berikut cara boot ulang router WiFi:

  1. Buka halaman admin WiFi melalui link yang dari router yang kamu pakai. Nah, untuk mengetahuinya kamu bisa melihat informasi yang tertera pada bawah router atau dengan browsing halaman admin dari merk router kamu.
  2. Jika sudah masuk ke halaman admin router, silakan kamu buka menu Settings disana.
  3. Kemudian masuk ke pengaturan Device (sesuaikan saja dengan tampilan router kamu).
  4. Setelah itu, silakan cari opsi reboot router di sana.
  5. Kalau sudah ketemu, tinggal klik opsi tersebut.
  6. Selesai.

Unroot HP

HP yang sudah dalam keadaan root, kebanyakan sistem didalamnya tidak stabil, dan cenderung dapat memicu munculnya bug tertentu seperti HP kamu putus nyambung ketika dikoneksikan ke jaringan WiFi. Hal ini karena kebanyakan pengguna root jarang melakukan optimalisasinya pada sistem agar tidak muncul bug tertentu.

Nah, kerana itulah root juga bisa menjadi faktor penyebab WiFi di HP kamu putus nyambung. Selanjutnya untuk poin ini, kami rekomendasikan untuk melakukan unroot. Cara ini sebenarnya opsional saja, karena kamu masih bisa mencoba dua cara lagi di bawah ini.

Nah, bila kamu ingin melakukan unroot, tentu tiap HP beda caranya, tapi untuk mudahnya kamu bisa coba gunakan aplikasi seperti:

  • KingRoot
  • Simply Unroot
  • SuperSU
  • Magisk
  • Dan sejenisnya

Untuk lebih rincinya, kamu bisa searching tentang cara unroot sesuai merk dan tipe smartphone yang kamu gunakan.

Reset HP Ke Pengaturan Awal

Kalau cara-cara di atas masih belum bisa untuk mengatasi WiFi sering putus nyambung di Android, maka solusi selanjutnya adalah dengan mereset smartphone ke pengaturan pabrik. Karena kemungkinan masalah tersebut penyebabnya masih dalam lingkup sistem error, dan berpengaruh ke WiFi.

Untuk memastikannya kamu bisa mencoba menggunakan HP lain untuk connect ke WiFi yang biasa kamu gunakan. Pastikan apakah pada HP tersebut mengalami masalah yang serupa atau tidak. Jika tidak maka memang sistem di HP kamu yang mengalami error dan kita tidak tahu penyebab pastinya dimana.

Untuk mengatasi hal ini sebenarnya tidak terlalu sulit, karena kamu bisa coba melakukan factory reset sebagai solusinya. Dan biasanya metode ini cukup efektif untuk membuat WiFi HP menjadi normal kembali.

Di bawah ini langkah-langkah melakukannya:

  1. Buka Settings di smartphone kamu.
  2. Setelah itu, cari lalu masuk ke menu Cadangkan dan Setel Ulang (sesuaikan saja dengan tampilah HP kamu).
  3. Setelah itu, pilih opsi Kembalikan ke Setelan Pabrik.
  4. Jika sudah, maka proses reset akan dimulai dan untuk langkah selanjutnya silakan ikuti saja panduan reset yang tertera.

Perlu diingat, bahwa kamu wajib menyimpan terlebih dahulu data-data penting yang ada di HP agar kamu tidak kehilangan data tersebut setelah proses reset dilakukan. Nah, ketika proses reset selesai, maka HP kamu akan diatur ulang, termasuk pengaturan pada WiFi.

Reset Sistem Router

Selain masalah pada sistem HP yang mengharuskan kamu melakukan reset, masalah sistem pada router juga kadang bisa saja terjadi sehingga membuat WiFi sering putus nyambung secara berulang. Cara mengatasinya juga dengan mereset sistem pada router.

Sebelum ke caranya, pastikan terlebih dahulu bahwa penyebab masalah WiFi sering putus nyambung adalah karena sistem router atau bukan. Cara memastikannya adalah dengan mencoba menyambungkan HP kamu ke jaringan WiFi lain, dan bila normal tidak terputus-putus maka dapat dipastikan sistem router mengalami masalah.

Untuk mereset sistem router, berikut caranya:

  1. Pertama, silakan akses halaman admin WiFi melalui link yang dari router yang kamu pakai.
  2. Untuk mengetahuinya alamatnyaa, kamu bisa melihat informasi yang tertera pada bawah router atau dengan browsing halaman admin dari merk router yang kamu gunakan.
  3. Jika sudah masuk ke halaman admin router, silakan kamu buka menu Settings disana.
  4. Kemudian carilah opsi Restore to Default atau Factory Default Restore pada pengaturan Device (sesuaikan saja dengan tampilan router kamu).
  5. Setelah ketemu, silakan silakan lakukan reset dengan klik atau tap pada opsi tersebut.
  6. Selesai, sekarang tes kembali WiFi nya.

Akhir Kata

Masalah WiFi sering putus nyambung di Android seharusnya sudah bisa teratasi dengan cara-cara yang sudah dipaparkan.

Metode yang kami tuliskan di atas sudah dibuat secara urut, dimulai dari hal yang sering dialami hingga yang jarang dialami seperti melakukan unroot. Silakan kamu coba semua atau salah satu cara-cara tersebut sesuai kebutuhan kamu.

Jangan biarkan masalah WiFi yang sering putus nyambung mengganggu aktivitasmu di rumah. Untuk mengatasi masalah tersebut, pastikan kamu memilih router WiFi yang tepat dan menempatkannya di lokasi yang strategis seperti Grand Sharon Residence. Selain itu, kamu juga dapat mengecek halaman Rumah Eksklusif di Pinhome untuk mencari hunian yang memenuhi kriteria tersebut. Di halaman tersebut, kamu dapat menemukan berbagai pilihan rumah eksklusif dengan fasilitas lengkap, termasuk jaringan internet yang stabil dan cepat.

Mungkin cukup sekian artikel yang dapat kami bagikan, semoga cara mengatasi wifi sering putus nyambung ini bermanfaat dan membantu. Terima kasih.


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Kertamukti Sakti Residence dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download