BlogHome ServiceElektronikCara Mengatur Suhu AC Agar Tidak Terlalu Dingin Saat Tidur
0
0

Cara Mengatur Suhu AC Agar Tidak Terlalu Dingin Saat Tidur

Dipublikasikan oleh Mustika Mustika dan Diperbarui oleh rahman

Des 5, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Dengan panasnya udara di kawasan kota, menyalakan AC sepanjang malam memang akan membuat ruangan jadi sejuk dan tidur lebih lelap. Namun, AC yang dibiarkan sepanjang malam bisa membuat ruangan semakin dingin. Alhasil, tidur jadi tidak nyaman dan tagihan listrik pun melonjak. Namun, tidak perlu khawatir. Kamu bisa menerapkan cara mengatur suhu AC agar tidak terlalu dingin.

Melansir EliteDaily, tidur di dalam ruangan sejuk memiliki dampak positif untuk tubuh kita. Namun, tidur di ruangan yang terlalu dingin  karena AC menyala sepanjang malam bisa menyebabkan kulit kering hingga gangguan pernapasan.

Untuk meminimalkan risiko ini, yuk terapkan cara mengatur suhu AC agar tidak terlalu dingin berikut ini.

Cara Mengatur Suhu Agar Tidak Terlalu Dingin

Tutup Pintu dan Jendela

Saat hendak menyalakan AC di malam hari, sebaiknya tutup rapat semua pintu dan jendela di dalam kamar. Selain mencegah nyamuk masuk ke dalam kamar, menutup kamar juga bertujuan agar ruangan cepat dingin ketika AC dinyalakan.

Ingat, AC mendinginkan ruangan dengan cara mengembuskan udara dingin. Ketika udara terlepas keluar kamar, maka waktu pendinginan kamar akan semakin lama dan AC akan bekerja makin keras. Padahal, makin keras AC bekerja, makin besar juga tagihan listriknya. Maka, pastikan untuk menutup pintu dan jendela sebelum menyalakan AC, ya!

Atur Suhu Awal Tidak Terlalu Dingin

Ketika menyalakan AC, mungkin kamu ingin agar ruangan cepat-cepat dingin. Namun, sebaiknya tidak langsung menyalakan AC hingga suhu terendah. Meski rentang pengaturan AC umumnya antara 16-30 derajat Celsius, tidak disarankan menurunkan suhu AC hingga 16 derajat Celsius saat baru dinyalakan.

Idealnya, selisih antara suhu luar ruangan dengan suhu di dalam ruangan tidak lebih dari 10 derajat Celsius. Saat baru dinyalakan, beri waktu agar AC menurunkan suhu secara perlahan.

Kamu bisa mengatur suhu mulai 28 derajat Celsius. Saat udara sudah mulai turun, kamu bisa menurunkannya lagi jika dirasa kurang sejuk.

Menurunkan suhu secara bertahap juga akan membantu tubuhmu beradaptasi dengan temperatur sehingga tidak kaget dengan perubahan suhu mendadak.

Untuk kinerja AC sendiri, menurunkan suhu secara bertahap artinya AC tidak bekerja terlalu keras sehingga komponen-komponennya akan lebih awet. Tips ini juga bisa membantumu lebih hemat energi karena AC tidak mengonsumsi banyak daya.

Naikkan Suhu AC Ketika Hendak Tidur

Idealnya, orang dewasa membutuhkan waktu tidur minimal tujuh jam setiap malam. Remaja dan anak-anak bahkan membutuhkan waktu tidur lebih lama untuk menunjang pertumbuhan.

Kurangnya tidur atau tidur yang tidak nyenyak dapat membuatmu merasa mengantuk dan letih di siang hari. Akibatnya, kamu jadi kurang produktif serta mood memburuk.

Kasus gangguan tidur kronis bahkan bisa meningkatkan risiko tekanan darah tinggi, diabetes, serangan jantung, stroke, dan penyakit berat lainnya. Karenanya, menjaga kualitas dan durasi tidur amat penting untuk menjaga kualitas hidup sehat.

Melansir WebMD, suhu tubuh kita turun hingga 2 derajat saat kita tertidur lelap di malam hari. Karenanya, kamu perlu menerapkan cara mengatur suhu AC agar tidak terlalu dingin.

Caranya adalah dengan menaikkan temperatur sekitar 2-3 derajat. Misalnya, sebelum tidur kamu merasa nyaman dengan suhu 20 derajat Celsius, artinya kamu perlu menaikkan suhu AC hingga 22-23 derajat Celsius agar tidurmu lebih nyaman sepanjang malam.

Pakai dengan Mode Auto

Beberapa orang kerap terbangun dini hari karena kedinginan dan harus menaikkan suhu AC atau bahkan mematikannya. Meski kamu bisa mengoperasikan AC dengan mudah menggunakan remote control, terbangun dari tidur nyenyak tentunya sangat mengganggu.

Nah, agar tidak perlu bangun di malam hari untuk menyesuaikan suhu AC, kamu bisa memanfaatkan fitur mode auto. Dengan mengaktifkan mode auto, AC akan secara otomatis mengatur suhu untuk membuat kamarmu cukup sejuk.

Ketika sudah mencapai suhu yang diinginkan, kompresor AC akan berhenti bekerja sehingga kamarmu tidak akan bertambah dingin. Kemudian, jika AC mendeteksi suhu ruangan sudah naik, kompresor akan bekerja kembali untuk mendinginkan udara.

Selain praktis, mode auto juga termasuk hemat energi, lho!

Gunakan Timer untuk Mematikan AC secara Otomatis

Bagi sebagian orang, menyalakan AC sepanjang malam bisa menyebabkan masuk angin. Karenanya, mereka mematikan AC sebelum tidur. Padahal, sebetulnya AC memiliki pengaturan timer agar unit AC mati sendiri setelah durasi waktu tertentu.

Dengan mengaktifkan timer, kamu tidak perlu khawatir akan masuk angin.  Apalagi suhu udara menjelang dini hari biasanya mulai dingin, terkadang sampai membuat kita terbangun kedinginan. Kalau menggunakan fitur timer, ini tidak akan terjadi.

Kamu tidak perlu terbangun malam-malam untuk sekadar mematikan AC sebab AC akan mati dengan sendirinya saat waktu operasionalnya habis. Di samping itu, tagihan listrik tentunya akan lebih murah karena AC tidak menyedot daya listrik sepanjang malam.

Nah, itu dia beberapa cara mengatur suhu AC agar tidak terlalu dingin saat kamu tidur. Pastikan juga untuk melakukan maintenance AC secara rutin ya.

Setidaknya bersihkan filter AC minimal satu bulan sekali dan cuci unit outdoor minimal 3 bulan sekali. Bagaimanapun, AC yang bersih akan menghasilkan udara bersih yang akan kamu hirup sepanjang hari.


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download