BlogHome ServiceResep MasakanCara Menghias Tumpeng untuk Lomba, Unik dan Menarik!
0
0

Cara Menghias Tumpeng untuk Lomba, Unik dan Menarik!

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari

Des 5, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Tumpeng sering disajikan saat acara penting seperti perlombaan. Kondimen tumpeng berisi aneka lauk pauk, nasi kuning dan sayuran. Cara menghias tumpeng untuk lomba pun ternyata tidak sulit.

Berikut ini akan kami bahas cara menghias tumpeng untuk lomba yang bisa kamu lakukan dengan mudah.

Cara Menghias Tumpeng untuk Lomba

Cara membuat tumpeng tidak hanya mengandalkan kondimen utama berupa nasi kuning saja. Tumpeng yang dihiasi dengan berbagai warna tentu akan menggugah selera bagi yang melihatnya. 

Cara membuat tumpeng perlu menyiapkan lauk pauk dan sayuran dengan beragam warna. Adapun cara menghias tumpeng untuk lomba dapat Pins simak di bawah ini.

Siapkan Alat Untuk Menghias

cara menghias tumpeng untuk lomba
Source : Shopee

Siapkan dulu alat yang dibutuhkan untuk menghias tumpeng. Misalnya saja pisau, lidi, mould maupun cutter. Fungsi cutter dan pisau berguna untuk memotong sayur sebagai hiasan.

Sementara itu, sapu lidi berguna untuk membuat bahan hiasan dapat berdiri tegak.  Lidi juga berfungsi untuk menyambungkan antar sayuran atau hiasan lainnya. Mould sendiri berguna membentuk pola bulatan kecil pada hiasan tumpeng. 

Selain itu, siapkan tampah tumpeng dengan ukuran yang sesuai. Jika tumpeng atau lauknya terbatas, gunakan tampah berukuran kecil, begitu juga sebaliknya. Tampah dengan ukuran yang tidak sesuai akan berkesan kosong karena kurang bahan.

Baca juga: 9 Resep Nasi Liwet Sunda Ala Magicom

Cetak Nasi dengan Cetakan

cara menghias tumpeng untuk lomba
Source : Modern

Cara membuat tumpeng khususnya bagian nasi adalah menggunakan cetakan. Kebanyakan nasi dibentuk kerucut, namun ada pula yang membentuknya menjadi kotak atau bentuk kecil lainnya.

Alat cetak biasanya memakai bahan aluminum. Sesuaikan cetakan dengan ukuran tumpeng yang ingin dibuat. Untuk membuat bentuk yang sempurna, tekan nasi memenuhi semua ruang cetakan.

Setelah nasi memadat, baru keluarkan dari cetakan. Gunakan centong nasi untuk memadatkannya. Pakai beras berkualitas agar nasi tidak mudah retak ketika dicetak.

Atur Lauk Pauk Secara Kontras

Setelah itu, atur lauk secara kontras. Cara membuat tumpeng tidak hanya fokus pada nasi kuning saja, namun juga lauk yang tersedia. Letakan hidangan mengitari nasi kuning sebagai pusat perhatiannya.

Warna lauk yang sejenis tidak disandingkan karena kurang menarik. Misalnya saja ayam goreng, tempe orek ataupun perkedel memiliki warna mirip yaitu coklat. Sebaiknya lauk ini tidak diletakan berdampingan.

Bila ada urap-urap ataupun bihun goreng yang mana memiliki warna hijau dan putih, ini dapat menjadi pemisah. Batas antara lauk satu dengan lainnya bisa atau tanpa sekat. Pastikan lauk pauk tidak bercampur satu dengan lainnya.

Baca juga: Resep Nasi Goreng Enak Sederhana yang Bikin Ketagihan!

Gunakan Sayuran Sebagai Hiasan

Source : Pinterest

Di sisi lain, hiasan nasi tumpeng dapat menggunakan sayuran yang dibentuk. Ada beberapa sayuran yang dapat memeriahkan hiasan tumpeng sebagai berikut:

Timun

Timun sering dijadikan lalapan pada sajian. Cara membentuk timun tergolong mudah hanya butuh pisau. Kupas dulu kulitnya kemudian iris menjadi 6 bagian yang tipis.

Lubangin irisan timun pada bagian tengahnya. Irisan timun ini dapat menjadi bagian bawang bunga. Gulung irisan timun agar membentuk kelopak bunga yang cantik. 

Bila dirasa sulit melakukannya, potong timun dengan pisau bergerigi. Pins juga bisa memotong serong timun agar hasilnya tidak monoton.

Tomat

Untuk menambah warna tumpeng, sediakan tomat. Warna merahnya dapat menjadi pemanis yang cantik. Pertama-tama, potong bagian bawah tomat lalu potong kulit tomat melingkar dengan aksen gelombang.

Jangan sampai putus kulitnya, lalu gulung sehingga membentuk bunga. Pastikan sisi kulit berada di luar, sementara pulpanya berada di bagian dalam. Ukuran kelopak bunga dapat disesuaikan dengan mengendurkan gulungan untuk memperbesar dan sebaliknya.

Baca Juga: 15 Resep Macaroni Schotel Yummy dan Gurih

Wortel

Tambahkan wortel yang memiliki warna orange alami. Teksturnya cukup padat namun mudah untuk dibentuk. Kupas dulu kulit luas kemudian cuci bersih. Setelah itu potong 1-1.5 cm bagian pinggir wortel untuk membentuk efek kelopak bunga.

Gunakan pisau salur khusus agar wortel terlihat seperti bunga. Pins dapat potong wortel pada bagian atas terlebih dulu. Wortel yang terpotong berbentuk bulat dan mirip dengan bunga matahari.

Pins dapat pula membentuk bunga mawar yang cantik. Pertama, potong wortel menjadi empat bagian. Lalu tiga bagian super tipis dan 1 bagian sedikit tebal. Potong melintang di tengah lebih tebal.

Gulung irisan wortel tipis sehingga membentuk kelopak bunga. Tempat gulungan tersebut di tengah irisan wortel tebal yang diberi lubang pada tengahnya. 

Cabai Merah Atau Paprika

Tambahkan cabai merah atau paprika agar hiasan tumpeng semakin menarik. Irisan cabai merah cocok untuk puncak tumpeng. Belah bagian tengah cabai namun tidak sampai putus agar membentuk kelopak bunga.

Sebaiknya rendam cabai atau paprika di air dingin setelah dibentuk. Tujuannya agar cabai atau paprika mekar sempurna dan tahan lama.

Baca juga: 11 Cara Membuat Cireng Nasi dengan Mudah

Buat Pagar Anyaman

cara menghias tumpeng untuk lomba
Source : contohgambarhiasan

Cara menghias tumpeng untuk lomba juga membutuhkan pagar anyaman. Pagar anyaman ini dapat Pins buat dari bahan kacang panjang. Pertama, bersihkan kacang panjang kemudian potong dalam ukuran yang sama.

Gunakan lidi untuk menusuk kacang dan membuat pondasi pagar. Lilitkan kacang panjang secara selang seling seperti menganyam.

Hiasan Secukupnya

Tumpeng yang banyak hiasan memang bagus, tetapi jangan sampai berlebihan. Hiasan tetap ada namun tidak menutupi lauk pauk sebagai hidangan utama. 

Tumpeng juga dapat Pins tambahkan sedikit buah-buahan bila memang masih tersisa ruang. Selain menggunakan nasi kuning sebagai bahan utama, Pins juga bisa membuat nasi liwet sebagai bahan utama tumpeng.

Bagaimana mudah bukan cara menghias tumpeng untuk lomba diatas ? Yuk, segera praktekan sendiri di rumah. Nah, setelah Pins mencoba resep ini, jangan lupa membersihkan area dapur supaya tetap enak dilihat ya!

Jika butuh bantuan untuk bersih-bersih dapur, Pins dapat mencoba layanan Home Cleaning dari Pinhome Home Service yang terdapat di aplikasi Pinhome. Harganya mulai 50ribu untuk 1 jam dengan berbagai promo tersedia. Klik di sini untuk coba.

Baca juga:

Editor: Syahya Rembulan


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download