BlogHome ServiceElektronikBegini Cara Menghidupkan Kulkas Setelah Dibersihkan
0
0

Begini Cara Menghidupkan Kulkas Setelah Dibersihkan

Dipublikasikan oleh  

Des 4, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Kulkas adalah lemari pendingin yang dibuat untuk menyimpan bahan makanan dan minuman agar tetap awet dan tahan lama meski tidak digunakan dalam jangka waktu yang panjang. Kulkas dapat mengawetkan makanan karena terhambatnya pertumbuhan bakteri akibat suhu yang rendah. Kulkas juga dapat membantu semua orang untuk menyimpan berbagai jenis makanan, seperti makanan kering, makanan basah, dan bahan dasar dalam pembuatan makanan agar tetap dalam kondisi yang optimal. Sudah tahu cara menghidupkan kulkas setelah dibersihkan?

Karena fungsi sebagai tempat menyimpan makanan, tentu kulkas menjadi benda yang harus kamu bersihkan secara rutin, karena kalau tidak justru kulkas bisa menjadi sumber bakteri yang membahayakan makanan kamu. Biasanya setelah dibersihkan, kulkas tidak dinyalakan langsung seperti biasa, melainkan ada cara khusus dalam menghidupkannya. Bagi kamu yang belum tahu, ini dia cara menghidupkan kulkas setelah dibersihkan.

Pentingnya Membersihkan Kulkas Secara Rutin

(Canva)

Sebelum Pins mengetahui cara menghidupkan kulkas setelah dibersihkan, penting untuk menyadari bahwa membersihkan kulkas secara rutin ini dibutuhkan. Selain menjaga kulkas tetap bersih dan sehat, hal ini juga bisa menghindarkan kulkas dari kerusakan. 

Guna membersihkannya, tentu Pins perlu mematikan kulkas sementara waktu. Kulkas perlu dicairkan secara berkala karena adanya beberapa alasan seperti untuk membersihkan dari kotoran, jamur, bau tidak sedap, serta mencairkan bunga es pada freezer. Biasanya sensor suhu terganggu karena adanya lapisan es yang besar. 

Oleh karena itu, saat terdapat bunga es sebaiknya segera cairkan agar tidak menutupi sensor suhu kulkas. Selain itu, membersihkan bunga es juga membuat kamu lebih nyaman saat membuka pintu dan freezer. Setelah membersihkan bunga es, kamu tidak bisa langsung menyalakan kulkas. Terdapat beberapa prosedur yang perlu dilakukan agar kulkas tidak mudah rusak.

Baca juga:

Cara Membersihkan Kulkas yang Benar

(Canva)

Dalam membersihkan kulkas, tentu kamu harus mengetahui cara merawat kulkas dengan benar agar kulkas jauh lebih awet. Selain itu, dengan melakukan perawatan yang benar Pins juga dapat membersihkan kulkas secara menyeluruh dan lebih bersih. Ini dia langkah-langkah dalam membersihkan kulkas yang perlu kamu ketahui.

Pertama, posisikan kulkas di tempat yang tepat tidak berdekatan dengan benda panas. Sebaiknya kamu meletakkan kulkas dengan jarak minimal 10 cm dari masing-masing sisi.

Kedua, sebaiknya kulkas yang baru dibeli jangan langsung dipakai. Minimal diamkan kulkas selama 8 jam hingga 24 jam. Selanjutnya setelah kulkas dinyalakan, jangan langsung mengisi kulkas. Biarkan kulkas berfungsi selama 3 jam terhitung setelah kulkas dihidupkan. Hal ini untuk membuat kulkas mendinginkan ruangan secara maksimal.

Kemudian, jangan pernah meletakkan makanan yang masih panas di dalam kulkas yang membuat kulkas bekerja lebih keras dari biasanya untuk mendinginkan ruangan di dalamnya.

Keempat, isi kulkas dengan makanan dan minuman secukupnya. Jangan terlalu banyak hingga menumpuk makanan dan minuman dalam kulkas, karena beban yang berat dapat membuat wadah dalam kulkas menjadi pecah dan rusak.

Lalu pastikan selalu menutup kulkas dengan rapat. Karena, jika kulkas tidak ditutup dengan rapat bisa menyebabkan udara dingin dari kulkas bisa keluar dan tergantikan oleh udara dari luar. Hal ini akan menyebabkan kulkas bekerja lebih keras untuk mempertahankan suhunya dan jika pintu tidak rapat kotoran yang terbawa angin masuk kedalam kulkas mencemari makanan yang ada di dalam kulkas.

Kamu juga sebaiknya membersihkan kulkas secara teratur minimal 1 bulan sekali dengan cara mengeluarkan semua makanan dan minuman. Kemudian bersihkan bagian dalam kulkas dengan lap atau sponge supaya tidak merusak dinding kulkas. Hindari mencongkel bunga es dengan alat tajam karena bisa menyebabkan kerusakan pada freezer.

Bersihkan kondensor kulkas secara rutin. Pada bagian kondensor kulkas biasanya ada penumpukkan debu yang tersedot. Debu yang berada di kondensor akan mengurangi efisiensi penggunaan listrik. Kamu bisa membersihkan kondensor dengan sikat dan lap basah.

Selanjutnya adalah dengan mengatur suhu yang benar. Mengatur suhu yang tepat juga akan membuat bahan makan seperti buah dan sayuran tetap segar dan awet. Suhu kulkas yang baik adalah 37 derajat dan 0 derajat pada freezer.

Terakhir, jika terjadi pemadaman listrik hal yang harus Pins lakukan adalah biarkan kulkas tertutup jangan sering membuka kulkas. Jika listrik sudah menyala kembali, diamkan kulkas selama 5 menit, lalu dihidupkan supaya kompresor benar-benar direset ke posisi utama. Jika kulkas tidak direset justru akan membuat kulkas menjadi cepat rusak.

Baca Juga:

Cara Menghidupkan Kulkas Setelah Dibersihkan

(Canva)

Setelah dibersihkan dengan benar, langkah selanjutnya adalah dengan menghidupkan kembali kulkas. Namun sebaiknya kamu memperhatikan beberapa hal ini.

Pertama, kamu harus membersihkan semua air dari rak dan lantai. Hal ini guna mencegah terjadinya korsleting listrik. Jika terjadi korsleting listrik tidak hanya membahayakan kulkas, tetapi juga membahayakan kamu yang bisa tersetrum. Mencairkan kulkas adalah suatu keharusan dalam membersihkan kulkas, tetapi tidak boleh terlalu sering karena bisa menyebabkan lebih banyak masalah.

Jika Pins memiliki kulkas yang dengan fitur no frost, Pins tidak perlu mencairkan bunga es sendiri. Setelah pembersihan basah, jangan lupa untuk melapisi permukaan bawah dengan kain kering ini akan mengeringkan perangkat lebih cepat.

Selanjutnya diamkan kulkas sehabis dibersihkan selama 2-3 jam terlebih dahulu, sebelum kamu mulai menghidupkan kulkas. Lalu, colokkan kulkas ke stop kontak, namun pastikan kulkas dan sekitarnya sudah benar benar kering. Tangan kamu pun juga harus dalam keadaan kering, supaya tidak terjadi bahaya yang tidak diinginkan.

Terakhir, atur suhu pada kulkas terlebih dahulu jika ingin mengisi kembali makanan dan minuman ke dalam kulkas kamu harus menunggu sampai suhu kulkas sudah sesuai. Setelah itu kamu baru bisa kembali mengisi kulkas.

Baca juga:

Itulah beberapa cara menghidupkan kulkas setelah dibersihkan. Ikuti setiap langkag di atas agar kulkas tidak cepat rusak. Selain kulkas yang harus dibersihkan, ada perangkat lain yang harus dibersihkan untuk menjaga kebersihan dan kualitasnya yaitu AC. Supaya AC yang sudah dibeli tahan lama dan tetap dingin, lakukan servis AC secara berkala. Bila AC tidak bekerja maksimal, pesan jasa perbaikan AC oleh teknisi dari Pinhome Home Service. Dengan biaya yang sesuai standar, Pins bisa mendatangkan teknisi AC profesional sesuai dengan keluhan yang dihadapi melalui layanan Perbaikan AC di aplikasi Pinhome. Download aplikasi Pinhome di sini. 

Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apalagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download