BlogHome ServiceKebersihan Rumah5 Cara Menghilangkan Bau Air Sumur dengan Garam
0
0

5 Cara Menghilangkan Bau Air Sumur dengan Garam

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari

Des 5, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Sumur yang bau terkadang bisa disebabkan oleh pencemaran limbah, dibangung terlalu dekat dengan septic tank atau airnya kotor. Namun, Pins bisa menghilangkan bau air sumur dengan cara memanfaatkan garam, lho

Garam mudah didapatkan dan harganya terjangkau. Bahannya alami sehingga tidak menimbulkan efek samping dikemudian hari. Berbeda bila Pins menghilangkan bau dengan kaporit.

Baca Juga:

Cara Menghilangkan Bau Air Sumur dengan Garam

Penggunaan kaporit membuat Pins harus menunggu terlebih dulu beberapa hari sampai bau kaporit hilang. Sementara itu, penggunaan garam hanya butuh beberapa jam saja untuk menghilangkan bau air sumur dan bisa langsung dikonsumsi. 

Siapkan sebungkus Garam

Source : Pexels

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah menyiapkan garam. Bahan ini mampu mengikat zat yang menimbulkan bau seperti H2S. Tak hanya itu saja, garam mampu mengikat lembung sehingga air keruh dapat berubah jernih kembali.

Cara menghilangkan bau air sumur dengan garam bebas memakai garam halus ataupun kasar. Bila Pins memiliki garam epsom atau garam Inggris, ini akan lebih baik lagi hasilnya.

Garam epsom memiliki kandungan magnesium, sulfur dan oksigen yang tinggi. Bentuknya menyerupai kristal yang bisa larut dalam air namun tidak larut dalam etanol.

Garam epsom juga sering dimanfaatkan untuk menghilangkan bau badan dan pengobatan lainnya. Harganya sendiri berkisar Rp.11.000-Rp.15.000 per kilonya. 

Baca Juga:

Larutkan Garam & Air Dalam Ember

cara menghilangkan bau air sumur dengan garam
Source : Pixabay

Setelah garam tersedia, lanjutkan dengan menyiapkan air dalam ember. 1 kg garam dapat dilarutkan dengan 20 liter air. Gunakan air bersih dari sumber mata air lainnya.

Jangan langsung menuangkan sebungkus garam sekaligus dalam satu ember air. Cukup masukan setengah bungkus dahulu kemudian aduk hingga merata. Setelah itu, masukan kembali sisanya ke dalam ember.

Pastikan garam benar-benar larut dalam air. Tak perlu tergesa-gesa saat mengaduknya. Garam membutuhkan waktu lebih lama untuk larut saat memakai air dingin.

Apalagi, garam epsom memiliki butiran yang lebih besar ketimbang garam dapur pada umumnya. Jika ingin segera melarutkan garam epsom dalam waktu cepat, kamu dapat menggunakan air panas.

Cara menghilangkan bau air sumur dengan garam akan lebih mudah dengan bantuan air panas. Namun larutan air garam yang panas ini harus didiamkan hingga suhunya dingin. Baru setelahnya masukan ke dalam sumur.

Baca Juga:

Diamkan Dalam Sumur

Source : Freepik

Setelah menuangkan larutan garam ke dalam sumur. Diamkan hingga 6 jam lamanya. Tutup sumur agar hewan atau serangga tidak masuk kedalamnya. Jika setelah enam jam air sumur masih berbau, ulangi langkah diatas.

Selain dari gas H2S, ada beberapa faktor lainnya yang menyebabkan air sumur beraroma tak sedap. Misalnya saja, adanya zat mangan atau zat besi dengan konsentrat tinggi.

Campuran logam besi ketika proses pengeboran juga menyebabkan air sumur menjadi bau. Hal ini menyebabkan proses mendiamkan garam bisa lebih dari 6 jam dan dilakukan berkali-kali.

Untuk mencegah bau tak sedap datang kembali, sebaiknya setiap seminggu sekali lakukan cara diatas. Air sumur akan ikut terjaga dari pencemaran limbah.

Baca Juga:

Tambahkan Arang Batok Kelapa

cara menghilangkan bau air sumur dengan garam
Source : Pexels

Pins juga bisa mengandalkan batok kelapa untuk mengikat bau besi pada air sumur. Bau besi ini kerap dialami pengguna sumur air bor. Biasanya untuk menghilangkan bau sumur akan diperdalam.

Tentunya hal ini akan memakan lebih banyak waktu dan tenaga. Walau kelihatannya sederhana, batok kelapa mampu mengatasi bau besi pada sumur. Arang batok kelapa dapat mengikat zat logam yang larut dalam air.

Arang mampu mengikat kotoran dan mengembalikan kejernihan air. Caranya sederhana, yakni dengan menyiapkan 2 kg arang batok kelapa untuk sumur dengan kedalaman 10 meter.

Jika kedalaman sumur lebih dari itu, tambahkan satu kilo setiap 5 meter. Bungkus batok kelapa memakai kain kemudian ikat dengan tali. 

Masukan bungkusan arang ini ke dalam sumur. Tunggu beberapa hari hingga bau besi benar-benar menghilang.

Bila Air Keruh Masukan Filter Alami

Source : Pixabay

Apabila air keruh, buat filter alami untuk menjernihkannya. Pins dapat menggunakan filter yang terbuat dari ijuk, jerami dan sabut kelapa. Ketiga bahan ini memiliki keunggulan daya serap yang tinggi.

Mula-mula buat jaring-jaring terlebih dahulu dengan kayu atau bambu. Tempelkan jerami, sabut kelapa, dan ijuk pada kayu atau bambu.

Bila tak ada kayu atau bambu, Pins dapat langsung menggabungkan ketiga bahan tersebut menjadi satu. Ikat dalam bentuk lingkaran yang kuat. Gunakan tali agar ketiga bahan tidak tercerai berai ketika dimasukan ke dalam sumur.

Masukan ke dalam sumur dan diamkan selama 2-3 hari hingga kotoran terserap pada filter. Setelah itu, angkat filter dan air bisa langsung Pins konsumsi setelahnya.

Cara Mencegah Bau Sumur Kembali Datang

Sebenarnya, Pins bisa dari awal mencegah bau sumur sebelum penggalian. Hindari menggali sumur dekat septic tank, setidaknya jaga jarak minimal 250 meter. 

Tutup sumur dengan papan kayu agar debu, binatang atau serangga tidak masuk kedalamnya. Tidak memasukan benda asing ke dalam sumur untuk mencegah pencemaran.

Cara menghilangkan bau air sumur dengan garam ini ada baiknya dilakukan secara rutin, tak hanya ketika sudah muncul bau tak sedap saja. Fungsinya menjaga kualitas air agar tetap layak untuk dikonsumsi.

Baca Juga:

Featured Image Source: Line Today

Editor: Voni Sri Wijayanti


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Bagi kamu yang ingin punya rumah bersih dan terawat, pesan jasa kebersihan dan pemeliharaan rumah via Aplikasi Pinhome sekarang juga. 

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download