BlogHome ServiceKebersihan Rumah11 Cara Menghilangkan Bau Pesing Pada Kasur Secara Tuntas
0
0

11 Cara Menghilangkan Bau Pesing Pada Kasur Secara Tuntas

Dipublikasikan oleh Nabila Zahra Hafizhah

Des 5, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Menurut data dari Nationwide Childrens, sekitar 15 persen anak usia lima tahun mengalami fase mengompol dan frekuensinya lebih tinggi pada anak laki-laki dibanding anak perempuan. Maka, para orang tua yang anaknya masih kecil wajib tahu cara menghilangkan bau pesing pada kasur.

Bau pesing pada kasur juga bisa terjadi akibat urine hewan peliharaan yang kencing sembarangan. Hal semacam ini memang bisa dicegah, misalnya dengan melatih hewan peliharaan atau memasang lapisan seprei anti-air pada kasur. 

Hanya saja, apa yang perlu dilakukan ketika sudah terlanjut terjadi? Yuk, simak cara menghilangkan bau pesing pada kasur secara tuntas berikut.

Cara Menghilangkan Bau Pesing Pada Kasur

Tentunya, bau pesing yang menempel pada kasur sangat mengganggu kenyamanan di dalam ruangan. Bagaimana tidak, bau yang menyengat ini kerap menyebar pada ruangan dan tahan lama.

Namun, Pins tak perlu cemas. Kamu bisa menghilangkan bau pesing tersebut dalam sekejap dengan cara menghilangkan bau pesing pada kasur berikut ini.

Baca Juga: 13 Merek Pewangi Ruangan yang Tahan Lama

Baking soda

cara menghilangkan bau pesing pada kasur
Source : The Spruce

Berdasarkan penelitian, baking soda memiliki kemampuan untuk menghilangkan senyawa bau asam, termasuk bau pesing, muntahan, asap, dan keringat.  Bahan ini juga tergolong aman untuk membersihkan kasur anak yang terkena ompol.

Untuk menghilangkan bau pesing, campurkan baking soda dengan sedikit air hingga teksturnya kental. Kemudian, gosokkan pada bagian kasur yang pesing. Diamkan hingga baking soda kering dan menyerap bau pesing dengan maksimal.

Jika pasta baking soda sudah kering, bersihkan dengan lap atau sedot menggunakan vacuum cleaner terbaik pilihanmu.

Cuka

Source : The Spruce

Cara menghilangkan bau pesing pada kasur dengan cuka sangat mudah. Kamu hanya perlu memasukkan cuka ke dalam botol spray kemudian menyemprotkannya pada permukaan kasur yang bau pesing.

Lalu, diamkan selama dua puluh menit agar cuka bekerja menetralkan bau pesing. Jika bau pesing sangat tajam, kamu bisa menyikat area yang terkena urine dengan sikat. Terakhir, lap dengan kain dan biarkan kering.

Baca juga: 4 Cara Mudah Membersihkan Sofa dengan Baking Soda

Bedak Bayi

cara menghilangkan bau pesing pada kasur
Source : Nectar Sleep

Cara menghilangkan bau pesing pada kasur dengan bedak bayi sangat praktis. Cara ini lebih efektif saat urine pada kasur masih basah. 

Segera taburkan bedak bayi pada area tersebut untuk menyerap ompol sekaligus bau pesingnya. Diamkan selama satu jam agar bau pesing terserap sempurna. Terakhir, gunakan vacuum cleaner untuk menyedot bedak bayi dari permukaan kasur.

Obat Kumur

Source : Freepik

Produk obat kumur umumnya memiliki aroma mint yang menyegarkan. Selain itu, kandungan yang terdapat di dalamnya juga mampu membunuh bakteri penyebab bau, tak terkecuali bau pesing.

Cara menghilangkan bau pesing pada kasur dengan obat kumur sangat mudah. Pertama, campurkan obat kumur dengan sedikit air lalu oleskan pada kasur yang pesing. Kamu juga bisa memasukkan larutan tadi ke dalam botol spray kemudian menyemprotkannya.

Diamkan selama setengah jam hingga bau pesing hilang, dan terakhir keringkan dengan hair dryer. Bau pesing pada kasurmu pun akan hilang dan tergantikan aroma mint yang segar.

Alkohol

Source : Target

Jika kamu mencari cara menghilangkan bau pesing pada kasur busa, ini bisa jadi cara yang tepat. Pasalnya, kasur busa dapat menyerap cairan urine sehingga baunya sulit dihilangkan.

Namun, dengan menggunakan alkohol 70% atau disebut juga isopropyl, bau pesing pada kasur busa bisa diatasi. 

Caranya, tuangkan cairan alkohol pada bagian yang pesing. Kemudian, diamkan agar alkohol bekerja menyerap bau sekaligus membunuh bakteri hingga ke dalam serat kasur. 

Terakhir, keringkan kasur busa dengan menjemurnya di bawah sinar matahari. Jika ukuran kasur busa terlalu besar dan berat untuk dikeluarkan, kamu bisa mengeringkannya dengan hair dryer

Alkohol termasuk bahan yang mudah menguap sehingga tidak akan butuh waktu lama untuk kering.

Baca juga: 10 Cara Membersihkan Spring Bed dengan Mudah Hingga Bersih

Hidrogen Peroksida

cara menghilangkan bau pesing pada kasur
Source : The Spruce

Senyawa kimia hidrogen peroksida berwujud cair, bening, dan agak kental dibanding air biasa. Untuk menghilangkan bau pesing pada kasur dengan hidrogen peroksida, larutkan dulu bahan kimia ini dengan air.

Perbandingannya 1:2, misalnya 1 gelas hidrogen peroksida dengan dua gelas air. Selanjutnya, oleskan pada area yang pesing atau semprotkan menggunakan botol spray.

Saat menggunakan larutan ini, jangan lupa pakai sarung tangan agar kulitmu tidak mengalami iritasi, ya.

Boric Acid

Source : The Spruce

Boric acid atau asam borat adalah zat kimia yang sangat bermanfaat. Mungkin kamu lebih mengenal zat satu ini dengan sebutan boraks.

Untuk menghilangkan bau pesing dengan boraks, kamu cukup menaburkan boraks pada area yang terkena urine. Cara ini lebih efektif jika urine masih basah sehingga akan terbentuk pasta. Jika bekas urine telah kering, tambahkan sedikit air dingin.

Kemudian, gosok area tersebut menggunakan sikat dan diamkan hingga kering. Terakhir, bersihkan sisa boraks menggunakanvacuum cleaner.

Mengingat boraks berbahaya jika sampai tertelan, pastikan kamu mencuci tangan sampai bersih setelah menggunakannya.

Baca juga: 11 Cara Membasmi Kutu Kasur Paling Ampuh

Tepung Maizena

Source : Freepik

Siapa sangka tepung maizena ternyata dapat menyerap aroma pesing yang mengganggu. Selain mudah didapatkan, harganya juga terjangkau. 

Untuk menghilangkan bau pesing, kamu cukup menaburkan maizena pada bagian kasur yang pesing. Diamkan sekitar 20 menit, kemudian sedot bubuk maizena menggunakan vacuum cleaner.

Pewangi Pakaian

cara menghilangkan bau pesing pada kasur
Source : Freepik

Cara ini tidak hanya akan menghilangkan bau pesing pada kasurmu, tetapi juga akan membuatnya wangi. Caranya sangat praktis. 

Kamu bisa menggunakan pewangi pakaian yang biasa kamu pakai untuk menyetrika. Semprotkan pada area yang terkena kencing lalu biarkan sebentar agar terserap serat kasur. Terakhir, keringkan dengan hair dryer.

Baca juga: Cara Mencuci Bantal Dacron Hingga Bersih Tanpa Bau Apek

Bubuk Kopi

Source : Freepik

Tak hanya nikmat diminum, kopi memiliki wangi khas sehingga banyak digunakan sebagai pengharum ruangan. Ditambah lagi, kopi mampu menyerap aroma tidak sedap di sekelilingnya, tak terkecuali bau pesing.

Namun, karena kopi berwarna hitam, sebaiknya kamu tidak menaburkan bubuk kopi langsung pada permukaan kasur. Sebaliknya, kamu bisa memasukkan bubuk kopi ke dalam kantong kain dan meletakkannya di atas kasur hingga bau pesing terserap.

Cairan Khusus Penghilang Pesing

cara menghilangkan bau pesing pada kasur
Source : Freepik

Berikutnya, kamu bisa mencoba cara menghilangkan bau pesing pada kasur dengan cairan khusus. Sekarang ini, produk penghilang bau pesing telah banyak beredar di pasaran. 

Pilihannya cukup banyak dengan beragam merek, seperti Skraap, Magic Clean, Peeclean, Pisclean, Hefo Odor Remover, dan lain-lain.

Nah, itu di cara menghilangkan bau pesing pada kasur yang disebabkan oleh ompol bayi maupun kencing hewan. Selamat mencoba, ya!

Baca juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Bagi kamu yang ingin punya rumah bersih dan terawat, pesan jasa kebersihan dan pemeliharaan rumah via Aplikasi Pinhome sekarang juga. 

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Editor: Syahya R

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download