BlogHome ServiceKecantikan10 Cara Menghilangkan Bekas Cat Rambut di Tangan dan Kuku
0
0

10 Cara Menghilangkan Bekas Cat Rambut di Tangan dan Kuku

Dipublikasikan oleh Pandu Pamungkas

Des 5, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Cara menghilangkan bekas cat di tangan perlu perlakuan khusus. Pasalnya, cat termasuk noda membandel dan lengket yang tidak mudah untuk dihilangkan.

Jenis cat sendiri ada dua berdasarkan bahan dasar pembuatnya, yaitu oil-based dan water-based. Contoh cat water-based adalah akrilik dan pewarna kain. Jenis cat ini lebih mudah dibersihkan dengan sabun.

Namun, cat yang berbahan dasar minyak atau oil-based lebih sulit dibersihkan karena sifatnya yang lengket dan menempel kuat. Umumnya cat jenis ini dipakai untuk mengecat kayu dan besi.

Lantas, bagaimana cara menghilangkan cat di tangan dengan mudah? Temukan tips-nya di bawah ini.

Cara Menghilangkan Cat di Tangan

Meski terdengar sulit, faktanya cara menghilangkan cat ditangan cukup mudah. Berikut ini langkah-langkah yang bisa kamu lakukan.

Cuci dengan Sabun Cair

Source : Freepik

Ya, kamu bisa membersihkan cat yang membandel hanya dengan sabun cair cuci tangan biasa. Kalau kulitmu sensitif, hindari menggunakan sabun detergen atau sabun cuci piring untuk cuci tangan.

Jika tidak ada sabun khusus untuk cuci tangan, lebih baik gunakan sabun mandi sebagai alternatif.

Nah, karena noda cat menempel kuat di tangan, kamu akan membutuhkan alat tambahan untuk mengangkat bekas cat. Setelah menggosok tangan dengan sabun hingga berbusa, gunakan lap kain untuk menggosok noda cat.

Gunakan sedikit tenaga saat menggosok dengan kain agar noda cat bisa terangkat sampai tuntas. Namun, lakukan dengan hati-hati ya agar tanganmu tidak lecet atau terluka.

Baca Juga: 14 Produk Pembersih Karat Terbaik dan Mudah Digunakan

Gunakan Aseton

cara menghilangkan cat di tangan
Source : BHG

Cara menghilangkan cat di tangan akan jadi lebih mudah dengan menggunakan aseton. Cairan ini memang diformulasikan khusus untuk membersihkan kuku dari kuteks.

Nah, karena struktur cat mirip dengan kuteks, aseton pun dapat mengangkat noda membandel ini dengan mudah. Sama seperti penggunaan aseton untuk menghapus kuteks, kamu bisa langsung menuangkan aseton pada noda cat.

Namun, agar proses pembersihan jadi lebih mudah, tuangkan aseton pada kapas  atau lap dulu. Kemudian, gunakan kapas atau lap tersebut untuk menggosok noda cat hingga bersih.

Selanjutnya, kamu bisa mencuci tangan seperti biasa menggunakan sabun dan air bersih.

Baca juga: 8 Cara Menghilangkan Noda Kuning di Baju Putih Terampuh

Pakai Alkohol

Cara menghilangkan cat di tangan bukan dengan sembarang alkohol, ya Pins, melainkan alkohol yang biasa dipakai untuk membersihkan luka.

Cara menggunakannya untuk menghilangkan noda cat juga sangat mudah. Pertama-tama, bersihkan dulu noda cat dengan menggunakan sabun. Gosok hingga noda cat terlepas sebanyak mungkin.

Untuk noda cat yang membandel, tuangkan alkohol pada tangan kemudian gosok perlahan hingga noda terangkat.

Baca juga: Cara Menghilangkan Getah di Baju dengan Mudah

Tuang Minyak Sayur atau Baby Oil

cara menghilangkan cat di tangan

Cara menghilangkan cat di tangan  juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan minyak yang biasa dipakai untuk memasak. Kamu bebas memakai jenis minyak sayur apa saja, baik minyak zaitun, minyak kelapa sawit, ataupun minyak kelapa.

Yang penting gunakan minyak yang masih baru, ya, sebab minyak bekas bisa meninggalkan aroma makanan. Apalagi kalau minyak tersebut bekas dipakai untuk menggoreng makanan beraroma tajam seperti ikan asin atau pete.

Sebagai alternatif, kamu bisa menggunakan baby oil. Efektivitasnya sama saja karena minyak di sini berfungsi sebagai pelumas untuk mengangkat noda cat yang oil-based.

Sebelum menggunakan minyak, bersihkan dulu tangan yang terkena noda cat dengan sabun dan air hangat. Kemudian, oleskan minyak dan gosok perlahan sampai noda cat terangkat.

Kalau perlu, tambahkan garam sebagai scrub supaya dapat mengangkat noda cat dengan lebih mudah. Setelah noda cat terangkat, cuci tanganmu lagi dengan sabun untuk mengangkat bekas minyak.

Baca juga: 12 Rekomendasi Body Oil Terbaik untuk Pijat

Minyak Zaitun

Ada 3 langkah yang harus dilakukan untuk menerapkan cara menghilangkan bekas cat rambut di tangan dan kuku.

  1. Siapkan kapas.
  2. Teteskan minyak zaitun pada kapas.
  3. Oleskan pada noda cat dan gosok secara berskala.

Tisu Basah

Tisu basah merupakan alternatif yang efektif untuk menghilangkan noda cat. Tips penting yang harus diperhatikan adalah memilih tisu basah yang bersifat biodegradable. Artinya, tisu tersebut akan dapat terurai dan tidak merugikan lingkungan. Dengan memperhatikan hal ini, kita dapat membuat pilihan yang lebih bijak dan berkontribusi positif pada lingkungan.

Oleskan Selai Kacang

Source : Freepik

Siapa sangka selai kacang bisa kamu manfaatkan sebagai cara menghilangkan cat di tangan? Cara kerjanya mirip seperti minyak goreng, yaitu sebagai pelumas yang membuat proses pembersihan cat jadi lebih ringan.

Setelah mencuci tangan dengan sabun seperti biasa, ambil selai kacang secukupnya kemudian oleskan ke seluruh permukaan tangan. Gosok berulang-ulang hingga noda cat terangkat sepenuhnya.

Jangan lupa cuci tangan lagi dengan sabun untuk menghilangkan selai kacang yang lengket.

Manfaatkan Mayones

cara menghilangkan cat di tangan

Penggunaan mayones sama seperti kacang selai. Metode ini efektif untuk membersihkan cat yang berbahan dasar minyak.

Sama seperti sebelumnya, oleskan mayones pada permukaan tangan setelah cuci tangan dengan sabun. Kemudian, gosokkan tangan hingga noda cat terkelupas dan bilas.

Baca juga: 5 Cara Menghilangkan Noda Karat di Baju Secara Ampuh

Pakai Minyak Kayu Putih

Source : Kompas

Oleskan minyak kayu putih pada bagian kulit yang terkena noda cat, selanjutnya gosokkan pada kulit untuk menguraikan cat selama beberapa menit.

Kalau noda masih membandel, kamu bisa menambahkan minyak kayu putih dan mendiamkan selama beberapa menit. Kalau perlu, gunakan lap kain atau spons untuk membantu mengangkat noda cat yang membandel.

Jika noda cat sudah terangkat sempurna, cuci kembali tanganmu dengan sabun seperti biasa.

Gunakan Thinner atau Spiritus

cara menghilangkan cat di tangan
Source : Impressive Interior Design

Thinner adalah produk khusus yang biasa digunakan untuk melarutkan cat berbahan dasar minyak. Karenanya, membersihkan noda cat dengan thinner jadi sangat praktis. Produk ini bisa kamu dapatkan di toko bangunan.

Thinner sendiri umumnya terbuat dari bahan spiritus. Jadi, kalau tidak ada thinner, kamu bisa menggantinya dengan spiritus.

Penggunaannya praktis sekali hanya dengan mengoleskan thinner pada noda cat kemudian menggosoknya sedikit. Noda cat akan langsung terurai dengan mudah.

Hanya saja, thinner mengandung zat kimia berbahaya, apalagi kalau kulitmu sensitif. Sebelum menuangkan thinner banyak-banyak, ada baiknya Pins mengecek terlebih dahulu bagaimana reaksi kulitmu terhadap thinner.

Oleskan sedikit thinner pada permukaan kulit. Jika tidak ada reaksi iritasi atau terasa panas, artinya penggunaan thinner cukup aman untuk kulitmu.

Yang perlu diperhatikan, Pins tidak disarankan menggunakan thinner terlalu sering dalam jangka panjang. Sebaiknya, gunakan cara-cara alternatif di atas yang cenderung lebih aman.

Itulah beberapa cara menghilangkan bekas cat di tangan yang bisa kamu coba. Setelah berhasil membersihkan semua noda cat, tanganmu mungkin akan kemerahan akibat gosokan dan paparan zat kimia.

Karenanya, Pins disarankan segera menggunakan moisturizer setelah menerapkan cara menghilangkan cat di tangan.

Baca juga:


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download