BlogHome ServiceIbu & Anak8 Cara Menghilangkan Biang Keringat Pada Bayi dengan Ampuh
0
0

8 Cara Menghilangkan Biang Keringat Pada Bayi dengan Ampuh

Dipublikasikan oleh Putra 

Des 5, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Biang keringat pada bayi adalah masalah umum yang dapat menyebabkan ketidaknyamanan. Untungnya, ada beberapa cara menghilangkan biang keringat pada bayi alami dan ampuh untuk mengatasinya. 

Apalagi jika kamu memiliki rumah eksklusif di kota besar seperti rumah di Cipayung ataupun rumah bekas di Bekasi yang mana kondisi lingkungan sekitarnya cukup banyak polusi. Mengetahui cara menghilangkan bekas biang keringat pada bayi penting untuk berjaga-jaga.

Biang keringat adalah ruam merah yang muncul pada kulit bayi akibat kelenjar keringat yang tersumbat. Biang keringat biasanya muncul di area tubuh yang tertutup, seperti leher, dada, ketiak, dan selangkangan. 

Biang keringat pada bayi biasanya tidak berbahaya dan akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa hari. Namun, ada beberapa cara menghilangkan biang keringat pada bayi yang bisa dilakukan.

Baca juga:

Cara Menghilangkan Biang Keringat Pada Bayi

Berbeda dengan biduran, biang keringat biasanya terjadi di area lipatan kulit dan terasa seperti benjolan kecil berwarna merah muda. Berikut beberapa cara menghilangkan biang keringat pada bayi.

1. Mandikan Bayi dengan Air Hangat

mandi air hangat
Source : Pinhome

Tahap pertama untuk mengatasi biang keringat pada bayi adalah dengan memandikannya menggunakan air hangat. Pastikan airnya tidak terlalu panas atau terlalu dingin. Selain itu, pastikan juga untuk menggunakan sabun yang lembut dan tidak mengandung bahan-bahan yang dapat menyebabkan iritasi pada kulit sensitif bayi. 

Hindari penggunaan sabun keras yang dapat mengiritasi kulit mereka. Mandi dengan lembut dan pastikan untuk membersihkan setiap lipatan kulitnya secara hati-hati. Setelah selesai, keringkan bayi dengan handuk bersih dan lembut. 

Pastikan untuk tidak menggosok kulitnya terlalu keras agar tidak menimbulkan iritasi tambahan. Dengan mandi menggunakan air hangat dan sabun lembut, kamu dapat membantu membersihkan kulit bayi dari keringat berlebih dan mencegah terjadinya biang keringat lebih lanjut.

2. Gunakan Pakaian yang Longgar dan Bernapas

pakaian longgar
Source : Pinhome

Pilihlah pakaian yang terbuat dari bahan katun yang ringan dan memungkinkan udara untuk mengalir dengan baik. Pastikan juga pakaian tersebut longgar sehingga tidak memberikan tekanan berlebih pada kulit bayi. 

3. Gunakan Bedak Khusus Bayi

bedak bayi
Source : Pinhome

Pilihlah bedak khusus bayi yang bebas dari pewangi dan alkohol. Bedak jenis ini dirancang khusus untuk kulit sensitif bayi. Bedak ini membantu menyerap kelembaban ekstra dari kulit dan mencegah terbentuknya biang keringat. 

4. Hindari Paparan Sinar Matahari Langsung

sinar matahari
Source : Pinhome

Sinar matahari dapat menyebabkan iritasi pada kulit sensitif bayi dan bahkan menyebabkan biang keringat lebih parah. Pastikan untuk menjauhkan bayi dari matahari saat sinar matahari paling terik, biasanya antara pukul 10 pagi hingga 4 sore. 

5. Gunakan Kipas Angin atau AC dengan Bijak

cara menghilangkan biang keringat pada bayi
Source : Pinhome

Pastikan ruangan dimana bayi kamu berada memiliki sirkulasi udara yang baik. Gunakan kipas angin atau AC dengan bijak untuk menjaga suhu ruangan tetap nyaman. Pastikan suhu tidak terlalu dingin atau terlalu panas. Sirkulasi udara yang baik dapat membantu mencegah terjadinya overheating dan memastikan bahwa bayi kamu tetap nyaman.

6. Gunakan Handuk Bersih dan Lembut

cara menghilangkan biang keringat pada bayi
Source : Pinhome

Setelah mandi, keringkan bayi dengan hati-hati menggunakan handuk bersih dan lembut. Pastikan handuk yang kamu gunakan selalu dalam keadaan bersih. Hal ini penting untuk mencegah iritasi pada kulit. Pastikan juga bahwa handuk yang kamu gunakan memiliki tekstur lembut agar tidak menyebabkan gesekan berlebihan pada kulit yang sensitif. 

7. Berikan Minum ASI Lebih Sering

cara menghilangkan biang keringat pada bayi
Source : Pinhome

ASI mengandung nutrisi penting dan zat-zat yang dapat membantu mengatur suhu tubuh bayi. Selain itu, ASI juga membantu mencegah dehidrasi, yang dapat mempengaruhi keseimbangan suhu tubuh. Dengan memberikan ASI secara lebih sering, kamu dapat membantu mengurangi produksi keringat berlebih pada bayi kamu.

8. Perhatikan Tanda-tanda Infeksi

cara menghilangkan biang keringat pada bayi
Source : Halodoc

Jika biang keringat pada bayi terus berlanjut atau bahkan memburuk, perhatikan tanda-tanda infeksi seperti kemerahan, bengkak, atau adanya nanah. Ini bisa menjadi tanda bahwa ada infeksi yang membutuhkan perhatian medis segera. 

Segera konsultasikan dengan dokter untuk penanganan lebih lanjut dan pengobatan yang tepat. Dokter akan dapat memberikan nasihat dan pengobatan yang sesuai untuk membantu bayi kamu pulih dari infeksi.

Menghilangkan biang keringat pada bayi membutuhkan perawatan ekstra dan perhatian. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu dapat membantu bayi kamu merasa lebih nyaman dan bebas dari biang keringat. Ingatlah untuk selalu memilih metode yang paling sesuai dengan kondisi kulit bayi kamu.

Baca juga:

Source Feature Image: Prenagen


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome.

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Gunakan juga kode PHSBLOG untuk menikmati layanan PHS mulai dari 30 ribu hanya di aplikasi Pinhome.

Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah. 

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download