BlogLifestyleKesehatanCara Menghilangkan Bruntusan di Wajah Dalam Semalam
0
0

Cara Menghilangkan Bruntusan di Wajah Dalam Semalam

Dipublikasikan oleh Rizko Fatra dan Diperbarui oleh Voni Wijayanti

Des 21, 2022

5 menit membaca

Copied to clipboard
bruntusantop-right-banner

Bruntusan jadi salah satu gangguan pada kulit wajah yang tentu sangat mengganggu. Supaya lebih merasa nyaman dan percaya diri dengan penampilan, ada baiknya mulai sekarang Pins mencari tahu cara menghilangkan bruntusan dalam semalam. Ya, bukan hal yang mustahil untuk bisa menghilangkan bruntusan di wajah, Pins.

Pinhome – Selama ini gangguan yang sering terjadi pada kulit wajah adalah jerawat, komedo, kulit kusam, kulit berminyak, hingga kulit kering. Tapi, ingat ada risiko bruntusan yang bisa terjadi kapan saja dan menyerang tanpa pandang bulu. Mungkin banyak dari Pins yang belum tahu apa penyebab bruntusan.

Baca Juga: Cara Merawat Wajah Agar Tidak Kusam

Penyebab dan jenis bruntusan

Source : Dokter Sehat

Yang Pins rasakan saat bruntusan yaitu permukaan kulit pada wajah yang bintik-bintik dan tidak merata. Berbeda dengan jerawat, bruntusan sendiri dipicu karena beragam sebab, Pins. Berikut Pinhome rangkum beberapa penyebab dan beberapa jenis bruntusan sering terjadi di area kulit wajah:

Milia

Milia memiliki perwujudan benjolan putih di bawah kulit, terkadang milia muncul di area kulit sekitar kelopak mata. Bruntusan ini biasanya disebabkan karena krim gosok atau oklusif. Selain itu, penumpukan kulit mati yang terperangkap di dalam pori-pori juga bisa jadi penyebabnya.

Keratosis Pilaris

Keratosis Pilaris ini akan tampak seperti benjolan merah dan kasar. Seringkali muncul di kulit bagian pipi. Selain di wajah, bruntusan jenis ini juga bisa terjadi di bagian paha hingga pantat. Keratosis Pilaris umumnya disebabkan karena eksim atau kulit kering yang berlebihan sehingga terpapar bakteri dan memicu bruntusan.

Alergi

Bruntusan karena alergi memiliki penampakan seperti ruam di area wajah tertentu. Selain ruam merah, rasa gatal juga akan muncul saat bruntusan ini terjadi. Reaksi alergi biasanya disebabkan karena kulit sensitif terhadap beberapa bahan kosmetik atau produk kecantikan yang Pins gunakan.

Cara menghilangkan bruntusan dalam semalam

Source : Freepik

Jika Pins ingin mencoba cara menghilangkan bruntusan di wajah dalam semalam, ada baiknya jajal beberapa bahan alami yang bisa Pins dapatkan dengan mudah. Berikut beberapa bahan-bahan alami yang bisa diandalkan untuk cara menghilangkan  bruntusan di jidat dalam semalam:

Madu

Madu memang dikenal sebagai agen antibakteri dan anti-inflamasi terbaik. Madu murni sering kali dipercaya orang terdahulu untuk menyembuhkan luka. Madu juga bekerja untuk meningkatkan imun tubuh dan melawan infeksi. Selain itu, madu juga dapat mengatasi permasalahan pada kulit.

Madu diklaim ampuh untuk mengatasi luka bakar serta penyakit kulit lainnya termasuk bruntusan. Cara menghilangkan bruntusan dalam semalam dengan madu nyatanya sangat mudah. Pins bisa langsung mengoleskan madu secukupnya ke area kulit wajah yang bruntusan, diamkan beberapa saat, lalu bilas dengan air hangat, dan keringkan menggunakan handuk bersih.

Lidah buaya

Lidah buaya atau aloe vera juga ampuh digunakan sebagai cara menghilangkan bruntusan di wajah dalam semalam. Riset pada tahun 2015 menunjukkan bahwa lidah buaya mengandung sifat antibakteri, antimikroba, bahkan bisa diandalkan untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Cara menghilangkan bruntusan di jidat dalam semalam dengan lidah buaya yaitu cukup dengan menggunakan gel atau lendirnya. Pertama, cuci bersih tangkainya, ambil lendir lidah buaya kemudian haluskan hingga membentuk menyerupai gel, setelah itu oleskan pada jidat yang bruntusan, diamkan beberapa saat, lalu cuci wajah dengan ari hangat dan keringkan menggunakan handuk bersih.

Cuka apel

Siapa bilang cuka apel hanya digunakan untuk keperluan dapur saja. Cuka apel belakangan juga sedang jadi perbincangan hangat karena kemampuannya yang dapat membantu menjaga kesehatan kulit wajah. Bruntusan di wajah pun bisa diatasi menggunakan cuka apel. Cuka apel bekerja untuk menyeimbangkan asam pada kulit dan memberantas bakteri penyebab bruntusan.

Mudah saja untuk menggunakan cuka apel sebagai cara menghilangkan bruntusan dalam semalam, Pins cukup mencampur cuka apel dengan air hangat, kemudian teteskan pada kapas secukupnya, lalu ratakan pada wajah atau area bruntusan, setelah itu jangan lupa untuk membasuh wajah dengan sabun, kemudian keringkan dengan handuk bersih.

Minyak kelapa

Minyak kelapa mengandung asam lemak sehat yang bisa menambah kelembaban pada kulit. Minyak kelapa murni juga bisa memerangi peradangan dan meningkatkan kesehatan kulit. Untuk bisa menggunakan minyak kelapa, Pins cukup mengoleskannya di area kulit wajah yang bruntusan dan diamkan selama kurang lebih semalaman. Untuk itu, Pins bisa mengaplikasikannya sesaat sebelum tidur, ya!

Minyak pohon teh

Minyak pohon teh dikenal juga dengan sebutan tea tree oil.  Minyak pohon teh ini memang dikenal memiliki segudang manfaat baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Bahkan, belakangan ini banyak produk kecantikan yang juga menjadikan tea tree oil sebagai bahan utamanya.

Tea tree oil pun tak perlu diragukan lagi untuk mencegah bruntusan. Melansir dari beragam sumber, minyak pohon teh ini mengandung sifat anti-inflamasi, antibakteri yang dapat menenangkan kulit. Dengan begitu, rasa gatal-gatal dan kulit memerah akibat bruntusan bisa dihempaskan menggunakan minyak pohon teh.

Untuk bisa menggunakan tea tree oil, Pins bisa memilih produk kecantikan yang bahan utamanya adalah minyak pohon teh, pastikan gunakan secara rutin sampai bruntusan mulai memudar.

Terlepas dari itu, selain mengandalkan bahan-bahan alami yang bisa mengatasi bruntusan di wajah maupun di jidat, Pins juga wajib memperhatikan pola hidup sehat. Usahakan banyak mengonsumsi makanan yang mengandung anti-inflamasi sebagai asupan sehari-hari seperti sayuran, kacang-kacangan, buah, hingga ikan, ya!


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Yosa

Editor: Iko

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download