BlogHome ServiceKebersihan Rumah9 Cara Menghilangkan Debu di Ruangan Tanpa Tersisa
0
0

9 Cara Menghilangkan Debu di Ruangan Tanpa Tersisa

Dipublikasikan oleh Nabila Zahra Hafizhah

Des 5, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Ruangan yang berdebu memang bisa bikin penyakit, entah itu batuk, bersin, atau gejala alergi lainnya. Jika tidak segera dibersihkan, tentu ini bisa berbahaya. Untuk itu, Pins perlu tahu apa saja cara menghilangkan debu di ruangan. 

Pada dasarnya, cara terbaik mengurangi debu adalah rutin membersihkan rumah. Pins perlu mengelap dan membersihkan permukaan dan tempat lain yang sering dihinggapi debu. Semakin bersih rumah, semakin sedikit debu yang tertinggal. 

Untuk itu, coba terapkan beberapa tips di bawah ini agar debu tidak lagi mengganggu kamu dan anggota rumah lainnya. 

Cara Menghilangkan Debu di Ruangan

Jangan Lupa Tutup Jendela

(Pixabay)

Banyak orang yang senang menikmati angin sepoi-sepoi yang masuk dari jendela ke rumah. Namun, ini ternyata bisa jadi pemicu munculnya debu di rumah. Itu sebabnya, jangan biarkan jendela terbuka terlalu lama. 

Bagaimana tidak, angin yang masuk ke rumah sering membawa partikel debu dan serbuk sari dari luar. Jadi, sebisa mungkin tutup jendela jika benar-benar tidak diperlukan. 

Baca Juga:

Rutin Mencuci Seprai dan Bantal

(Pixabay)

Salah satu cara menghilangkan debu di ruangan yang paling ampuh adalah rutin mencuci dan mengganti seprai. Tidak hanya rumah, seprai dan sarung bantal serta guling tempat tidur harus rutin dibersihkan. 

Faktanya, bantal yang terlihat bersih mungkin penuh dengan tungau debu. Sementara itu, serangga kecil ini suka ‘berpesta’ dengan sel-sel kulit mati. Walau kecil dan tidak terlihat, ratusan tungau bisa hidup hanya dalam satu gram debu, lho

Itu sebabnya, basmi tungau debu dengan mencuci seprei sebulan sekali dan set bantal guling tiga kali setahun dengan air panas. Dijamin tungau enggan hidup di sana, kok!

Baca Juga: Membersihkan Debu Sebaiknya Dengan Lap Basah Atau Lap Kering? Ini Dia Jawabannya!

Sering Mengepel Lantai

(Pixabay)

Membersihkan rumah memang jadi kunci utama dalam menghilangkan debu di ruangan. Namun, banyak orang yang mungkin hanya menyapu lantai mereka tanpa mengepelnya. 

Padahal, debu bisa saja kembali ke lantai setelah disapu. Untuk hasil yang maksimal, kamu perlu mengepel lantai setidaknya dua hari sekali. Bila perlu, vacuum lantai terlebih dulu, lalu pel lantai keramik dengan air panas guna membunuh kuman. 

Kebas Karpet dan Keset

(

Pins tahu tidak kalau serat karpet jadi tempat berkembang biaknya debu? Hiiy, seram bukan? Maka dari itu, kamu perlu sering mengebas atau menggoyangkan karpet agar sebagian kotoran dan debu terlepas. 

Caranya mudah, kok. Untuk karpet berukuran kecil, kamu cukup membawanya keluar dan mengebasnya beberapa kali. Sementara itu, Pins bisa menggantung karpet yang lebih besar di atas pagar dan memukulnya dengan sapu lidi. 

Baca Juga: 6 Cara Membersihkan Karpet Secara Manual Tanpa Vacum Cleaner

Bersihkan Gorden

(Clorox)

Cara menghilangkan debu di ruangan, terutama di ruang keluarga, yang tidak boleh luput adalah membersihkan gorden. Pasalnya, sebagian besar jendela tidak tertutup sempurna sehingga gorden dan kerai mengumpulkan banyak debu. 

Itu sebabnya, usahakan mencuci gorden secara teratur. Kamu bisa memeriksa label gorden untuk melihat apakah ini bisa dicuci dengan mesin atau dry cleaning

Untuk kerai, Pins bisa mengelapnya dengan kain mikrofiber. Bila debu yang menempel sedikit, lap dengan kain kering. Namun, kerai dengan debu yang lebih tebal mungkin membutuhkan kain yang sudah dibasahi air sedikit, alias lembap. 

Pakai Keset di Pintu Depan

(Pexels)

Peran keset ternyata cukup besar dalam mencegah debu masuk ke dalam rumah, lho. Tidak heran bila banyak orang yang memakai keset selamat datang di pintu depan. Dengan begitu, kamu bisa menyeka kaki sebelum masuk ke dalam rumah. 

Bila perlu, pasang dua keset, satu di luar dan satu lagi di depan pintu dalam. Ini menghasilkan perangkap ganda untuk debu yang tentu bisa mengganggu kesehatan penghuni rumah. 

Baca Juga: Cerita Jagoan – Halal dan Jujur jadi Kunci Utama Kerja Bu Risma

Hindari Pakai Sepatu dalam Rumah

(Pexels)

Tidak hanya keset, larangan pakai sepatu di dalam rumah bisa jadi cara menghilangkan debu di ruangan yang terbaik. Pasalnya, sepatu tertempel debu, kotoran, dan bakteri yang bisa ‘berpindah’ ke lantai ruangan ketika dibawa masuk. 

Cobalah simpan lemari atau rak sepatu dekat pintu depan untuk memudahkan kamu menyimpan sepatu usai bepergian, ya. 

Baca Juga: Prinsip Kerja Motor Listrik yang Paling Utama

Baca Juga: Manfaat Totok Aura

Manfaatkan Air Purifier

(LG Indonesia)

Pada saat partikel debu masuk dari mana saja, mereka akan ‘melayang’ di udara ruangan hingga menemukan tempat untuk mendarat, seperti karpet. Untungnya, kehadiran air purifier membantu menjebak partikel debu sebelum sempat mengendap. 

Pilih air purifier terbaik dengan filter HEPA yang diklaim dapat menghilangkan setidaknya 99.97% debu, serbuk sari, dan partikel udara ukuran 0.3 mikron. Sesuaikan pula pilihan air purifier dengan budget dan ukuran rumah, ya!

Baca Juga: 8 Cara Menyimpan Udang di Kulkas Agar Tetap Segar

Bersihkan Langit-langit Ruangan

(

Cara menghilangkan debu di ruangan yang tak kalah penting, tetapi suka luput di mata, adalah membersihkan langit-langit ruangan. Walau merepotkan, ini perlu dilakukan. 

Pins bisa mengambil tangga dan memakai sikat pada vacuum cleaner untuk membershkan debu yang ada di atas. Bila tidak ada, cobalah pasang kain mikrofiber ke gagang sapu dengan karet gelang, Pins. 

Nah, itu tadi sederet cara menghilangkan debu di ruangan yang bisa kamu coba di rumah. Tunggu apa lagi, segera basmi debu, kotoran, dan bakteri yang menempel agar kamu dan keluarga terhindar dari beragam penyakit, ya. 

Baca Juga: 13 Jenis Jamur Tembok yang Patut Kamu Waspadai


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download