BlogLifestyleKecantikan12 Cara Menghilangkan Kutu Rambut Secara Cepat, Ampuh!

12 Cara Menghilangkan Kutu Rambut Secara Cepat, Ampuh!

Dipublikasikan oleh Voni Wijayanti dan Diperbarui oleh Voni Wijayanti

Mei 10, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
cara menghilangkan kutu rambut

Selain menyebabkan rasa gatal, kutu rambut ternyata bisa menyebabkan rasa kurang percaya diri bagi kebanyakan orang. Pins mungkin memiliki masalah tersebut dan sedang mencari cara menghilangkan kutu rambut. Kamu bisa menggunakan beberapa bahan alami atau langkah tertentu untuk menyehatkan rambut serta kulit kepala.

Rambut yang lurus, keren, serta stylish memang diidamkan oleh kebanyakan orang, namun masalah pada kulit kepala sering kali mengganggu. Pins bisa mengatasinya dengan cara membasmi kutu rambut yang ampuh. Berikut beberapa rekomendasinya!

Menggunakan Sisir Kutu (Serit)

cara menghilangkan kutu rambut
Source : Liputan6

Langkah pertama yang umum dilakukan dalam cara menghilangkan kutu rambut adalah dengan menggunakan serit atau sisir khusus kutu rambut. Cara membasmi kutu rambut dengan serit ini sebenarnya tidak bisa membunuh kutu rambut secara alami, tapi lebih tepatnya ‘mengusir’ kutu dari rambut dan kulit kepala.

Pilihlah serit yang jarak antar giginya sekitar 0,2 mm, karena semakin sempit jaraknya, semakin efektif dalam menghilangkan kutu. Sebelum memakainya, usahakan rambut dalam keadaan basah untuk memperlambat gerakan kutu yang mencoba ‘kabur’.

Baca juga: 

Menggunakan Minyak Esensial

cara menghilangkan kutu rambut
Source : Kompas

Ternyata beragam minyak esensial tidak hanya dimanfaatkan untuk perawatan kulit saja, tapi juga cukup efektif untuk menghilangkan kutu rambut. Cara ini telah banyak digunakan karena aman dan efektif. Beberapa minyak esensial yang bisa digunakan, seperti minyak adas, minyak kayu putih, minyak lavender, minyak cengkeh, minyak daun kayu manis, minyak pala, dan masih banyak lagi. Adapun cara menggunakan cukup mudah, yakni:

  1. Campurkan minyak zaitun dengan 15-20 tetes minyak esensial pilihan.
  2. Kemudian oleskan pada kulit kepala dengan bola kapas.
  3. Diamkan selama kurang lebih 12 jam.
  4. Lalu sisir rambut dengan serit, kemudian bilas hingga bersih seperti keramas.

Menggunakan Bawang Putih

cara menghilangkan kutu rambut
Source : Astronauts.id

Tidak hanya model rambut yang perlu diperhatikan untuk meningkatkan kepercayaan diri, kesehatannya juga perlu dijaga. Langkah selanjutnya juga efektif dan cukup mudah untuk dilakukan. Selain dapat digunakan untuk perawatan kecantikan, bawang putih yang mengandung zat antibakteri dan antioksidannya mampu membunuh dan mengambat perkembangbiakan kutu rambut. Berikut cara menggunakannya:

  • Ambil 10 siung bawang putih.
  • Kemudian blender atau giling hingga halus.
  • Setelah itu, campurkan dengan 3 sdt air perasan jeruk nipis.
  • Lalu oleskan secara merata pada kulit kepala.
  • Diamkan selama 30 menit dan gunakan handuk atau shower cap untuk menutup rambut.
  • Kemudian bilas rambut hingga bersih.

Menggunakan Lemon

cara menghilangkan kutu rambut
Source : Viva

Buah lemon yang kaya akan kandungan asamnya, ternyata tidak hanya digandrungi oleh kaum hawa sebagai cara menghilangkan lemak di perut saja. Tapi ternyata juga sangat efektif untuk cara membasmi kutu rambut dan telur kutunya sekaligus mencegahnya datang lagi. Adapun cara menghilangkan kutu rambut dengan lemon sebenarnya cukup mudah, cepat dan aman yaitu:

  • Siapkan 2 buah lemon, lalu potong masing-masing menjadi 2 atau 4 bagian dan peras airnya.
  • Kemudian campurkan air perasan lemon dengan 100 ml air putih.
  • Selanjutnya, teteskan air campuran tersebut pada kulit kepala dan lakukanlah pemijatan selama 5-10 menit.
  • Tunggu hingga 30-40 menit, lalu keramasi rambut dengan air hangat.

Menggunakan Mayonaise

cara menghilangkan kutu rambut
Source : Koran

Gaya rambut yang keren akan semakin lengkap jika Pins merawatnya agar terlihat lebih menyegarkan. Tak hanya digunakan untuk saus pelengkap makanan saja, mayonaise yang mengandung sari lemon, minyak, kuning telur, serta cuka tersebut ternyata sangat ampuh dalam membasmi kutu rambut. Berikut cara basmi kutu rambut dengan mayonaise:

  • Ambil mayonaise secukupnya lalu oleskan secara merata pada kulit kepala dan berikan pijatan lembut selama 5-10 menit.
  • Kemudian tutupi rambut dengan shower cap atau handuk dan biarkan selama 5-6 jam.
  • Setelah itu, keramasi rambut hingga bersih dan sisirlah rambut dengan serit untuk membuang kutu dan bangkai kutu.

Menggunakan Asam Cuka

Source : Southern Living

Dengan sifat asamnya yang tinggi, asam cuka diyakini mampu mematikan kutu rambut serta telurnya. Namun penggunaan asam cuka dalam membasmi kutu rambut tidak disarankan bagi Pins yang memiliki kulit kepala sensitif, sehingga penggunaan asam cuka memang harus hati-hati.

Untuk mengurangi kadar asamnya, Pins bisa menambahkannya dengan air putih. Adapun cara menghilangkan kutu rambut dengan asam cuka antara lain:

  1. Siapkan 2 sdm cuka dan 2 sdm minyak kelapa.
  2. Kemudian campur kedua bahan hingga merata.
  3. Lalu oleskan pada kulit kepala secara merata setiap menjelang tidur.
  4. Setelah itu, bungkus kepala dengan shower cap.
  5. Biarkan hingga keesokan harinya, lalu keramasi rambut dengan air hangat.

Menggunakan Mouth Wash (Obat Kumur)

Source : Colgate

Cara mengurangi kutu rambut yang satu ini mungkin sangat jarang dilakukan oleh kaum hawa. Obat kumur yang biasanya dipakai setelah menyikat gigi tersebut ternyata mengandung papermint yang bersifat antioksidan. Baunya yang menyengat juga sangat tidak disukai oleh kutu rambut. Cara menggunakannya yaitu:

  • Tuangkan obat kumur pada telapak tangan secukupnya.
  • Lalu oleskan secara merata dan lakukan pijatan halus selama beberapa menit.
  • Kemudian bungkus rambut dengan handuk atau shower cap.
  • Diamkan selama kurang lebih 2 jam.
  • Selanjutnya keramasi rambut seperti biasa hingga bersih.

Menggunakan Alkohol

Source : Apartement Teraphy

Rambut yang stylish dan sehat adalah kunci dari kepercayaan diri. Manfaat alkohol dalam dunia medis memang bukanlah rahasia umum lagi. Tapi selain itu, ternyata alkohol dengan kadar mencapai 70%, mampu membunuh kutu dan menghambat pertumbuhan telur kutu. Dengan kandungan senyawa isoprofilnya, alkohol dipercaya sangat ampuh sebagai salah satu cara menghilangkan kutu rambut.

Namun sayang penggunaan alkohol sebagai obat pembasmi kutu rambut tidak bisa digunakan untuk semua jenis kulit. Oleh karena itu, bagi Pins yang memiliki kulit kepala sensitif, sebaiknya tidak menggunakan cara ini agar tidak terjadi iritasi.

Baca juga: 13 Model Rambut Anak Laki-Laki Stylish dan Rapih

Menggunakan Metode Manual

Source : Kumparan

Selain menggunakan obat-obatan alami, Pins juga bisa melakukan cara menghilangkan kutu rambut dengan metode manual. Beberapa diantaranya seperti membotaki kepala atau mencukur habis rambut dan lakukan pengeringan rambut dengan hair dryer untuk ‘membakar’ kutu dan telurnya.

Namun setelah menggunakan obat kutu, sangat tidak disarankan untuk menggunakan hair dryer atau catok rambut. Hal tersebut karena beberapa obat kutu akan terbakar ketika berada di suhu yang terlalu panas.

Menggunakan Sampo Khusus

cara menghilangkan kutu rambut
Source : Liputan6

Ketika Pins memiliki masalah dengan kutu rambut, usahakan untuk tidak menggunakan sembarang sampo. Pins bisa mencoba untuk mencari sampo khusus kutu rambut untuk membasmi hama tersebut. Kandungan yang terdapat pada sampo khusus kutu tentu berbeda dengan sampo pada umumnya. Untuk itu, kandungannya akan sangat efektif untuk menghilangkan kutu rambut.

Menggunakan Air Garam

Source : The Washington Post

Air garam ternyata cukup ampuh untuk menghilangkan kutu di rambut. Pins hanya perlu mencampurkan air garam dengan cuka untuk cara membasmi kutu rambut secara efektif. Siapkan 3 sendok makan garam kemudian 2 sendok makan cuka dengan 100ml air. Setelah tercampur, semprotkan pada rambut dan bungkus menggunakan shower cap. Diamkan selama 2 jam kemudian bilas sampai bersih.

Menggunakan Minyak Zaitun dan Minyak Kelapa

Source : Astronauts.id

Menjaga kelembaban rambut ternyata bisa menjadi solusi untuk rambut yang sehat tanpa kutu. Pins bisa meggunakan campuran minyak zaitun dan minyak kelapa untuk membasmi kutu yang membandel. Campurkan 2 sendok makan minyak zaitun dan minyak kelapa, balurkan pada kulit kepala secara merata. Setelah itu, tutup rambut menggunakan shower cap kemudian bilas setelah 1 jam. Lakukan setidaknya 2 kali dalam seminggu untuk hasil optimal.

Itulah beberapa cara menghilangkan kutu rambut yang bisa Pins lakukan dengan mudah. Selain dapat membuat rambut lebih sehat, cara di atas juga menggunakan bahan alami yang aman. Selamat mencoba!

Baca juga: 10 Model Skin Rambut Pria yang Keren

Featured image source: Kompas


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Cahyya Residence Ngemplak dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download