BlogHome ServiceKebersihan Rumah8 Cara Menghilangkan Noda Kuning di Baju Putih Terampuh
0
0

8 Cara Menghilangkan Noda Kuning di Baju Putih Terampuh

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh rahman

Des 5, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Selain memakai cairan pemutih, ada beberapa cara lain menghilangkan noda kuning di baju putih. Bahan ini tidak merusak serat pakaian dan ampuh melunturkan noda. 

Baju putih memang rentan terkena noda. Biarpun begitu, baju dengan warna ini masih banyak dibutuhkan dalam berbagai acara. Misal, saat wawancara kerja, magang, atau bahkan ikut ujian CPNS.

Cara menghilangkan noda kuning di baju putih dengan cepat adalah dengan langsung mengucek memakai air saat terkena noda. Bagian baju yang sering terkena noda biasanya bagian ketiak dan kerah. 

Lantas, bagaimana cara menghilangkan noda kuning di baju putih? Simak baik-baik ya!

Cara Menghilangkan Noda di Baju Putih

Pasalnya, noda kuning pada baju putih disebabkan oleh keringat tubuh yang mengendap. Namun, Pins bisa menghilangkan noda kuning di baju putih pada bagian ketiak dengan mengoleskan cairan asam basa.

Kandungan asam basa yang tinggi membantu melunturkan noda nantinya. Kamu bisa mendapatkan zat asam basa ini dari bahan-bahan alami seperti lemon, baking soda, dan masih banyak lagi. Begini caranya!

Rendam Dengan Perasan Lemon

Source : Freepik

Salah satu bahan yang memiliki tingkat keasaman tinggi adalah lemon. Lemon mengandung 5% asam sitrat. Cara menghilangkan noda kuning di baju putih bagian ketiak dengan lemon sering menjadi solusi alternatif.

Lemon mudah didapatkan dan harganya terjangkau. Untuk mengaplikasikannya, Pins cukup menyiapkan 3 buah lemon. Lalu, peras dan campurkan ke dalam air panas.

Aduk rata dan tunggu hingga air menjadi lebih hangat. Masukan pakaian putih dalam ember yang terisi campuran lemon dan air ini. Diamkan selama beberapa jam atau semalam.

Setelah itu, cuci baju seperti biasa. Bilas dengan air bersih beberapa kali kemudian jemur pada tempat yang teduh. Ketika menjemur pakaian, pastikan bagian dalam baju berada di luar atau terbalik. 

Baca juga: 6 Cara Mencuci Masker Kain yang Benar

Gunakan Baking Soda

Source : Pexels

Baking soda sering terpilih sebagai cara menghilangkan noda kuning di baju putih dengan cepat. Selain untuk mengatasi noda pakaian bahan ini juga bisa membersihkan sayuran dan bau pada kulkas.

Baking soda dapat berfungsi sebagai antiseptik ringan sehingga bakteri ikut terangkat. Campurkan baking soda dan air kemudian oleskan ke bagian yang bernoda. Rendam pakaian putih ini ke dalam larutan selama 30 menit.

Setelahnya, Pins bisa mencuci pakaian dengan memakai deterjen. Kucek perlahan pada bagian yang bernoda. Setelah itu, bilas dengan air bersih hingga tidak terasa licin dan busa yang menempel pada baju hilang. 

Oleskan Pasta Gigi

Source : Freepik

Selain sebagai penghilang kerak, pasta gigi ternyata bisa menjadi salah satu cara menghilangkan noda kuning di baju putih. Pasta gigi memiliki sifat abrasif yang ampuh melunturkan noda.

Kandungan pasta gigi sendiri adalah kalsium karbonat, magnesium karbonat, garam fosfat, gel silika ter dehidrasi, aluminium oksida terhidrasi, dan silikat. Senyawa ini tak hanya ampuh membuat gigi berkilau, tetapi juga mengangkat noda baju.

Cara mengaplikasikannya cukup mudah. Pins hanya perlu mengoleskan pasta gigi pada bagian yang bernoda. Lalu, gunakan sikat berbulu lembut sehingga tidak merusak serat baju ketika menyikat pakaian. 

Pasta gigi juga bisa Pins gunakan untuk membersihkan sepatu putih. Pasalnya, pasta gigi juga mengandung pemutih yang cocok untuk membersihkan pakaian atau sepatu putih. 

Baca juga: 5 Cara Menghilangkan Noda Karat di Baju Secara Ampuh

Manfaatkan Cuka Putih

Source : Freepik

Cuka putih mengandung 5-10% asam asetat yang biasa dipakai menghilangkan gulma dan membersihkan ruangan. Ini dikarenakan sifat asamnya mampu menetralisir kotoran yang menempel pada baju. 

Menghilangkan noda kuning di baju putih bagian ketiak dengan cara memakai cuka putih tidak sulit. Pins cukup merendam baju di dalam larutan setengah cangkir cuka dan satu ember air. 

Rendam pakaian dalam durasi 15-30 menit. Setelah itu, cuci pakaian seperti biasa memakai detergen dan bilas dengan air bersih.

Gosokan Belimbing Wuluh

cara menghilangkan noda kuning di baju putih
Source : Pinterest

Bagi Pins yang punya pohon belimbing wuluh di rumah, coba manfaatkan tanaman alami ini untuk mengatasi noda di baju putih. Metode menghilangkan noda kuning ini hanya dengan menggosokkan belimbing wuluh pada bagian yang terkena noda.

Pins juga bisa menggunakan sari belimbing wuluh atau daging buahnya. Potong belimbing wuluh menjadi dua, lalu gosokan bagian daging ke area yang kotor hingga noda terangkat.

Diamkan selama 30 menit kemudian cuci pakaian dengan deterjen. Bilas hingga bersih baru keringkan. Sebaiknya gantung pakaian dengan hanger saat musim hujan agar cepat kering. 

Pakai Sabun Pencuci Piring

Source : Freepik

Sabun pencuci piring, khususnya sabun colek, mampu meluruhkan kotoran yang menempel. Sabun pencuci piring memiliki sifat peluruh lemak sehingga mampu mengangkat noda pada pakaian.

Cara memakai sabun pencuci piring untuk menghilangkan noda kuning di baju putih dengan cepat cukup mudah. Pins hanya mengoleskan sabun cuci piring pada area bernoda dan diamkan selama 10-15 menit. 

Setelah itu, Pins bisa gosok dengan sikat gigi bekas dan bilas dengan air bersih hingga pakaian putih kembali. Sabun pencuci piring juga ampuh menghilangkan bau keringat yang menempel pada baju.

Baca juga: 10 Mesin Cuci Piring Otomatis Terbaik, Praktis dan Cepat!

Bersihkan dengan Penyedap Makanan

cara menghilangkan noda kuning di baju putih
Source : Pinterest

Selain membuat makanan terasa lebih lezat, penyedap makanan bisa jadi salah satu cara menghilangkan noda kuning di baju putih. Untuk menggunakannya, Pins bisa mencampurkan micin dan deterjen dengan perbandingan 2:3. 

Jangan lupa tambahkan air dan rendam pakaian dalam larutan ini selama 30 menit. Lalu, cuci baju seperti biasa. 

Atasi dengan Aseton

Source : Freepik

Dikenal sebagai pembersih kutek, aseton bisa dijadikan solusi lain dari menghilangkan noda kuning di baju putih. 

Untuk menggunakannya, Pins dapat menuangkan aseton pada bagian yang kotor. Lalu, diamkan cairan aseton pada baju selama 30 menit dan cuci seperti biasa. 

Selain memakai cara menghilangkan noda kuning di baju putih di atas bisa pula dengan mengubah kebiasaan diri. Jangan memakai pemutih secara berlebihan dan hindari memakai deodoran yang mengandung antiperspirant.

Baca juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Bagi kamu yang ingin punya rumah bersih dan terawat, pesan jasa kebersihan dan pemeliharaan rumah via Aplikasi Pinhome sekarang juga. 

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Editor: Syahya R

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download