BlogLifestyleTeknologiTerganggu Dengan Noise Video? Ikuti 6 Cara Menghilangkan Noise Video di Adobe Premiere Ini!
0
0

Terganggu Dengan Noise Video? Ikuti 6 Cara Menghilangkan Noise Video di Adobe Premiere Ini!

Dipublikasikan oleh Livina Hermawan

Apr 10, 2023

10 menit membaca

Copied to clipboard
cara menghilangkan noise video di Adobe Premieretop-right-banner

Cara menghilangkan noise video di Adobe Premiere jadi topik populer di kalangan editor video, khususnya yang berstatus pemula. Editor video mana pun akan sepakat bahwa kualitas suara lebih penting daripada visual. Meskipun kualitas audio bukanlah sesuatu yang dapat dilihat mata, namun kita dapat langsung menangkapnya saat kualitas audionya buruk.

Bahkan noise video dalam bentuk AC, gema dari ruang gema, atau suara mendesis, mendengung, dan lainnya di latar belakang bisa sangat mengganggu. Meskipun menghilangkan noise latar belakang paling baik dilakukan saat merekam, namun ini terkadang tidak memungkinkan.

Untungnya, Adobe Premiere Pro telah mengembangkan beberapa fitur untuk membantu Pins mengurangi noise latar belakang video selama pasca-pemrosesan. Ada dua cara menghilangkan noise video di Premiere Pro, yaitu dengan mengurangi noise latar belakang menggunakan panel Essential Sound dan Effects Panel. Simak penjelasannya di bawah ini ya!

Baca juga:

Gunakan Panel Essential Sound

cara menghilangkan noise video di Adobe Premiere
Source : Freepik

Cara menghilangkan noise video di Adobe Premiere yang pertama dengan memanfaatkan panel Essential Sound. Simak langkah-langkahnya berikut ini:

1. Buka Panel Essential Sound

Pertama, pastikan Pins telah membuka Panel Essential Sound di Premiere Pro. Jika kamu tidak melihatnya di jendela pengeditan, navigasikan ke Window -> Essential Sound dan pastikan sudah dicentang.

1. Cara Menghilangkan Noise Video di Adobe Premiere Menggunakan Panel Essential Sound

Pins akan melihat panel dengan tampilan seperti ini:

2. Cara Menghilangkan Noise Video di Adobe Premiere

2. Tentukan Klip

Pilih semua klip audio (satu atau lebih) di timeline yang ingin Pins edit.

cara menghilangkan noise video di Adobe Premiere

Sekarang klik Dialog di Panel Essential Sound. Panel Essential Sound sekarang akan terlihat seperti ini:

cara menghilangkan noise video di Adobe Premiere

3. Buka Tab Repair di Essential Sound

Klik pada tab yang bertuliskan Repair dan kamu akan melihat opsi berikut:

cara menghilangkan noise video di Adobe Premiere

4. Gunakan Slider untuk Menyesuaikan Jumlah Pengurangan Noise

Mengurangi noise latar belakang berupa AC atau suara ambient lainnya. Centang opsi pertama Reduce Noise untuk mengurangi jenis background noise ini.

cara menghilangkan noise video di Adobe Premiere

Premiere Pro melakukan pekerjaan yang hebat dalam mengisolasi noise sekitar yang rendah untuk menghilangkan noise yang dihasilkan dari AC, lampu, dll.

Setelah Pins mencentang opsi ini, gunakan slider untuk menyesuaikan jumlah efek yang ingin kamu terapkan. Saat memutar klip audio kembali di timeline, kamu dapat menyesuaikan jumlah efek secara real time.

Kamu akan melihat bahwa semakin banyak efek yang diterapkan, maka semakin tidak alami suara yang akan terdengar. Sangat penting untuk menemukan keseimbangan di sini. Ingatlah bahwa lebih sedikit lebih baik dan mulailah dengan lebih sedikit dari yang Pins pikir mungkin dibutuhkan.

Baca juga:

Gunakan Panel Effects

Source : Freepik

Jika metode pertama menggunakan jendela Panel Essential Sound menyelesaikan masalah noise latar belakang, maka kamu dapat berhenti di situ. Ini adalah tools yang hebat dan sangat mudah digunakan.

Namun pada kenyataannya, ada kalanya Pins mungkin memiliki noise latar belakang yang tinggi dan memerlukan beberapa tools tambahan untuk membantu menghilangkan noise tersebut.

Ada lebih banyak tools di Premiere Pro yang dapat membantu mengisolasi lebih banyak noise latar belakang, bahkan lebih dari sekadar menggunakan slider sederhana yang ditemukan di dalam Panel Essential Sound.

Baca juga: Cara Edit Foto untuk Akun LTMPT Agar Sesuai dengan Syarat

1. Buka Panel Effects

Pilih menu Window dan klik Effects untuk memulai metode kedua ini.

2. Ketik Denoise Di Kotak Pencarian Panel Efek

Kamu juga bisa melakukannya dengan mengarahkan ke Audio Effects -> Noise Reduction/Resoration dan pilih Denoise.

3. Seret Efek Ini Ke Klip yang Ingin Disesuaikan

Setelahnya, kamu bisa arahkan ke jendela sumber dan pilih Effect Controls.

4. Klik Edit

Saat memutar klip kembali, kamu akan mendengar dan melihat bentuk gelombang bergerak dengan klip audio.

Slider bawah akan mengontrol jumlah total efek ini yang ingin kamu terapkan ke klip.

Kamu akan melihat di jendela ini ada opsi tambahan – Pins dapat mengisolasi frekuensi mana yang ingin dipengaruhi – tinggi, rendah, atau sedang.

Pins juga dapat mengontrol keseluruhan penguatan (atau sensitivitas) audio. Saat memutar ulang audio, bereksperimenlah dengan berbagai penyesuaian ini untuk menemukan yang paling cocok untuk klip milikmu.

Catatan: Ini berfungsi dengan salah satu preset sound effect yang kamu terapkan melalui jendela Panel Essential Sound.

Setelah kamu menerapkan salah satu efek di panel preset sound effect, navigasikan ke jendela efek dan klik edit.

Jendela lain akan terbuka menampilkan beberapa parameter yang lebih spesifik yang dapat kamu kontrol untuk setiap efek.

Meskipun ini mungkin tampak rumit, ini adalah tools yang hebat jika kamu ingin lebih spesifik dalam mengedit suara.

Jika Panel Essential Sound memperbaiki noise latar belakang di video kamu, maka tetaplah menggunakannya. Namun, jika kamu ingin menggali lebih dalam untuk mengisolasi suara tertentu, ada baiknya mengetahui dengan tepat di mana kamu dapat menemukan lebih banyak kontrol.

Baca juga:

Cara Menghilangkan Noise Video Di Adobe Premier Berdasarkan Penyebabnya

Selain kedua metode yang telah dijelaskan sebelumnya, Pins juga bisa menghilangkan noise video di Adobe Premier berdasarkan faktor penyebabnya. Tentu saja caranya masih menggunakan Panel Effects dan Panel Essential Sound.

Apa saja penyebab dan bagaimana caranya? Kamu bisa ikuti langkahnya di bawah ini ya!

1. Kebisingan Angin atau Benturan dan Goresan pada Mikrofon

cara menghilangkan noise video di Adobe Premiere

Opsi berikutnya yang akan Pins temukan adalah efek \\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\’Reduce Rumble\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\’.

Jika kamu memiliki suara angin yang keras dan bergemuruh di latar belakang, terapkan efek ini juga. Terapkan ke klip dengan mengklik tanda centang saat memilih klip audio.

Sekarang mulailah memutar kembali klip audio kamu dan sesuaikan bilah slider saat Pins mendengarkan untuk menghilangkan noise sebanyak mungkin.

Baca juga: 10 Audio Converter Terbaik Mudah & Simple Digunakan

2. Suara Dengungan Frekuensi Rendah dari Mesin atau Suara Latar Lainnya

Periksa efek DeHum untuk menghilangkan kebisingan frekuensi rendah yang konstan di latar belakang. Jenis kebisingan ini sering disebabkan oleh kabel listrik atau peralatan yang menyebabkan nada frekuensi rendah di latar belakang.

Terapkan efek ini dengan cara yang sama seperti yang lain. Centang untuk menerapkan efek dan kemudian gunakan slider untuk memutuskan seberapa banyak atau sedikit yang akan diterapkan ke klip milikmu.

Baca juga: Cara Menggabungkan Video dan Audio di Adobe Premiere Pro

3. Sibilance

Periksa parameter DeEss untuk menghilangkan suara keras yang terkadang disebabkan oleh mikrofon yang sangat sensitif atau terlalu dekat.

4. Gema di Latar Belakang

Jika Pins tidak memiliki panel peredam suara atau kamu merekam di lingkungan yang terbuka lebar dengan banyak jendela atau dinding yang terbuka, tidak peduli seberapa bagus mikrofon, mungkin kamu menemukan beberapa gema yang tidak diinginkan pada trek audio.

Tools ini sangat membantu dalam mengurangi gema dan gema yang terdengar pada mikrofon itu serta memberikan audio nada yang lebih hangat dan lebih profesional.

Menggunakan opsi panel Essential Sound ini akan menghilangkan sebagian besar noise di latar belakang klip audio. Namun, jika Pins  masih mendengar suara yang mengganggu dan ingin mengisolasi lebih banyak suara latar belakang, lanjutkan ke metode 2.

Dengan metode berikutnya, kita akan membahas pendekatan yang lebih mendetail yang dapat mengisolasi lebih banyak noise latar belakang di video klip.

Baca juga:

Membuat Essential Sound Preset untuk Diterapkan ke Semua Klip Audio

Katakanlah Pins telah membuat semua penyesuaian yang diperlukan untuk klip dan kamu senang dengan suaranya. Bagaimana jika kamu ingin menerapkan efek ini ke lebih banyak klip dalam timeline?

Cara termudah dan tercepat untuk melakukannya adalah dengan membuat preset khusus yang dapat kamu terapkan ke klip apa pun yang diinginkan dengan satu klik. Ini juga merupakan fitur hebat untuk menyimpan pengaturan ini dengan video mendatang.

Baca juga: 10 Aplikasi Edit Foto PC Gratis Terbaik untuk Pemula

1 | Di Panel Essential Sound, klik ikon kecil di sebelah kanan dengan panah mengarah ke bawah

2 | Beri nama preset sesuai keinginan dan tekan OK

3 | Pilih semua klip yang ingin kamu terapkan efeknya dan buka jendela preset drop-down di Essential Sound

Temukan preset khusus milikmu dan klik.

Sekarang semua klip yang kamu pilih akan memiliki preset khusus yang diterapkan.

Nah, semoga penjelasan tentang 6 cara menghilangkan noise video di Adobe Premiere di atas bermanfaat untuk kamu ya, Pins! Selamat mencoba dan teruslah berkreasi.

Editor: Nurchalimah

Source Feature Image: Freepik


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download