BlogHome ServiceKebersihan Rumah8 Cara Menghilangkan Slime di Baju Paling Ampuh
0
0

8 Cara Menghilangkan Slime di Baju Paling Ampuh

Dipublikasikan oleh Mustika Mustika

Des 5, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Bermain slime memang berisiko membuat baju kotor. Pasalnya, begitu slime menempel di baju akan sulit menghilangkannya. Untungnya, ada berbagai cara menghilangkan slime di baju dengan ampuh.

Walau menyusahkan, bermain slime bisa mengurangi stres penggunanya. Tidak heran banyak anak maupun orang dewasa yang ikut bermain. Maka dari itu, Pins tidak perlu membatasi diri dengan mainan ini karena ada cara untuk mengatasi nodanya pada baju.

Cara Menghilangkan Slime di Baju

Berikut ini adalah cara menghilangkan slime di baju yang harus kamu ketahui. Dijamin ampuh!

Siapkan Wadah untuk Membersihkan Slime

slime
Source : Pexels

Sebelum memulai membersihkan slime, tentukan dulu tempat untuk membersihkannya. Siapkan wadah yang nantinya akan kamu pakai untuk meletakkan slime yang sudah dilepas dari baju.

Pasalnya, slime bisa menempel pada benda lain jika diletakkan sembarangan. Tujuannya membersihkan slime di baju, tapi kalau mengotori benda lain, percuma juga, kan?

Kamu bisa membersihkan slime di kamar mandi, wastafel, atau di mana pun. Yang penting, siapkan wadah untuk menampung slime yang nantinya akan kamu bersihkan.

Wadah ini bisa berupa kertas bekas, plastik, tisu, atau apa  saja yang nantinya bisa langsung dibuang ke tempat sampah. Slime termasuk sampah anorganik, jadi jangan dibuang sembarangan, ya!

Ambil Slime dengan Tangan

slime
Source : Pixabay

Saat membersihkan slime pada baju, pisahkan baju yang terkena slime dari pakaian lain, ya. Selanjutnya, kamu bisa mengambil slime sedikit demi sedikit menggunakan tangan.

Cara ini memang membutuhkan kesabaran dan ketelatenan karena noda slime menempel dengan bandel pada serat kain. Tidak apa-apa kalau cara ini belum bisa mengangkat semua noda slime.

Tujuan mengambul slime dengan tangan adalah untuk mengurangi noda agar nantinya lebih mudah dibersihkan.

Jika enggan mengambil dengan tangan karena teksturnya yang lembek dan lengket, kamu bisa menggunakan tisu atau sendok. Yang penting jangan mengambil slime dengan benda tajam karena berisiko merusak pakaian.

Baca juga: 5 Cara Menghilangkan Noda Karat di Baju Secara Ampuh

Hilangkan Slime di Baju dengan Cuka

Source : Pixabay

Setelah mengurangi slime yang menempel sebisa mungkin, selanjutnya adalah cara menghilangkan slime di baju secara tuntas. Kamu bisa memanfaatkan bahan yang ada di rumah seperti cuka putih.

Bahan satu ini biasanya sudah ada di dapur karena kerap dipakai sebagai tambahan masakan. Kalaupun tidak ada cuka putih di rumah, kamu bisa membelinya di warung terdekat dengan harga mudah.

Cara menghilangkan slime di baju dengan cuka cukup dengan mengoleskan cuka pada noda. Kamu bisa mengoleskannya dengan tangan ataupun menuangkannya langsung pada pakaian.

Kandungan cuka putih cukup aman untuk pakaian. Jadi, tidak perlu khawatir pakaian akan rusak. Namun, bukan berarti kamu perlu menuangkan cuka hingga membasahi seluruh baju, ya.

Setelah mengoleskan cuka pada noda slime, diamkan sekitar 15 menit. Selanjutnya, kamu bisa membersihkan slime yang tertinggal dengan sikat berbulu halus.

Gosok dengan lembut agar bahan pakaian tidak mudah rusak. Untuk pakaian yang berbahan halus, kamu bisa menggosoknya dengan handuk atau kain lap.

Setelah noda slime hilang, bilas pakaian dengan air hangat untuk membersihkan bekas cuka dan lendir slime. Selanjutnya, kamu bisa melakukan cara mencuci pakaian seperti biasa, baik secara manual atau dengan mesin cuci.

Hilangkan Slime dengan Aseton

cara menghilangkan slime di baju dengan aseton
Source : My Best

Menghilangkan slime juga bisa dengan menggunakan cairan aseton. Cairan yang biasa digunakan untuk membersihkan kuteks kuku ini juga ampuh untuk mengatasi noda membandel.

Cara menghilangkan slime di baju dengan aseton mirip seperti penggunaan cuka. Hanya saja, kamu perlu tahu kalau aseton mengandung zat kimia yang mungkin terlalu keras untuk kain tertentu.

Salah satu risiko penggunaan aseton adalah mengubah warna pakaian. Karena itu, sebelum memakai aseton sebaiknya lakukan pengetesan sederhana.

Teteskan aseton pada bagian tersembunyi pada pakaian. Perhatikan apakah ada perubahan warna pada area tersebut. Jika tidak ada, berarti aseton aman untuk digunakan.

Selanjutnya, oleskan aseton pada noda slime dengan hati-hati. Kamu bisa menggunakan tangan langsung atau dengan membasahi kapas terlebih dahulu.

Kemudian, gunakan kapas ini untuk menggosok noda slime di baju. Jika slime sudah terangkat, bilas residu pada baju dan lanjutkan mencuci seperti biasa.

Bersihkan Slime Setelah Dicuci

Source : Freepik

Apabila noda slime pada baju belum hilang sempurna setelah menggunakan cara-cara di atas, kamu bisa lanjut membersihkannya setelah baju dicuci. Pada prinsipnya, noda akan lebih mudah dihilangkan setelah pakaian dicuci.

Untuk membersihkan noda slime yang tersisa, kamu bisa mengulangi metode sebelumnya dengan menggunakan cuka atau aseton.

Baca juga: 8 Cara Menghilangkan Noda Kuning di Baju Putih Paling Ampuh

Bersihkan Slime Saat Sudah Mengeras

Source : thekitchn

Slime yang lembek dan bertekstur seperti lendir akan sulit dibersihkan secara tuntas. Hal ini karena slime cenderung menempel erat pada benda yang terkena kontak.

Agar membersihkan slime lebih mudah, kamu bisa menunggu sampai slime mengeras. Alternatifnya, kamu juga bisa mempercepat proses pengerasan slime dengan es batu.

Caranya, tempelkan es batu pada noda slime selama beberapa menit. Tunggu hingga slime mengeras agar lebih mudah diambil.

Opsi lainnya adalah dengan memasukkan pakaian ke dalam freezer. Masukkan dulu baju tersebut ke dalam wadah atau plastik sebelum dimasukkan ke dalam freezer.

Saat slime sudah membeku, kamu bisa mengambilnya dengan lebih mudah.

Gunakan Sabun Cuci Piring

cara menghilangkan slime di baju dengan sabun cuci piring
Source : Freepik

Cara menghilangkan slime di baju juga bisa dengan memanfaatkan sabun cuci piring. Kandungannya memang lebih ampuh menghilangkan noda membandel ketimbang detergen biasa.

Namun, sebelum mencuci noda slime dengan sabun cuci piring, lakukan langkah pertama di atas untuk mengurangi slime dengan tangan. Pada tahap ini, kamu juga bisa melumuri tanganmu dengan sabun cuci cair supaya slime tidak lengket di tangan.

Kalau slime yang menempel di baju sudah berkurang, kamu bisa lanjutkan dengan mencuci menggunakan sabun cuci piring.

Pakai Produk Pembersih Lem

cara menghilangkan slime di baju dengan produk pembersih lem
Source : Youtube

Kalau cara-cara di atas terdengar merepotkan, masih ada cara lain yang lebih simpel yaitu dengan produk pembersih lem. Cara ini dijamin ampuh karena slime itu sendiri terbuat dari bahan yang sama dengan lem.

Salah satu produk pembersih lem yang ada di pasaran adalah Goo Gone. Cara pakainya adalah dengan menyemprotkan atau mengoleskan cairan ini pada noda slime. Kalau slime sudah bersih, kamu bisa mencuci pakaian seperti biasa. Semudah itu!

Itulah beberapa cara menghilangkan slime di baju yang bisa kamu coba. Semoga membantu!

Baca juga:

Editor: Syahya Rembulan


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download