BlogHome ServiceOtomotif8 Cara Menghitamkan Ban Motor yang Kusam Agar Mengkilap
0
0

8 Cara Menghitamkan Ban Motor yang Kusam Agar Mengkilap

Dipublikasikan oleh Mustika Mustika

Des 5, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Siapa sih yang tidak mau punya kendaraan yang tampil keren, bersih, dan mengkilap seperti baru? Sayangnya, sepeda motor akan menjadi kotor dan kusam seiring pemakaian, terutama bagian ban. Namun, tenang saja karena ada beberapa cara menghitamkan ban motor agar kembali mengkilap.

Selain soal penampilan, merawat kondisi ban motor memang penting. Apalagi, ban motor menjadi tumpuan kendaraan. Kondisi ban juga berpengaruh pada keselamatan berkendara.

Sayangnya, banyak yang abai melakukan perawatan ban karena dianggap tidak penting. Padahal, ban yang kotor akan tampak kusam dan pucat sehingga mengurangi kegagahan motor. Namun, tenang saja, kamu bisa mengatasinya dengan tips cara menghitamkan ban yang kusam agar kembali mengkilap seketika.

Cara Menghitamkan Ban Motor

Gunakan Semir Ban

Cara menghitamkan ban motor yang paling mudah adalah menggunakan produk semir ban. Produk semacam ini banyak dijual di pasaran dan harganya cukup murah. Bahkan, ada juga yang tersedia dalam kemasan saset.

Kalau kamu baru pertama kali mencoba menghitamkan ban motor dengan produk ini, cobalah beli kemasan ukuran kecil dulu. Lalu, perhatikan hasilnya apakah cukup memuaskan.

Kalau cocok, kamu bisa terus menggunakan merek tersebut. Jika belum sreg dengan hasilnya, kamu bisa coba merek lain yang ada di pasaran.

Umumnya, semir motor yang ampuh terbuat dari bahan silikon cair. Kandungan yang terdapat di dalamnya mampu membuat ban motor hitam dan mengkilap seketika.

Manfaatkan Pasta Gigi

Mau tahu cara menghitamkan ban motor yang lebih praktis lagi? Coba gunakan pasta gigi. Produk ini pasti ada di setiap rumah jadi kamu tidak perlu repot-repot pergi ke toko untuk membelinya.

Cara menggunakannya mudah sekali. Kamu hanya perlu mengoleskan pasta gigi secara menyeluruh pada permukaan ban.

Selain menghitamkan ban motor, pasta gigi juga bisa kamu gunakan untuk membersihkan bagian lain. Kandungan dalam pasta gigi diketahui dapat menghilangkan karat, misalnya pada knalpot atau velg.

Baca Juga: 14 Merk Ban Motor Terbaik dan Tahan Lama

Pakai Teh Manis Kemasan

Cara menghitamkan ban yang satu ini mungkin terdengar aneh. Nyatanya, sudah banyak yang membuktikan hasilnya dan ternyata cukup ampuh.

Kamu bisa menggunakan teh manis kemasan dari merek apa pun. Harganya juga murah dan biasa dijual di warung-warung dekat rumah.

Untuk kemasannya sendiri, ada yang dijual dalam kemasan botol maupun kotak. Bebas saja kamu pilih yang mana.

Untuk menghitamkan ban motor yang kusam dengan teh manis kemasan, kamu bisa langsung mengoleskan cairan teh pada permukaan ban. Gunakan kuas atau lap kain agar lebih mudah mengoleskan secara merata.

Gunakan Campuran Cat Kayu dan Bensin

Cara yang satu ini bisa dibilang antimainstream. Namun, tidak ada salahnya dicoba kalau kamu belum puas dengan metode-metode lain.

Beberapa orang sudah membuktikan keampuhan dari cara ini. Namun, campuran ini tidak dibuat dengan takaran sembarangan, ya.

Untuk membuat cairan pembersih dari bensin dan cat kayu, kamu perlu mencampurkannya dengan cairan pengilap. Perbandingannya 3:1:1 dengan urutan bensin, cairan pengilap, dan cat kayu. Setelah tercampur merata, zat pengilap ini bisa langsung kamu gunakan.

Gunakan Minyak Goreng

Ya, benar sekali, kamu tidak salah baca. Cara menghitamkan ban motor bisa dilakukan dengan memanfaatkan minyak goreng.

Metode ini juga terbilang ampuh, mudah, dan sangat murah. Namun, pastikan kamu menggunakan minyak yang masih baru, ya.Pasalnya, menghitamkan ban motor dengan minyak jelantah akan meninggalkan aroma tidak sedap.

Cara menghitamkan ban dengan minyak goreng mudah sekali. Kamu hanya perlu mengoleskan minyak menggunakan kuas atau lap kain. Kemudian, gosok perlahan hingga mengkilap.

Baca Juga: Daftar Ukuran Ban Motor dan Cara Membacanya

Pakai Baking Soda

Cara menghitamkan ban motor juga menggunakan produk yang ada di dapur. Baking soda kerap dipakai sebagai bahan tambahan dalam membuat kue.

Selain itu, baking soda juga dapat dipakai untuk membersihkan barang-barang di rumah. Nah, sekarang saat kamu mencoba memakai baking soda untuk menghitamkan ban motor yang kusam.

Caranya mudah, kok. Pertama, campurkan serbuk baking soda dengan sedikit air. Tuangkan air sedikit saja dan aduk merata hingga teksturnya seperti pasta. Selanjutnya, gosokkan pada permukaan ban yang kusam menggunakan lap.

Gunakan Silikon Cair

Bahan yang satu ini memang kerap digunakan sebagai bahan utama untuk membuat semir ban motor. Kalau kamu ingin membuat cairan pengilap ban sendiri juga bisa, kok.

Untuk membuat cairan penghitam ban motor, campurkan silikon cair dengan terpentin. Perbandingannya 70:30. Pastikan kedua bahan ini tercampur secara merata.

Cairan penghitam ban bisa langsung kamu gunakan.

Pakai Minuman Bersoda

Tips ini sama seperti sebelumnya ketika menghitamkan ban motor dengan minuman teh manis kemasan. Kamu hanya perlu membeli minuman bersoda yang biasanya dijual dalam botol.

Selanjutnya, tuangkan minuman soda ke dalam wadah. Kemudian, gunakan kuas untuk mengoleskannya pada permukaan ban. Jangan lupa gosok dengan lap atau kanebo agar merata.

Nah, itu dia beberapa tips cara menghitamkan ban motor yang kusam. Lakukan cara-cara ini secara rutin agar mendapat hasil yang maksimal.

Tidak harus menggunakan cara yang sama terus menerus, kamu juga bisa mencoba beberapa metode secara selang-seling. Manfaatkan bahan-bahan yang ada di rumah agar lebih hemat. Selamat mencoba!

Baca Juga: Cara Mencuci Motor Agar Tetap Bersih Walau Musim Hujan


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah. 

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download