BlogHome ServiceKebersihan RumahDijamin Ampuh! Ini 10 Cara Mengusir Cicak yang Mengganggu Rumah!
0
0

Dijamin Ampuh! Ini 10 Cara Mengusir Cicak yang Mengganggu Rumah!

Dipublikasikan oleh Bryan Dharmanta

Des 4, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Kehadiran hewan bisa jadi mengganggu kenyamanan di dalam rumah. Selain karena kotorannya yang kerap kali mengotori lantai atau bagian lain rumah, kehadiran hewan-hewan tertentu juga dikhawatirkan akan membawa penyakit yang menular. Tentu saja ini membawa keresahan bagi penghuni rumah tersebut.

Hewan yang bisa jadi pengganggu sangat banyak jenisnya. Mulai dari hewan pengerat seperti tikus misalnya, serangga macam nyamuk dan kecoa, hingga reptil seperti ular bahkan yang terkecil dan lazim ditemui seperti cicak misalnya

Segala jenis hewan tersebut bisa secara langsung maupun tidak langsung menjadikan suasana dalam rumah kurang nyaman. Demikian tentu diperlukan satu upaya pencegahan yang praktis dan mudah agar hewan-hewan tersebut tidak mengganggu. Banyak hal yang bisa dilakukan bagaimana cara mengusir cicak yang mengganggu di rumah.

Baca juga : 5 Jenis Tanaman Pengusir Nyamuk Paling Ampuh

Menaburkan Kapur Barus

Cara mengusir cicak
Source : Harga Bahan Bangunan

Kapur barus atau kamper biasa digantung di dalam lemari pakaian sebagai bahan untuk menghalau bau serta menjauhkan pakaian bersih dari dihinggapi hewan-hewan serangga seperti tungau atau serangga lainnya.

Cara pakainya mudah, cukup digantungkan di tempat dimana cicak biasa berkumpul atau singgah, bisa juga dengan menggerus kapur barus hingga halus lalu ditaburkan begitu saja. Aroma kapur barus yang menyengat dipercaya sangat ampuh sebagai cara mengusir cicak dan hewan lainnya.

Baca juga: 4 Hewan Pengganggu Di Rumah Dan Cara Mengusirnya

Gunakan Tembakau

Cara mengusir cicak
Source : Pixabay

Tembakau adalah daun yang biasa digunakan dengan cara dilinting sebagai rokok. Selain itu, belakangan diketahui tokek juga dengan dengan aroma tembakau sehingga sangat mungkin untuk digunakan sebagai cara menghalau tokek.

Berhubung cicak masih berkerabat dengan tokek, secara naluriah cara ini bisa juga diaplikasikan, mudah saja. Cukup dengan membungkus tembakau dengan kasa atau kantong plastik yang sudah dilubangi di beberapa sisi, atau juga bisa menggunakan air rendaman tembakau untuk dioleskan.

Pins bisa mengoleskan di area dimana cicak biasa singgah dan berkumpul. Hal ini sangat ampuh sebagai cara mengusir cicak di dalam rumah yang mengganggu.

Gunakan Pendingin Ruangan Untuk Mengatur Suhu

Cara mengusir cicak
Source : PIxabay

Cicak senang berada di area yang kotor serta tempat-tempat dimana banyak sarang laba-laba. Ini karena cicak berusaha untuk mencari makanan yaitu nyamuk atau serangga kecil lainnya.

Dengan membersihkan sudut-sudut rumah secara berkala tentu cicak akan enggan untuk singgah. Sementara itu, bila dalam ruangan ada pendingin ruangan atau AC, bisa juga diakali dengan menurunkan suhu pada ruangan tersebut.

Baca juga : Tips Memilih AC Rumah Paling Tepat

Menggunakan Cangkang Telur

cara mengusir cicak
Source : Unsplash

Cara mengusir cicak lainnya adalah dengan menggunakan bekas cangkang telur. Hal ini bisa kamu pakai dikarenakan cicak tidak menyukai bau dari cangkang telur.

Kamu bisa membersihkan terlebih dahulu cangkang telur dengan tisu dan kemudian letakkan pada area dimana biasanya cicak datang.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa merebus terlebih dahulu cangkang telur agar baunya lebih kuat.

Semprotkan Obat Nyamuk

Source : Unsplash

Tidak hanya ampuh untuk mengusir nyamuk dan kecoa, obat nyamuk juga bisa kamu gunakan untuk mengusir cicak dari rumah. Cara pakainya sangat mudah, kamu cukup menyemprotkan obat nyamuk di area cicak sering ada.

Bau kimia yang dihasilkan dari obat nyamuk sangat tidak disukai oleh cicak sehingga bisa membantu mengurangi cicak untuk datang.

Manfaatkan Bawang

Source : Unsplash

Cicak sangat tidak menyukai bau yang tajam dan menyengat. Oleh karena itu, kamu bisa menggunakan aneka bawang sebagai salah satu cara mengusir cicak dari rumah.

Kamu bisa membuat semprotan dari bawang dengan cara membuat semacam jus bawang dan kemudian dimasukkan dalam botol semprot.

Semprotan bawang ini bisa kamu semprotkan pada area cicak datang. Mudah bukan?

Gunakan Lada dan Cabai

cara mengusir cicak
Source : Unsplash

Mirip dengan bawang, rempah dengan bau tajam dan menyengat lainnya juga bisa kamu temukan di lada dan cabai. Cara penggunaannya juga sama dengan bawang, kamu bisa membuat semacam larutan dari cabai dan lada kemudian di semprotkan pada area sumber cicak datang.

Gunakan Sabun dan Deterjen

Source : Unsplash

Selain obat nyamuk, alternatif untuk bahan kimia pengusir cicak adalah dengan larutan sabun atau deterjen. Cukup campurkan sedikit sabun atau deterjen dengan air, kemudian usapkan pada area cicak. Mudah dan ekonomis, bukan?

Menaburkan Bubuk Kopi

cara mengusir cicak
Source : Unsplash

Cara mengusir cicak dari rumah lainnya bisa menggunakan bubuk kopi. Cicak tidak menyukai bau dari kopi dikarenakan sangat menyengat.

Kamu bisa meletakkan kopi bubuk pada sebuah wadah dan diletakkan pada area yang banyak cicak. Agar lebih efektif, kamu juga bisa mencampurnya dengan tembakau.

Menjaga Kebersihan Ruangan

cara mengusir cicak
Source : Unsplash

Salah satu penyebab banyaknya cicak berdatangan di rumah dikarenakan kondisi rumah yang kotor dan tidak terawat. Oleh karena itu, cara mengusir cicak yang paling mudah dan murah adalah dengan menjaga kebersihan ruangan setiap saat.

Kamu bisa menyapu, mengepel, dan membersihkan area-area sepeti sudut ruangan atau sela-sela antara perabot.


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download