BlogLifestyleGadget7 Cara Menonaktifkan Mode Aman di HP Samsung
0
0

7 Cara Menonaktifkan Mode Aman di HP Samsung

Dipublikasikan oleh Shinta Dewi Kurniawati dan Diperbarui oleh Shinta Dewi Kurniawati

Apr 11, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
cara menghilangkan iklan di HP Samsungtop-right-banner

Mode aman di HP Samsung pada dasarnya digunakan ketika kita mendeteksi adanya suatu masalah di HP. Mode ini memungkinkan kita untuk menghapus aplikasi dari pihak ketiga, mencari sumber masalah HP panas, serta mengatur ulang setiap aplikasi yang error. Terdapat berbagai cara menonaktifkan mode aman di HP Samsung.

Namun, ketika kita sudah masuk ke mode aman, tidak jarang orang yang bingung cara menonaktifkan mode aman di HP Samsung tersebut dan kembali ke mode normal. Di artikel ini, Pinhome berikan beberapa cara mudah yang dapat Pins lakukan.

Baca juga: 13 Rekomendasi HP 10 Jutaan dengan Fitur Terkini & Canggih

Melakukan Restart dengan Tombol Power

cara menonaktifkan mode aman di hp samsung
Source : Kompas

Cara menonaktifkan mode aman di HP Samsung yang pertama adalah melakukan restart dengan tombol power. Pada beberapa tipe HP Samsung, jika kita tekan tombol power, maka akan muncul pilihan seperti matikan atau restart. Nah, Pins tinggal pilih restart dan HP Samsung kamu akan kembali menyala dalam mode normal.

Melakukan Hard Restart

cara menonaktifkan mode aman di hp samsung
Source : Tribun

Jika cara pertama tidak berhasil, maka cara menonaktifkan mode aman di HP Samsung berikutnya adalah dengan hard restart. Sesuai dengan namanya, hard restart berarti melakukan restart paksa untuk HP kamu. Hal ini biasanya dilakukan ketika layar HP sulit untuk disentuh.

Cara melakukan hard restart adalah dengan menekan tombol Power dan Volume Bawah secara bersamaan. Tahan tekanan tersebut sampai HP Samsung kamu melakukan restart dengan sendirinya. Setelah itu, HP akan menyala dalam mode normal kembali.

Melakukan Restart Melalui Panel Notifikasi

cara menonaktifkan mode aman di hp samsung
Source : Tokopedia

Jika tombol HP Samsung kamu rusak atau tidak bisa ditekan, tentunya langkah pertama dan kedua mustahil untuk dilakukan. Jadi, cara menonaktifkan mode aman di HP Samsung pada kasus ini adalah dengan melakukan restart melalui panel notifikasi.

Caranya mudah, Pins tinggal geser ke bawah layar pada menu utama. Lalu, di bagian atas ada tombol power, kamu tinggal klik tombol tersebut. Setelah itu, akan muncul tiga pilihan, Power Off, Restart, atau Emergency Call. Pilih Restart, maka HP Samsung kamu akan menyala kembali dalam mode normal.

Mematikan Melalui Panel Notifikasi

cara menonaktifkan mode aman di hp samsung
Source : Shutterstock

Selain melakukan restart pada panel notifikasi, di bagian bawah panel notifikasi saat kita geser ke bawah ada tulisan Safe Mode is turned On. Nah, langkah mudah sebagai cara menonaktifkan mode aman di HP Samsung adalah dengan klik tulisan tersebut. Nantinya akan muncul pilihan nonaktifkan mode aman, lakukan konfirmasi. Selesai deh, HP Samsung kamu akan mati dan menyala kembali dalam mode normal.

Baca juga: 16 HP Samsung Dengan Fitur NFC, Bayar Jadi Lebih Mudah!

Menghapus Aplikasi Penyebab Error

cara menonaktifkan mode aman di hp samsung
Source : Shutterstock

Seringkali mode aman di HP Samsung itu muncul dengan sendirinya akibat aplikasi yang baru saja diinstall atau diupdate. Jika HP Samsung kamu secara tiba-tiba masuk ke dalam mode aman, maka kamu perlu melakukan analisis aplikasi apa yang menyebabkan hal tersebut terjadi.

Pins dapat mengecek aplikasi apa yang baru saja diinstall atau diupdate. Nah, jika sudah ketemu, kamu tinggal melakukan uninstall pada aplikasi tersebut. Biasanya setelah diuninstall, HP akan melakukan restart otomatis, lalu menyala kembali dalam mode normal. 

Namun, jika hal ini tidak terjadi, maka kamu dapat mencari aplikasi lain yang menjadi penyebab error. HP Samsung yang menyala kembali dan tetap dalam mode normal, biasanya masih membawa aplikasi yang mengaktifkan mode aman secara otomatis.

Mengembalikan ke Setelan Pabrik

cara menghilangkan iklan di HP Samsung
Source : Shutterstock

HP Samsung Pins tetap error setelah mencoba lakukan 5 cara sebelumnya dan bahkan tidak bisa dioperasikan secara normal? Nah, mungkin cara menonaktifkan mode aman di HP Samsung berikutnya dapat menjadi solusi, yaitu dengan mengembalikan ke setelan pabrik. Berikut Pinhome berikan caranya.

  1. Masuk ke menu Pengaturan atau Settings
  2. Pilih Pengaturan Umum atau General Management
  3. Pilih Reset
  4. Klik Factory Data Reset atau kembali ke setelan pabrik
  5. Konfirmasi langkah tersebut
  6. Selesai, HP Samsung kamu akan mati dan menyala kembali seperti baru

Namun, perlu diingat bahwa cara ini akan menghapus semua data yang ada di HP Samsung kamu ya, Pins. Jadi, pastikan hanya lakukan langkah ini jika benar-benar dalam kondisi urgent, atau saat cara lainnya tidak bisa dilakukan. Selain itu, pastikan juga kamu sudah mem-backup data sebelum melakukan factory data reset.

Membawa ke Samsung Service Center

cara menonaktifkan mode aman di hp samsung
Source : Shutterstock

Cara menonaktifkan mode aman di HP Samsung yang terakhir adalah membawanya ke Samsung Service Center. Yap, mengembalikannya ke tangan yang lebih berpengalaman mungkin menjadi solusi terakhir yang dapat Pins lakukan.

Samsung Service Center pastinya berisi teknisi yang sudah berpengalaman dalam menangani HP Samsung yang bermasalah. Selain itu, lokasinya juga selalu ada di tempat yang strategis dan mudah dijangkau. Staf yang ada di dalamnya juga ramah dan akan sangat membantu masalah-masalah kamu.

Jadi itulah beberapa cara menonaktifkan mode aman di HP Samsung yang dapat Pins lakukan. Intinya, jangan panik ketika HP kamu masuk ke dalam mode aman. Mungkin awalnya terlihat sangat membingungkan, namun hal tersebut dapat diatasi dengan cara yang mudah. Semoga artikel dari Pinhome ini dapat membantu kamu ya, Pins.

Baca juga: 25 Rekomendasi HP Samsung Terbaru dan Terupdate 2022

Source feature image: Shutterstock


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Aquila Valley dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download