BlogHome ServiceResep MasakanCara Menyimpan Butter Cream yang Baik Supaya Tahan Lama
0
0

Cara Menyimpan Butter Cream yang Baik Supaya Tahan Lama

Dipublikasikan oleh Ramanda Salsa

Des 4, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Butter cream adalah salah satu bahan utama yang paling sering digunakan sebagai pelapis maupun dekorasi kue. Pembuatannya dapat dikatakan mudah namun, ternyata ada trik-trik tersendiri untuk menjaga kualitas dengan cara menyimpan butter cream yang baik. Hal ini dikarenakan, tidak jarang pemakaian krim mentega ini bersisa ataupun dibuat dalam jumlah banyak untuk digunakan nantinya. Lalu bagaimana cara menyimpan butter cream?

Sebelumnya, perlu diketahui jika buttercream atau krim mentega ini memiliki tekstur yang sangat lembut dan mudah mencair di suhu ruang, apalagi suhu yang hangat. Umumnya, butter cream dibuat dari mentega tawar atau mentega putih, gula hingga simple syrup. Nah, dengan mengetahui cara menyimpan butter cream yang baik, kualitas butter cream akan tetap terjaga dan bisa disimpan beberapa hari bahkan hingga mingguan.

Baca Juga:

Beberapa Cara Menyimpan Butter Cream yang Baik

cara menyimpan butter cream
Source : Freepik/valeria_aksakova

Yuk, simak cara menyimpan butter cream agar awet dan tahan lama. Dengan begitu, kamu tidak perlu lagi khawatir akan menyisakan bahan tersebut di dalam lemari es.

Perhatikan Bahan-bahan

Jika kamu memilih untuk membuat butter cream sendiri, cara menyimpannya juga sudah harus diperhatikan sejak tahap pembuatan agar kualitas yang baik membantu awetnya butter cream ketika disimpan. Pertama, pakai bahan yang bersuhu ruang. Jangan memproses bahan butter cream yang masih dingin atau beku karena bisa membuat tekstur akhirnya tidak konsisten dan mudah mencair.

Selanjutnya, sebaiknya pilih mentega yang tidak terlalu lunak untuk mencegah terjadinya pemisahan antara satu bahan butter cream dengan bahan lainnya. Jika mentega terlalu lunak, akan mempengaruhi hasil akhirnya yang juga tidak terlalu kokoh dan terlalu lembek, Pins!

Terakhir, ternyata tidak semua pewarna bisa dicampur ketika butter cream sudah menjadi atau dimasukkan di tahap akhir, lho. Pewarna atau perasa makanan memang kerap diberikan ke dalam butter cream untuk menambah variasi bahkan menambah makanan kaya rasa. Pewarna dan penambah rasa seperti kopi atau teh bahkan biji vanila sebaiknya dimasukkan ke dalam simple syrup terlebih dulu. Sementara pewarna seperti cokelat atau puree buah sebaiknya dimasukkan di tahap paling akhir.

Jangan lupa untuk memperhatikan perbandingan takaran antara butter cream dan pewarna atau penambah rasa untuk menghasilkan hasil akhir yang baik. Jadi, Ikuti resep yang Kamu pilih ya!

Baca Juga:

Simpan dalam Wadah yang Bersih dan Kedap Udara

Selalu simpan butter cream di wadah yang bersih dan kedap udara. Selain wadah seperti kotak penyimpanan makanan, butter cream juga bisa disimpan di dalam piping bag atau plastik segitiga yang ujungnya tidak dipotong. Sehingga ketika nanti akan digunakan lagi, kamu tinggal menggunting ujung plastik dan menyemprotnya keluar.

Baca Juga:

Penyimpanan di Kulkas

Penyimpanan butter cream terbaik memang di kulkas, tapi ada cara-caranya. Perlu diingat jika disimpan di kulkas bagian bawah atau chiller, butter cream hanya bertahan sampai 4-5 hari. Selain itu juga tempatkan butter cream jauh dari daging atau bahan makanan dengan aroma menyengat. Karena ternyata lemak di dalam butter cream bisa menyerap bau dan rasa dari bahan makanan yang menyengat sehingga akan mempengaruhi rasa dan bau dari butter cream itu sendiri.

Sementara itu, butter cream juga bisa disimpan di dalam freezer. Karena memang freezer atau proses pembekuan dianggap paling ideal untuk menyimpan bahan makanan dalam jangka waktu yang lama. Wadahnya juga tetap di wadah kedap udara. Tapi jika kamu merasa wadah kotak penyimpanan memakan cukup banyak tempat, ziplock bag bisa jadi pilihan terbaik untuk menyimpan butter cream di freezer.

Bagaimana Cara Mencairkan Butter Cream yang Beku?

Yang wajib diperhatikan ketika mencairkan kembali butter cream yang beku adalah harus bertahap. Jangan tiba-tiba dari freezer langsung ke suhu ruang, apalagi dipanaskan! Sebaiknya, turunkan butter cream dari freezer ke chiller selama kurang lebih seharian.

Ketika sudah tidak beku dan melunak, keluarkan dari kulkas tetapi jangan langsung digunakan. Sebaiknya dikocok kembali menggunakan mixer untuk mengembalikan tekstur yang kokoh namun mudah diatur. Selain itu, mengocok kembali butter cream bisa membuat gelembung udara yang muncul saat proses pembekuan hilang sehingga teksturnya lebih bagus.

Baca Juga:

Perbedaan Butter Cream dan Whipped Cream

cara menyimpan butter cream
Source : Freepik/azerbaijan_stockers

Ada pertanyaan yang sering muncul tentang apa perbedaan butter cream dengan whipped cream? Karena sekilas, keduanya sama-sama mirip yaitu berbentuk krim lembut. Tapi ternyata ada perbedaan signifikan dari segi sumber utama dan juga penggunaan. Jadi jangan sampai salah pakai, Pins!

Butter cream terbuat dari lemak yang lebih padat yaitu mentega atau margarin butter. Karena itu mentega adalah bahan utama dan wajib dalam pembuatan butter cream. Sedangkan whipped cream terbuat dari susu. Itulah mengapa whipped cream juga lebih sering mencair dan tidak sekokoh butter cream.

Untuk pengaplikasianpun juga berbeda. Butter cream cocok untuk bahan dekorasi kue, terutama dengan ukuran kue yang lebih besar. Sementara whipped cream biasanya hanya cocok untuk dekorasi yang tidak memiliki area luas. Karena lemak dalam butter cream lebih kokoh dan tahan lama, sedangkan whipped cream lebih lunak dan cepat mencair. Makanya whipped cream lebih cocok dibuat sebagai dekorasi minuman.


Butter cream sendiri juga ternyata memiliki kandungan baik dan termasuk bahan makanan dengan kalori tinggi. Namun, karena kandungan gula dan lemak jenuhnya yang tinggi, Kamu yang punya risiko kolesterol tinggi serta obesitas dan penyakit jantung sebaiknya mengurangi konsumsi butter cream berlebihan ya! Setelah membuat kue favorit keluarga, jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan dapur. Layanan Home Cleaning dari Pinhome Home Service bisa membantu kamu dalam merapikan dapur kesayangan. Klik disini untuk coba ya!

Featured Image Source: BBC


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download