BlogHome ServiceResep Masakan5 Cara Menyimpan Cumi di Kulkas Agar Tidak Bau dan Tetap Segar
0
0

5 Cara Menyimpan Cumi di Kulkas Agar Tidak Bau dan Tetap Segar

Dipublikasikan oleh  

Des 4, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Cumi menjadi salah satu makanan khas laut yang sering menjadi menu di rumah. Terlebih di Indonesia sebagai negara maritim, banyak sekali menu lokal yang menggunakan cumi sebagai bahan masak. Misalnya saja cumi cabai hijau, sambal cumi, balakutak cumi, cumi saos padang dan masih banyak lagi.  Ya, hewan laut yang satu ini memang memiliki rasa yang enak degan dengan tekstur empuk dan agak kenyal yang menggoyang lidah tiap memakannya.  Namun yang sering menjadi masalah dari memasak cumi adalah penyimpanannya yang susah-susah gampang. Jika tidak disimpan dengan baik, bisa-bisa cumi mengeluarkan bau yang tidak sedap atau busuk dan tidak bisa diolah menjadi makanan. Tentu hal ini sangat disayangkan dan mubazir bukan? Jika Pins sering mengalami hal serupa, kamu tidak perlu khawatir lagi! Karena Pinhome akan membagikan cara menyimpan cumi di kulkas yang benar agar cumi tetap segar dan tahan lama lewat ulasan di bawah ini.

Pilih Cumi Terbaik

(Pixabay)

Proses pemilihan cumi adalah hal yang sangat penting. Pastikan kamu benar-benar memilih cumi dengan kualitas terbaik, mulai dari tekstur, bentuk hingga ukuran yang sesuai dengan kebutuhan. Karena hal ini akan mempengaruhi waktu ketahanan cumi. Semakin fresh  dan baik cumi, tentu hal ini akan membuat cumi semakin awet dan tahan lama jika disimpan di kulkas. 

Pilihlah cumi dengan tekstur yang masih kenyal. Usahakan memegangnya supaya kamu tidak salah membeli. Jika tekstur cumi lembek dan berlendir, hal ini menandakan bahwa cumi sudah tidak segar. Selain itu penting untuk memperhatikan warna cumi. Cumi kecil biasanya berwarna keunguan dengan bintik-bintik hitam pada seluruh permukaannya. 

Sedangkan cumi segar dengan ukuran agak besar umumnya berwarna putih dengan sedikit bintik hitam. Semakin pucat warna cumi menandakan bahwa cumi sudah tidak segar. Penting juga untuk memilih cumi yang utuh dan bersih. Hindari memilih cumi yang berlumur tinta agar tidak terlalu amis saat diolah.

Baca juga:

Membersihkan Cumi

(Pixabay)

Hal pertama yang perlu kamu lakukan dalam menyimpan cumi adalah dengan membersihkannya terlebih dulu. Pins bisa membersihkan cumi dengan air bersih yang mengalir. Pastikan semua permukaan cumi bersih dari kotoran sehingga nantinya aman untuk disimpan dan dikonsumsi. Selain membuat cumi bersih dari kotoran, mencuci cumi dengan air mengalir juga akan membuat cumi menjadi tidak mudah bau saat disimpan di kulkas. 

Namun mencuci cumi hanya berlaku untuk cumi basah, ya! Jika Pins ingin menyimpan cumi asin, jangan cuci cumi dengan air. Ya, cara menyimpan cumi asin di kulkas agar awet ini memang agak berbeda dengan cumi basah. Karena jika dicuci dengan air akan membuat cumi jadi lembab dan memicu pertumbuhan bakteri dan jamur dan akan membuat proses pembusukkan cumi menjadi sangat cepat. Sebaiknya cumi asin dicuci dengan air hangat saat kamu akan memasaknya saja.

Baca Juga:

Lumuri dengan Lemon atau Jeruk Nipis

(Pixabay)

Langkah selanjutnya dalam cara menyimpan cui di kulkas agar tahan lama ini adalah dengan melumuri cumi menggunakan lemon atau jeruk nipis. Peras jeruk atau lemon hingga semua bagian cumi terlumur dengan merata. Hal ini untuk mencegah cumi mengeluarkan bau amis. Setelah dilumuri lemon atau jeruk nipis, kamu cukup mendiamkannya sebentar selama 5-15 menit.

Jika sudah didiamkan sebentar, Pins boleh mencuci kembali cumi yang sudah dilumuri jeruk. Hal ini untuk membuat cumi tetap fresh dan membuang sisa-sisa kotoran yang masih menempel. Setelah itu tiriskan agar cumi tidak terlalu berair.

Baca Juga:

Masukkan Cumi di Wadah Kedap Udara

(Pixabay)

Proses selanjutnya dalam cara menyimpan cumi di kulkas adalah dengan meletakkannya di wadah kedap udara. Supaya cumi tetap segar dan tidak bau amis, kamu bisa menambahkan potongan lemon ke dalam wadah. Hal ini akan menghambat proses pembusukan pada cumi. Jika sudah, kamu bisa menutup wadah untuk memastikan tidak ada udara yang masuk ke dalam wadah dan membuat cumi menjadi cepat mengalami proses pembusukkan.

Baca juga:

Simpan dalam Freezer

(Pixabay)

Tahap terakhir namun sangat penting adalah dengan menyimpan wadah yang berisikan cumi tadi ke dalam freezer. Dengan dimasukkan ke dalam freezer, cumi akan menjadi beku sehingga tidak mudah busuk. Bahkan cumi bisa bertahan hingga satu bulan lho! Jadi kamu tidak perlu khawatir jika menyimpan cumi dalam jangka waktu yang lama karena cumi akan awet dan tahan lama. Saat akan mengolahnya, rendam cumi dalam air hangat agar tidak beku. Hal ini akan memudahkan Pins dalam mengolah dan memasak cumi untuk menjadi hidangan enak dan sehat bagi keluarga.

Itulah 5 cara menyimpan cumi di kulkas agar awet dan tahan lama. Perlu diperhatikan ada sedikit perbedaan dalam cara menyimpan cumi asin di kulkas agar awet. Hal ini karena cumi asin telah mengalami proses pengawetan yang cukup panjang. Jangan lupa untuk selalu memilih cumi terbaik saat kamu berbelanja agar cumi bisa tahan lama dan tetap segar saat akan dimasak ya! 

Setelah menyimpan cumi di kulkas, jangan lupa membersihkan area dapur supaya tetap enak dilihat ya! Jika butuh bantuan untuk bersih-bersih dapur, Pins dapat mencoba layanan Home Cleaning dari Pinhome Home Service yang terdapat di aplikasi pinhome. Harganya mulai 50ribu untuk 1 jam dengan berbagai promo tersedia. Klik di sini untuk coba.

Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apalagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah. 

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download