BlogHome ServiceResep Masakan5 Cara Menyimpan Madu Agar Tidak Meledak
0
0

5 Cara Menyimpan Madu Agar Tidak Meledak

Dipublikasikan oleh Ramanda Salsa

Des 4, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Madu adalah salah satu makanan yang memiliki manfaat yang super banyak. Mulai dari bermanfaat untuk kesehatan secara keseluruhan, hingga untuk kesehatan kulit maupun rambut. Namun, agar mendapatkan manfaat maksimal, Kamu harus tahu cara menyimpan madu agar tidak meledak. Hal tersebut dikarenakan, jika menyimpan dengan sembarangan, akan terjadi oksidasi pada madu yang menyebabkan madu bisa meledak dari wadahnya.

Sebagai informasi pengingat, madu adalah produk makanan yang dihasilkan oleh serangga lebah. Jadi, pastikan juga madu yang akan Kamu konsumsi asli, Pins. Karena hal itu juga akan mempengaruhi kualitas dan bagaimana cara menyimpan madu asli agar tidak meledak.

Baca Juga:

Cara Menyimpan Madu Agar Tidak Meledak

cara menyimpan madu agar tidak meledak
Source : Freepik

Penasaran apa saja tips-tipsnya untuk mengetahui cara menyimpan madu asli agar tidak meledak? Mudah kok, yuk langsung disimak!

Di Suhu Ruang atau Jangan Di Kulkas

Banyak bahan makanan yang harus disimpan di kulkas atau tempat dingin, bahkan dibekukan agar lebih awet dan kualitasnya terjaga tetapi jangan lakukan untuk madu. Hal tersebut dikarenakan madu asli harus disimpan di suhu ruang, apalagi di kulkas untuk menjaga tekstur dan kualitas hingga rasa dan kandungan bermanfaat yang ada di dalamnya.

Pada suhu tertentu, madu akan mengalami kerusakan sehingga menyimpan madu sebaiknya cukup hanya di suhu ruang saja. Mudah, bukan Pins? 

Baca Juga:

Disimpan Pada Wadah Tertutup

Cara menyimpan madu agar tidak meledak salah satunya adalah mengetahui bahan yang tepat untuk penyimpanannya. Tentu saja madu juga harus disimpan di wadah yang tertutup dan sebaiknya dibuka hanya ketika saat dikonsumsi saja. Jika akan disimpan, harus ditutup dengan rapat. Alasannya adalah udara merupakan salah satu media kontaminasi yang cepat. Jadi, kemungkinan untuk merusak madu itu sendiri sangat besar jika wadah penyimpanan madu dibiarkan terbuka.

Tempat Menyimpan yang Kering dan Bersih

Selain ditutup, wadah penyimpanan madu juga harus kering. Terutama jika kamu mengemas ulang atau memindahkan madu ke wadah baru. Pastikan wadahnya kering, Pins. Sama seperti udara, air adalah tempat favorit bakteri untuk berkembang sehingga jika ada air atau lembab, kemungkinan bakteri untuk berkembang dan merusak kualitas madu sangat besar.

Jangan lupa untuk membersihkan wadah madu jika dipakai kosong untuk pertama kalinya. Biasanya kita membersihkan wadah menggunakan air, jadi wadah penyimpanan madu wajib bersih dan kering ya! Sterilkan pula jika perlu agar kualitas madu lebih baik lagi. Kamu bisa menggunakan alat steril sinar UV atau sejenisnya.

Baca Juga:

Pakai Wadah Kaca Atau Plastik

Soal bahan tempat menyimpannya juga berpengaruh. Cara menyimpan madu asli agar tidak meledak, disarankan untuk tidak menggunakan wadah logam atau metal dan besi karena bisa memicu kerusakan madu itu sendiri. Karena alasan itulah madu-madu yang beredar di pasaran umumnya menggunakan botol atau wadah kaca dan plastik.

Hal-hal di atas juga berlaku tidak hanya untuk wadah, tapi juga untuk alat pengambil madu jika harus memasukkan sendok atau benda lainnya ke dalam wadah madunya. Pastikan sendok yang digunakan untuk mengambil atau menciduk madu dari wadahnya itu bersih dan kering. Jika ada kontaminasi dan masuk ke dalam wadah, madu akan mengalami proses penyimpanan dan bakteri yang masuk berkembang biak di sana.

Karena itu di ilustrasi yang beredar pada umumnya, madu selalu dikaitkan dengan honey dipper atau sendok madu berbentuk bulat yang terbuat dari kayu. Bila ditelusuri, memang secara penjagaan kualitas dan kemudahan pengambilan madu yang memiliki tekstur kental, hal terbaik adalah memakai honey dipper.

Jauhkan dari Jangkauan Api

Terakhir, jauhkan madu dari api. Ya, madu tidak boleh disimpan di tempat yang suhunya ekstrim. Entah itu terlalu dingin seperti kulkas atau terlalu panas seperti api. Jika disimpan di tempat dekat api atau yang suhunya terlalu panas, bisa membuat madu menghitam dan merusak nutrisi serta manfaat yang terkandung di dalamnya. Hal tersebut pun menjadi cara menyimpan madu asli agar tidak meledak yang seharusnya sudah kamu ketahui.

Itulah mengapa madu tidak boleh disimpan di tempat dingin seperti kulkas dan freezer. Jika madu terlalu dingin bahkan beku, untuk mengembalikan ke tekstur asal tentu harus dipanaskan untuk menghemat waktu, bukan? Hal itu juga akan merusak kualitasnya seperti yang telah dijelaskan di atas.

Selain dijauhkan dari api, madu sebaiknya juga selalu dijauhkan dari makanan atau benda lain yang berbau menyengat. Sebut saja durian atau daging. Karena bau yang menyengat dari benda lain bisa membuat aroma khas madu berubah.

Baca Juga:

Manfaat Mengkonsumsi Madu

cara menyimpan madu agar tidak meledak
Source : Freepik

Jangan ragu untuk rutin mengkonsumsi madu karena madu sendiri tidak memiliki kandungan lemak yang sering dikhawatirkan oleh konsumen yang punya masalah berat badan. Karena itu pula madu sering dijadikan pengganti gula. 

Madu juga lebih sehat karena memiliki kandungan gula alami yang lebih mudah dipecah oleh tubuh sehingga tidak akan signifikan mempengaruhi kenaikan berat badan. Dalam 1 sendok makan madu, terdapat kandungan 64 kalori dan 17 gram gula yang terdiri dari glukosa, fruktosa, maltosa dan sukrosa.

Madu juga kaya akan antioksidan yang bisa bersaing dengan cokelat dan teh hijau atau green tea. Di dalam madu terdapat antioksidan jenis phytochemicals dan polyphenols yang biasanya dibutuhkan tubuh untuk mengurangi peradangan sel yang bisa berdampak pada kanker serta melindungi dari radikal bebas.

Jadi, tunggu apalagi? Jangan tunda untuk rutin mengkonsumsi madu tapi juga selalu perhatikan cara menyimpannya agar tetap mendapatkan manfaat dan rasa serta aroma yang maksimal dari keaslian madu itu sendiri ya, Pins! Penyimpanan madu yang tepat juga harus didukung dengan keadaan dapur yang bersih, Pins! Kamu bisa menggunakan layanan Home Cleaning dari Pinhome Home Service untuk mewujudkannya. Klik disini untuk coba ya!

Baca Juga: Tips dan Cara Menyimpan Frozen Food Tanpa Kulkas

Featured Image Source: Freepik/frimufilms


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download