BlogHome ServiceKebersihan Rumah8 Cara Merapikan Dapur Agar Lebih Lega
0
0

8 Cara Merapikan Dapur Agar Lebih Lega

Dipublikasikan oleh Ramanda Salsa

Des 4, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Dapur merupakan tempat krusial di rumah karena penyambungan hidup alias kegiatan masak untuk makanan yang dikonsumsi terjadi di sini. Tapi, kerapian dan apiknya ruangan dapur kerap kali dilupakan. Padahal, ada beberapa cara merapikan dapur agar rumah terlihat lebih segar dan bersih. Terlebih untuk Kamu yang memiliki rumah mungil, cara merapikan dapur yang kecil wajib jadi perhatian agar rumah tidak sesak. 

Baca Juga: 8 Manfaat Menyapu Lantai Selain untuk Kebersihan

Cara Merapikan Dapur Kecil

Seperti apa tips cara merapikan dapur kecil agar terlihat bersih dan lega? Yuk simak langsung ulasannya berikut!

Baca Juga: Membersihkan Debu Sebaiknya dengan Lap Basah atau Kering? Ini Dia Jawabannya

Kelompokkan Minuman dan Makanan

Pengelompokkan barang sesuai kelompoknya akan menambah kesan rapi. Misalnya, makanan ringan berada di satu kotak yang sama dan penempatannya juga menentukan. Coba tempatkan makanan ringan tersebut di ruang makan, bukan di dapur tempat masak agar lebih sesuai.

Kelompokkan bumbu dapur dan minyak di kotak atau tempat multifungsi yang sama di sudut dapur. Pemilihan tempat penyimpanan juga bisa disesuaikan dengan poin nomor satu di atas agar terkesan lebih cocok dan rapi.

Pilih Warna Netral

Source : Unsplash/Naomiherbert

Percaya atau tidak, warna netral bisa sangat membantu suasana ruangan dan membuatnya terasa tampak lebih besar. Karena itu gaya minimalis kerap mengusung warna netral seperti hitam, putih, coklat, krem sampai abu-abu.

Bisa juga memilih satu atau sampai maksimal dua warna agar semakin minimalis dan kesan simpel terjaga agar tidak terlihat penuh sesak. Jika merasa warna-warna monochrome di atas membosankan, bisa juga memadukannya dengan warna lembut seperti pilihan warna-warna pastel. Atau bisa juga memilih warna yang gelap dan bold seperti merah tua atau biru navy. Tapi kalau bisa hindari warna vibrant ya!

Gunakan Perlengkapan dan Peralatan yang Multifungsi

Jika dapurmu bertipe mini, bisa pilih barang-barang yang multifungsi agar menghemat tempat tapi fungsinya bisa sekaligus beberapa hal. Misalnya, pilih food processor yang bisa untuk mencincang, menghaluskan sampai mengaduk adonan. Sehingga kamu tidak perlu memiliki chopper, blender, dan mixer lagi tapi sudah diwakili oleh satu mesin saja.

Selain peralatan, furniture yang dipilih juga sebaiknya multifungsi atau multiguna. Seperti meja makan yang menyatu dengan dapur agar bisa sekaligus menjadi meja persiapan memasak. Kamu juga bisa memanfaatkan meja dan kursi di dapur atau ruang makan sebagai tempat mengerjakan tugas atau bekerja sehingga tidak perlu ruangan tambahan.

Baca Juga: Bekerja Sama Membersihkan Rumah Manfaatnya Banyak Lho! Yuk Simak

Tentukan Kebutuhan Memasak

cara merapikan dapur
Source : Freepik/Marcin Galusz

Cara selanjutnya, Kamu bisa menentukan dari awal cara dan kebutuhan kamu memasak karena akan menentukan peralatan yang harus kamu punya. Sebagai contoh, kamu bukan tipe orang yang suka membuat kue atau roti, mungkin bisa urungkan dulu memiliki standing mixer yang berukuran besar.

Pemilihan panci juga bisa menyesuaikan. Jika Kamu memiliki keluarga kecil, mungkin bisa menunda pembelian panci yang sangat besar. 

Hindari Barang Berukuran Besar

Soal ukuran, tentu saja barang besar akan mempersempit ruangan dan bisa membuat kesan kurang rapi jika tidak ditata dengan baik. Mungkin Kamu bisa mulai dengan barang-barang besar yang jarang terpakai atau barang-barang yang sifatnya hanya dekoratif tanpa memiliki fungsi yang sesuai dengan dapur.

Memanfaatkan Dinding Untuk Tempat Barang

cara merapikan dapur
Source : Freepik

Selain menghindari barang berukuran besar, bisa memanfaatkan dinding untuk menempatkan barang-barang seperti gelas atau toples di rak yang tergantung di dinding. Hal ini selain menambah kesan rapi, juga bisa sekaligus bersifat dekoratif karena mempercantik tampilan ruangan jika mampu memilih tempat yang cantik.

Merapikan Dapur dan Hindari Penumpukan Sampah

Selesai menggunakan dapur, jangan lupa untuk selalu dirapikan mulai dari kotoran atau sisa bahan makanan yang tersisa untuk dibersihkan. Peralatan yang telah digunakan sebaiknya segera dicuci, tidak hanya untuk kerapian tapi juga menghindari kerusakan peralatan karena noda membandel yang terlalu lama didiamkan.

Selain itu, sering-sering membuang sampah di dapur, terlebih jika memiliki dapur dan rumah yang minimalis dari segi ukuran. Karena aroma tidak sedap cepat menyebar dengan kecilnya ruangan.

Begitu juga dengan makanan dan minuman kadaluarsa sebaiknya segera dibuang. Karena itu, sering-seringlah mengecek makanan dan minuman yang ada sehingga Kamu juga tahu dan bersiap mana makanan dan minuman yang harus segera dihabiskan agar tidak terlalu memakan tempat di dapur.

Baca Juga: 10 Cara Menghilangkan Bau Amis di Ruangan

Hindari Memiliki Barang yang Sama

Jumlah barang juga otomatis memakan tempat di dapur dan ruang makan jika ada banyak. Karena itu bisa memilah lagi barang-barang yang tidak terlalu diperlukan dalam jumlah banyak di tipe yang sama.

Misalnya, tidak perlu memiliki panci wok sampai dua dan tiga buah. Tipe masing-masing panci mungkin cukup satu saja dan dengan ukuran yang tidak terlalu besar. Alat makan seperti piring, mangkok, sendok dan garpu juga tidak perlu sampai belasan jika kamu masih memiliki keluarga kecil

Tidak bisa dipungkiri kita sering mendapat hadiah atau souvenir peralatan dapur yang hanya bersifat dekoratif seperti sendok atau garpu lucu yang ternyata jarang dipakai. Sebaiknya hindari memajang peralatan seperti ini atau tempatkan di dalam lemari.

Demikian beberapa cara merapikan dapur agar lebih lega. Tidak hanya terkesan atau terlihat lebih lega, tapi secara fungsi dan dan kenyataannya juga memang lebih lega. Selamat mencoba beberapa tips di atas, Pins!

Nah, untuk Pins yang terkadang malas bersih-bersih di rumah, bisa pakai layanan Home Cleaning dari Pinhome Home Service melalui aplikasi pinhome. Harganya mulai 50ribu untuk 1 jam dengan berbagai promo tersedia. Klik di sini untuk coba.

Featured Image Source: Unsplash/Jason Briscoe

Baca Juga: 5 Bahan Pembersih Kompor Alami yang Ampuh Banget


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apalagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah. 

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download