BlogHome ServiceResep Masakan6 Cara Merendam Biji Selasih yang Benar Agar Hasilnya Bagus
0
0

6 Cara Merendam Biji Selasih yang Benar Agar Hasilnya Bagus

Dipublikasikan oleh Putra 

Des 5, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Selasih, juga dikenal sebagai biji rami, adalah bahan alami yang kaya akan manfaat bagi kesehatan kamu. Mengetahui cara merendam biji selasih adalah langkah penting untuk mengaktifkan kandungan nutrisi yang terkandung di dalamnya dan menghasilkan selasih berkualitas tinggi. 

Tentunya menikmati biji selasih akan lebih nikmat jika kamu menikmatinya di rumah yang nyaman seperti di perumahan Pesona Ciputih. Perumahan ini memiliki banyak sekali pilihan rumah eksklusif yang bisa kamu jadikan rumah impian.

Kamu bahkan bisa cek dulu harga estimasi rumah di Cipayung, rumah bekas di Jakarta Garden City, dan rumah yang ada daerah lainnya menggunakan fitur PinValue di aplikasi Pinhome. 

Dalam artikel ini, kami akan membahas secara detail tentang enam cara merendam biji selasih yang benar agar menghasilkan selasih dengan kualitas terbaik. 

Dengan mengikuti panduan ini, kamu akan dapat memaksimalkan manfaat kesehatan selasih dan menambahkan sentuhan lezat pada berbagai hidangan kamu.

Baca juga:

1. Persiapan Biji Selasih yang Baik

cara merendam biji selasih
Source : Batamnews

Sebelum merendam biji selasih, pastikan kamu menggunakan biji selasih berkualitas tinggi. Pilih biji selasih organik, jika memungkinkan, karena biji selasih organik cenderung bebas dari pestisida dan bahan kimia berbahaya lainnya. 

Pertimbangkan juga untuk membeli biji selasih dari produsen yang terpercaya untuk memastikan kamu mendapatkan produk yang segar dan berkualitas.

2. Pencucian Biji Selasih

cara merendam biji selasih
Source : Orami

Sebelum merendam biji selasih, langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah mencuci biji selasih secara menyeluruh. Letakkan biji selasih dalam saringan dan bilas dengan air mengalir hingga bersih. 

Pastikan tidak ada kotoran atau serpihan lain yang tertinggal, sehingga kamu mendapatkan selasih yang bersih dan sehat.

3. Perbandingan Air dan Biji Selasih yang Tepat

cara merendam biji selasih
Source : Sripoku

Menentukan perbandingan air dan biji selasih yang tepat adalah kunci untuk merendam biji selasih dengan benar. Sebagai panduan umum, gunakan perbandingan 1:3 antara biji selasih dan air. 

Misalnya, jika kamu menggunakan satu sendok makan biji selasih, tambahkan tiga sendok makan air. 

Dengan perbandingan ini, biji selasih akan memiliki ruang yang cukup untuk mengembang dan menghasilkan tekstur yang kenyal.

Baca juga:

4. Pemilihan Wadah yang Tepat

Source : Orami

Saat merendam biji selasih, pilih wadah yang cukup besar untuk memberikan ruang bagi biji selasih untuk mengembang. Gunakan wadah kaca atau plastik food-grade yang memiliki penutup rapat untuk menghindari kontaminasi. 

Pastikan juga wadah tersebut bersih dan bebas dari bau atau zat berbahaya lainnya yang dapat mempengaruhi kualitas selasih kamu.

5. Waktu Perendaman yang Ideal

Source : Grid

Waktu perendaman biji selasih bervariasi tergantung pada preferensi pribadi dan penggunaan selasih tersebut. Secara umum, kamu dapat merendam biji selasih selama 30 menit hingga 2 jam. 

Jika kamu menginginkan selasih dengan tekstur lebih kenyal, biarkan selasih merendam selama 2 jam. 

Namun, jika kamu lebih menyukai tekstur yang lebih lembut, waktu perendaman selama 30 menit sudah cukup.

Baca juga: 

6. Penyimpanan Biji Selasih yang Benar

Source : Berkebun

Jika kamu memiliki biji selasih yang sudah direndam lebih dari yang kamu butuhkan, kamu dapat menyimpannya untuk digunakan nanti. Simpan biji selasih dalam wadah kedap udara di dalam lemari es. 

Biji selasih yang sudah direndam dapat bertahan hingga 2-3 hari jika disimpan dengan benar. Pastikan untuk mengaduk biji selasih secara teratur selama penyimpanan agar tetap segar dan lembab.

Apa Ada Perbedaan antara Biji Selasih Organik dan Non-organik?

Ada perbedaan antara biji selasih organik dan non-organik. Biji selasih organik berasal dari tanaman yang ditanam tanpa penggunaan pestisida atau bahan kimia berbahaya lainnya. 

Ini menjadikan biji selasih organik lebih aman dan bebas dari residu bahan kimia. Selain itu, biji selasih organik cenderung memiliki rasa yang lebih murni dan kandungan nutrisi yang lebih tinggi.

Bagaimana Cara Mengetahui Biji Selasih Siap untuk Direndam?

Kamu dapat mengetahui bahwa biji selasih sudah siap untuk direndam dengan melihat perubahan ukuran dan teksturnya. Biji selasih yang siap untuk direndam akan mengembang dan menghasilkan lapisan jel yang kenyal di sekitarnya. 

Jika kamu merendam biji selasih terlalu lama, teksturnya bisa menjadi terlalu lembut dan kurang enak.

Baca juga:

Bisakah Merendam Biji Selasih Semalaman?

Kamu bisa merendam biji selasih semalaman jika kamu ingin menggunakannya di pagi hari. Namun, pastikan kamu menggunakan perbandingan air dan biji selasih yang lebih besar untuk mengakomodasi waktu perendaman yang lebih lama. 

Sebagai alternatif, kamu dapat merendam biji selasih selama 2 jam pada suhu ruang.

Apakah Bisa Merendam Biji Selasih dengan Susu?

Kamu bisa merendam biji selasih dengan susu untuk mendapatkan hasil yang lezat. Merendam biji selasih dalam susu akan memberikan sentuhan kaya dan krimi pada biji selasih. 

Selain itu, kamu juga dapat menambahkan sedikit madu atau pemanis lainnya sesuai selera kamu.

Bisakah Biji Selasih Direndam dengan Air Panas?

Tidak disarankan merendam biji selasih dengan air panas, karena dapat merusak tekstur dan nutrisi biji selasih. Lebih baik gunakan air suhu ruang atau air dingin untuk merendam biji selasih. 

Jika kamu menggunakan air panas, biji selasih dapat mengembang terlalu cepat dan menjadi terlalu lunak.

Apakah Ada Batasan dalam Mengonsumsi Selasih?

Meskipun selasih memiliki banyak manfaat kesehatan, konsumsilah dalam jumlah yang wajar. Sebagian orang mungkin mengalami reaksi alergi terhadap biji selasih. 

Jika kamu baru pertama kali mencoba selasih, konsumsilah dalam jumlah kecil dan perhatikan adanya reaksi alergi. 

Jika kamu memiliki kondisi medis tertentu, konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi sebelum mengonsumsi selasih secara teratur.

Dengan mengikuti enam cara merendam biji selasih yang benar, kamu akan mendapatkan selasih berkualitas tinggi yang memberikan manfaat kesehatan yang luar biasa. 

Pastikan kamu memilih biji selasih berkualitas tinggi dan merendamnya dengan perbandingan air yang tepat. 

Baca juga:

Featured Image Source: Lingkar Madiun


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome.

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Gunakan juga kode PHSBLOG untuk menikmati layanan PHS mulai dari 30 ribu hanya di aplikasi Pinhome.

Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download