BlogHome ServiceElektronikNah Ini Dia Cara Pasang Set Top Box TV Digital dengan Mudah
0
0

Nah Ini Dia Cara Pasang Set Top Box TV Digital dengan Mudah

Dipublikasikan oleh  

Des 4, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Siaran TV analog yang selama ini kita lihat kini telah diganti dengan siaran TV digital. Saat ini pemerintah sedang menyebarluaskan berita program migrasi TV analog ke digital. Banyak yang tidak tahu jika kita masih menggunakan TV analog, kita harus memakai set top box untuk mengkonversikannya. Seperti yang kita ketahui, Kementerian Komunikasi dan Informasi mulai melakukan penghentian TV analog yang dilakukan pada 30 April 2022 lalu. Kini kamu juga telah dapat menggunakan siaran TV digital berkat adanya siaran simulcast. Sudah tahu cara pasang set top box TV digital?

Set top box memiliki peran penting untuk TV analog agar tetap bisa dimanfaatkan. Fungsi set top box sendiri adalah untuk mengonversi sinyal digital menjadi gambar dan suara yang dapat ditampilkan di TV analog biasa. Meski begitu banyak yang belum tahu cara pasang set top box pada TV analog. Bagi kamu yang penasaran, berikut cara pasang set top box TV digital yang mudah kamu ikuti.

Baca juga: 8 Rekomendasi Merek TV Android Box Terbaik Saat Ini!

Mengenal Apa Itu Set Top Box

(Canva)

Set top box (STB) adalah alat untuk mengonversi sinyal digital menjadi gambar dan suara yang dapat ditampilkan di TV analog biasa. Jadi kamu tidak perlu membeli TV digital, karena dengan memakai set top box kita sudah bisa dapat menikmati saluran TV digital. 

Cara memilih set top box kamu sebaiknya memperhatikan beberapa hal, seperti memeriksa spesifikasi sesuai kebutuhan, pastikan set top box mendukung siaran digital Indonesia, dan memilih merk sesuai rekomendasi kominfo. 

Saat Pins membeli set top box, kamu sudah bisa mendapatkan unit set top box, kabel antena, charger atau adaptor, kabel RCA yaitu kabel audio video, kabel LAN, WLAN, buku petunjuk, dan remote control. Jika semua sudah lengkap kamu bisa baca buku petunjuk terlebih dahulu. 

Pins tidak perlu parabola khusus dalam menerima sinyal digital, cukup hanya antena TV UHF-VHF saja. Set top box ini sangat fleksibel yang bisa digunakan untuk semua jenis TV, baik TV tabung, TV LCD, dan TV LED.  

Biasanya Set top box ini digunakan pada TV biasa yang ada di rumah agar menjadi smart TV. Di sini kamu juga bisa melihat beberapa rekomendasi set top box yang sudah sertifikasi Kominfo untuk menjadi referensi kamu. 

Baca juga:

Akari

Pertama set top box Akari yang mampu menerima siaran digital baik dari antena UHF ataupun VHF, untuk mengetahui kualitas sinyal Pins hanya perlu melihat dari indikator yang tersedia. STB pro yang dapat menghasilkan gambar full HD resolusi tinggi ini dilengkapi dengan port USB dan kabel HDMI. 

Polytron PDV 600T2

Sedangkan Polytron PDV 600T2 yang bisa digunakan semua jenis TV. Set top box ini bisa menangkap siaran TV digital menggunakan antena UHF biasa, bisa menonton acara TV yang stabil, tanpa semut, ataupun bayang-bayang. 

Venus

Selain itu juga ada Venus yang menampilkan siaran dengan kualitas baik dan jernih, serta memiliki akurasi tinggi. Set top box ini mampu membaca berbagai file multimedia, hingga dapat menyambungkan dengan internet. 

Tanaka T2

Kemudian ada Tanaka T2 digital yang juga menampilkan gambar lebih bening dengan set top box yang peka terhadap sinyal. Set top box ini juga bisa digunakan untuk menonton Youtube. set top box ini juga dapat menangkap siaran digital di seluruh Indonesia hanya dengan antena UHF biasa. 

Matrix Apple DVB-T2 HD

Terakhir ada Matrix Apple DVB-T2 HD yang memiliki kualitas gambar full HD, dan juga bisa digunakan menonton Youtube melalui dukungan IPTV nya.

Itu adalah sedikit penjelasan set top box dan beberapa rekomendasi set top box yang bisa Pins beli dengan kualitas yang bagus. Di bawah ini Pinhome akan menjelaskan bagaimana cara pasang set top box tv digital.

Baca Juga: Kenali Perbedaan Smart TV dan Android TV Berikut Ini!

Cara Pasang Set Top Box

(Canva)

Sebagian dairi Pins mungkin sudah membaca buku petunjuk untuk memasang set top box namun masih kebingungan. Namun Pins tidak perlu khawatir, ini dia cara pasang set top box TV digital terbaik yang mudah kamu ikuti.

  • Pertama, siapkan terlebih dahulu set top box (STB) dan TV analog.
  • Kedua, pastikan STB tersebut mendukung untuk disambungkan pada TV analog.
  • Setelah itu pastikan TV sudah dalam keadaan power off.
  • Kemudian, sambungkan kabel yang bernama ‘’ANT IN’’ ke bagian STB.
  • Lalu, jika TV analog belum mendukung sambungan HDMI bisa disambungkan dengan kabel AV yang ujung konektornya berwarna merah, kuning, dan putih.
  • Sambungkan kabel yang bertuliskan ‘’ANT IN’’ ke bagian STB.
  • Selanjutnya, untuk STB yang sudah dilengkapi adaptor sambungkan adaptor ke colokkan listrik.
  • Kemudian nyalakan STB dan TV.
  • Setelah itu akan muncul panduan instalasi pada layar, lalu pilih bahasa dan negara.
  • Masuk ke menu pengaturan TV analog. Setelah menu STB muncul, pilih opsi pencarian.
  • Terakhir, bila daftar saluran siaran digital muncul, pilih opsi simpan dan bisa langsung menikmati siaran TV digital di TV analog.

Demikian cara pasang set top box TV digital terbaik yang bisa kamu ikuti. Semoga ulasan di atas bisa membuat kamu semakin selektif dalam memilih dan memasang set top box dengan lebih mudah.

Baca juga:

Selain TV, alat elektronik penting yang biasanya ada di rumah adalah AC. Supaya AC yang sudah dibeli tahan lama dan tetap dingin, lakukan servis AC secara berkala. Bila AC tidak bekerja maksimal, pesan jasa perbaikan AC oleh teknisi dari Pinhome Home Service. Dengan biaya yang sesuai standar, Pins bisa mendatangkan teknisi AC profesional sesuai dengan keluhan yang dihadapi melalui layanan Perbaikan AC di aplikasi Pinhome. Download aplikasi Pinhome di sini.

Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apalagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah. 

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download